10 Tips Menjadikan Blog Lebih Berwibawa

By | December 24, 2016

Dalam dunia maya, blog menjadi sarana yang memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi melalui tautan-tautan artikel yang dipostingkan maupun komentar dan pertanyaan yang dilontarkan oleh pengunjung atau pembacanya. Di sisi yang lain kadar estetika menjadi nilai tambah suatu blog untuk dapat di cenderungi oleh pembacanya, namun di sisi yang berbeda masih terdapat beberapa warna atau variasi baik dari segi konsep maupun teknis yang dapat meningkatkan nilai jual blog tersebut di mata pengunjung atau pembacanya. Bagaimana tips jitu yang dapat menambah power atau kewibawaan sebuah blog dimata pembaca-nya, berikut ini beberapa poin yang dapat dipraktikkan :

  1. Menggunakan bahasa yang formal

Susunan bahasa yang dapat dipahami oleh semua kalangan, bersifat formal, santun dan bersahabat merupakan bagian dari unsur estetika yang dapat membantu pembaca-nya dalam memahami maksud dan tujuan, serta langkah-langkah yang dipaparkan penulis-nya, dengan seperti itu diharapkan pembaca tidak bosan untuk terus mengikuti update-an artikel Anda selanjutnya

  1. Memberikan tampilan konten dan desain yang jelas dan santun

Tampilan konten dan desain merupakan hal objektif yang kasat mata yang menjadi sorotan pertama kali para pembaca saat pertama dan selanjutnya mengunjungi suatu blog. Suguhan tampilan yang menarik dapat memberikan kesan bagi pembaca, sehingga bagi sebagian blogger memperindah desain dan konten menjadi sebuah prioritas, akan tetapi bagaimana menyuguhkannya tanpa harus memberikan efek lambat saat diakses.

  1. Update artikel secara berkala

Warna-warni artikel saatlah berperan memberikan cerminan bahwa sebuah blog tersebut hidup. Karena blog yang jarang meng-update artikel akan dianggap mati suri oleh pembacanya, otomatis akan jarang mendapatkan kunjungan hingga akhirnya dilupakan. Secara berkala artikel perlu di update, suguhkan tip-tip segar yang memberikan solusi, berita-berita terkini, hingga pada topik-topik terhangat yang memikat pembacanya. Blog yang intent dan konsisten me-launcing artikel terbarunya menandakan jika blog tersebut benar-benar dalam manajemen yang baik, mendapat perhatian dari pengelolanya, dan ingin tetap bermasyarakat dengan pengunjung atau pembacanya.

  1. Menampilkan artikel terkait

Menampilkan artikel terkait menandakan bahwa terdapat lebih banyak topik yang diangkat oleh penulis blog, sehingga hal itu akan memberikan efek “Keluasan wawasan atau pandangan ” si penulis dalam merealisasikan ide atau gagasan. Tersedianya daftar artikel yang terkait dengan artikel yang sedang dibaca pembaca, juga dapat memberikan wacana lebih bagi si pembaca, sehingga dengan begitu pembaca akan menaruh simpati kepada blog yang dikunjungi tersebut, pada kenyataannya simpati juga langsung menuju ke si penulis, sehingga dapat lebih mendekatkan hubungan antara penulis dan pembaca.

  1. Memberikan isi artikel yang dapat dipertanggungjawabkan

Keakuratan isi artikel menjadi sumber inspirasi bagi pembaca, sehingga jangan sampai isi yang penulis suguhkan banyak sekali terdapat kekeliruan atau “Hoax” yang dapat mempelesetkan pembaca, akibatnya banyak terjadi kontroversi di kalangan pembaca. Blog yang seperti demikian akan sangat tidak disukai oleh pengunjung atau pembaca, sehingga secara otomatis menjadi tidak berwibawa.

  1. Menyediakan form komentar bagi pengunjung atau pembaca

Menyediakan form komentar menjadi sebuah cara menjaring masukan atau tanggapan pembaca terhadap artikel yang telah penulis posting-kan. Dengan saling bertukar pendapat, maka akan terjalin hubungan antara pembaca dan penulis, sehingga bisa saja untuk kedepannya akan banyak pembaca yang menjadikan blog tersebut sebagai tempat berkumpul membicarakan topik yang diangkat.

  1. Menyertakan logo sebagai identitas blog

Logo merupakan bukti penguat jika blog Anda ada, tidak ubahnya seperti KTP. Jika blog telah memiliki banyak follower, maka pengunjung dapat mengidentifikasi atau mengenal blog dari logo yang ditampilkan. Memang tanpa logo blog masih tetap dapat berjalan, tetapi kecenderungan header suatu blog menggunakan logo sebagai cara mengenalkan nama dan ciri khas Anda.

  1. Menyertakan link tautan ke media sosial

Kemampuan media sosial dalam memperkenalkan sesuatu hal memang telah diakui, bahkan kebanyakan blog sekarang telah manyatakan diri beraffiliasi dengan fasilitas yang disediakan oleh sebagian besar media sosial tersebut. Menebarkan link tautan artikel yang Anda posting ke media sosial merupakan langkah tepat dimana Anda dapat menjangkau ke sebagian besar pembaca, di segala kalangan. Apabila Anda hanya mengandalkan kepada Search Engine sebagai sarana promosi blog, tentunya belum tentu Anda dapat melakukan percepatan untuk mengukuhkan diri bahwa Anda telah eksis. Membagikan tautan artikel ke media sosial juga dapat meningkatkan wibawa blog Anda, mengapa demikian karena dengan langkah tersebut Anda dapat diakui bahwa blog Anda termasuk profesional.

  1. Memberikan proteksi keamanan yang memadai

Memberikan proteksi terhadap blog merupakan kewajiban yang harus segera di implementasikan demi alasan keamanan dan pertahanan blog tersebut. Mungkin Anda tidak menyangka jika esok hari konten atau desain blog Anda ada yang berbeda, atau dibanjiri dengan spam tanpa ampun, sehingga menyebabkan blog Anda tidak dapat diakses seperti normalnya, hal ini bisa terjadi kepada setiap Anda pengelola dan pemilik blog.

  1. Menyertakan link sumber artikel apabila menyadur dari blog atau website lain

Sikap yang baik untuk menghargai hasil karya orang lain adalah bijak dalam memperlakukannya. Bagaimana hal tersebut dalam dilakukan?, pada dasarnya setiap Anda yang memposting artikel dari web atau blog lain sama saja telah menyadur karya orang lain. Bagaimana jika karya tersebut diketahui oleh empu-nya?, tentu saja si empu-nya tersebut merasa kurang nyaman dengan sikap menyadur Anda tersebut. Oleh sebab itu apabila aktifitas menyadur tersebut memang ingin Anda lakukan, maka untuk tetap menjaga harga diri blog yang Anda miliki, sertakan juga link asal sumber dari mana tautan artikel tersebut Anda peroleh, dengan begitu Anda atau pun pemilik karya sama-sama diuntungkan, begitu juga pembaca juga dapat memaklumi hal tersebut.

Sikap bijak Anda-lah yang dapat memberikan peluang untuk memperoleh kewibawaan dimata pengunjung dan pembaca, maka ada baiknya jika Anda mulai memaksimalkan segala kemampuan Anda dalam menciptakan karya terbaik, peluang-peluang terbaik dan kebaikan bagi Anda dan orang lain. Beberapa tips diatas semoga dalam memberikan gambaran kepada Anda bagaimanakah yang lebih baik untuk dilakukan dalam mengelola blog agar dapat lebih profesional.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

 

Share on Facebook5Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *