9 Layanan Tepat Guna Menggunakan Internet

By | December 18, 2016

Internet, siapa yang tidak mengenalnya?, dari kalangan muda sampai dengan kalangan tua telah banyak mengetahui fungsinya, bahkan di era sekarang kalangan anak-anak juga tidak kalah mendominasi rata-rata pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Dari kalangan yang masih awam akan fungsi positif internet, maka media ini terkadang dipergunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat baik bagi si pengguna maupun orang lain, tidak heran lagi jika banyak Anda saksikan berbagai macam bentuk kejahatan eletronik yang menjurus ke tindak anarkis dan kriminal, yang jika di jabarkan jenis-jenis bentuk kejahatan tersebut akan membuat Anda geram, geleng-geleng, sampai dengan tidak habis pikir. Kesalahan memanfaatkan internet secara positif di akibatkan ketidak pahaman, ketidak tahuan, sampai dengan unsur kesengajaan untuk melakukan tindak yang merugikan orang lain untuk kepentingan pribadi.

Dalam kesempatan kali ini TUKARPIKIRAN.NET ingin berbagi kepada para pembaca mengenai seperti apakah layanan yang tepat guna dengan menggunakan dan memanfaatkan internet secara positif dan terintegrasi sehingga dapat mendatangkan manfaat baik bagi diri pribadi Anda sendiri maupun orang lain.

Berikut ini tersaji 9 contoh layanan tepat guna menggunakan internet yang dapat Anda berdayakan dalam kehidupan sehari-hari, maka internet dalam digunakan sebagai :

  1. Sumber informasi data

Internet sejak lama telah memposisikan intergritasnya sebagai penyuplai informasi data dengan beragam jenis dan kegunaannya. Sangat bermanfaat sekali bagi para pencari data, baik untuk kepentingan pendidikan formal ataupun informal, bagi kepentingan riset dan pengetahuan serta masih banyak sekali ragam nya sesuai dengan banyaknya lini atau jenis profesi dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Dimana masing-masing dari Anda dapat berperan dalam berbagi ide, keterampilan, serta kesimpulan dari serangkaian pengalaman sesuai dengan profesi yang telah Anda lalui atau kerjakan.

  1. Media pertukaran data informasi

Baik dari segi apa pun pertukaran data informasi menjadi sebuah kecenderungan bagi para pencarinya untuk saling melengkapi prosentase perampungan tugas atau pekerjaan yang sedang menjadi proyek masing-masing. Selain itu terdapat tujuan-tujuan khusus mengapa masing-masing dari Anda senang dengan rutinitas tersebut, seperti apakah maksud tujuan tersebut, tetapi yang sekarang terlihat adalah aktifitas pertukaran data tetap terjadi dan semakin meningkat. Terdapat beberapa jenis aplikasi untuk dapat saling bertukar informasi data, yaitu melalui website atau blog, email, layanan media sosial, dan aplikasi lain yang memiliki fungsi serupa.

  1. Media bisnis atau usaha online

Yang sedang menjadi trend dan kecenderungan terhadap internet adalah para pelaku bisnis atau usaha online, sehingga karena terlalu booming maka terciptalah sebuah moment atau agenda khusus yang diberi nama dengan HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional), dimana telah menetapkan binis atau belanja online menjadi sebuah gaya hidup modern yang terkait akan statement mudah, praktis dan hemat waktu. Internet merupakan sebuah sarana vital yang harus ada dalam konteks ini, sehingga support dan kemampuan diharapkan dapat maksimal, karena aktifitas usaha atau bisnis online akan tetap berjalan dan mendekati prosentase maksimal setiap periode nya. Bagi sebagian pengusaha kini telah berbondong-bondong belajar dan mencoba cara efektif ini, tentunya bagi yang masih awam akan internet akan serius mencari tahu dan mempraktikkan bagaimana cara dan langkah untuk dapat menggunakannya.

Layanan internet pada usaha atau bisnis online ini sangat penting sekali, dimana para pengusaha dapat memasarkan produk yang mereka hasilkan bukan saja hanya di daerah tertentu saja, akan tetapi dapat menjangkau seluruh nusantara bahkan dapat ke manca Negara.

  1. Layanan publik baik oleh pihak Negara (negeri) maupun swasta

Bagi instansi-instansi baik Negara maupun swasta kini juga telah terlihat menggunakan lini modern dan kekinian, internet menjadi sebuah pilihan yang mumpuni untuk dapat memudahkan pelayanan masing-masing yang universal dan dapat menjangkau semua kalangan, sehingga dapat dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Orientasi penggunaan layanan internet pada pelayanan publik ini adalah untuk memudahkan masyarakat untuk mengurus segala bentuk administrasi yang dibutuhkan dengan mudah, cepat dan tepat, sehingga dapat meng-cover sebagian besar bahkan keseluruhan personal yang ingin menyelesaikan atau mengurusnya. Sekarang ini Anda dapat melihat beberapa aplikasi online sebagai layanan publik seperti layanan pembayaran pajak online di kantor SAMSAT, E-Banking, pendaftaran pemasangan kWh listrik baru di PLN, pendaftaran siswa atau penerimaan mahasiswa baru oleh sekolah dan perguruan tinggi, dan yang terbaru saat ini adalah E-Tilang, E-Samsat dan SIM Online yang telah di launching kan oleh Polri. Dengan pelayanan online dimaksudkan juga supaya tidak banyak warga masyarakat yang harus terpaksa mengantri untuk dapat mendapatkan layanan dari masing-masing instansi yang dimaksud sesuai dengan jenis administrasi yang dibutuhkan.

  1. Media pembelajaran online

Untuk dapat memudahkan bagi para pengguna dan pencari solusi dari masing-masing disiplin ilmunya, maka layanan internet juga telah dimodifikasi dengan sangat memikirkan nilai guna dan manfaat serta kecenderungan seseorang terhadap pemahaman dan pendalaman materi dari suatu bidang, maka media belajar online sangatlah dibutuhkan oleh sebagian besar personal. Terkait dengan jarak dan letak geografi satu dengan yang lainnya ini lah yang menjadi ide mengapa belajar online dibutukan, menjadi hal yang rumit bagi Anda yang berada jauh di luar ibu kota harus datang ke Jakarta hanya untuk menanyakan suatu hal saja, berapa biaya dan waktu yang Anda butuhkan untuk dapat menanyakan sebuah permasalahan yang sedang dihadapi?, tetapi dengan adanya grup-grup dan forum-forum online, adanya blog-blog tertentu akan sangat membantu Anda untuk dapat menemukan solusi.

  1. Media komunikasi pribadi maupun publik (masal)

Manusia memang membutuhkan komunikasi baik untuk masalah pribadi, maupun publik.

Bagaimana komunikasi ini terjadi?, sama halnya jika Anda menggunakan media telepon, dengan layanan online internet Anda juga dapat menghadirkan bentuk audio dan visual kedalam proses komunikasi yang ingin Anda lakukan, hal ini hampir menghadirkan suasana yang terjadi dari kedua belah pihak atau bahkan lebih. Lingkup sederhana dari aplikasi komunikasi online ini dahulu masih dalam bentuk Chatting tulisan saja, semakin canggih maka sekarang dapat Anda nikmati layanan secara keseluruhan.

  1. Sarana rekreasi atau hiburan yang murah meriah

Bagi sebagian pengguna, sudah menjadi sebuah gaya hidup jika di sela-sela aktifitas yang terkadang membuat bosan di selingi atau disisipi dengan beragam hiburan atau rekreasi kecil. Dengan menggunakan layanan internet Anda dapat menikmati beragam hiburan yang murah meriah, hanya dengan memanfaatkan kuota yang telah Anda dapatkan sebelumnya, maka aneka film, game, musik dapat Anda nikmati, serta masih banyak lagi jenis hiburan yang ditawarkan  melalui media tersebut. Tidak mengharuskan Anda berlibur keluar daerah, keluar pulau atau bahkan keluar negeri, cukup dibelakang meja atau bersandar di kursi hiburan tersebut tetap bisa Anda dapatkan.

  1. Ajang promosi pariwisata dan kebudayaan suatu daerah atau Negara

Ajang mempromosikan bidang pariwisata dan kebudayaan tidak hanya di luar negeri saja, tetapi di Indonesia juga sedang gencar-gencarnya melakukan promosi tersebut sampai ke manca Negara, selain menunjukkan jika Indonesia kaya akan kebudayaan, pesona alam yang memikat, adat-istiadat yang beragam, tetapi dengan masuknya para wisatawan luar negeri ke Indonesia, maka devisa Negara dapat terus mengalir dan memberikan income bagi Negara, sehingga pembangunan diberbagai sektor akan tetap terus dapat dilakukan, sehingga kesejahteraan masyarakat akan semakin baik untuk kedepannya.

  1. Sarana pertahanan dan informasi intelligence Negara

Dari segi pertahanan suatu Negara internet menjadi salah satu saran vital dalam melakukan aksi pertukaran data mengenai buronan dari salah satu Negara yang melarikan diri, sampai dengan melakukan misi intelligence Negara.

Internet telah banyak memberikan warna kepada kehidupan, memberikan perubahan bagi peradaban manusia, jika penggunaannya disalah artikan maka akan dapat memberikan efek negatif bagi si pengguna itu sendiri dan juga orang lain. Internet akan banyak memberikan kontribusi positif bagi kehidupan jika digunakan dengan benar dan bermartabat.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

 

Share on Facebook5Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *