Beternak Ikan dan Ayam di Lahan Sempit Rumah

By | September 18, 2016

Rumahku adalah Surgaku.. Rumahku adalah Investasiku..

ternak-ayamikan

Begitulah bunyi peribahasanya jika Anda dapat menjadikan rumah sebagai sumber inspirasi, tempat bereksperimen, sekaligus menuangkan bakat, hobi ataupun kreatifitas.  Beberapa pilihan memanfaatkan sisa lahan dengan ukuran sempit dibelakang rumah Anda dapat menjadi ide sederhana bagaimana menambah nilai guna tanah dan rumah Anda. Bagi Anda yang memiliki sikap tidak mau menganggur atau jiwa pengusaha, maka beternak ikan dan ayam dapat Anda lakukan dalam satu tempat yang sama, bahkan dapat juga sembari menanam pohon buah dan sayuran meskipun tidak dalam skala besar, jadilah untuk menambah nilai gizi keluarga, atau dapat dijadikan nilai ekonomis bila Anda ingin menjualnya, semua dapat Anda rencanakan sendiri bagaimana selanjutnya.

Tentu saja bagi sebagian orang beternak ikan dan ayam adalah hal yang menyenangkan, tetapi bagi sebagian orang lagi kurang tertarik karena harus direpotkan dengan membersihkan kandang ayam, memberinya makan, bahkan sampai dengan sirkulasi laju air dan limbahnya. Tentu saja selalu ada ide untuk mengatasinya, ide yang menjadi solusi bagaimana memberdayakan limbah kotoran menjadi sumber makanan dan gizi bagi jenis ternak Anda yang lain, tentu saja limbah kotoran ayam menjadi sumber makanan bagi ikan yang Anda pilih.

Ide ini menjadi upaya bagaimana menggali pundi-pundi Rupiah dengan memanfaatkan lahan sempit dibelakang atau samping rumah Anda. Ukuran lahan yang minimalis tentunya masih dapat Anda gunakan untuk usaha sampingan tersebut, dengan ukuran kolam 1 x 2 meter dan tinggi kolam sekitar 70 – 80 cm sudah dapat menampung ikan kurang lebih 100 ekor dewasa atau lebih. Keterbatasan lahan memberikan alternatif untuk membangun kandang ayam diatas kolam tersebut, praktis kotoran ayam langsung dapat dikonsumsi oleh ikan, sehingga dapat menghemat pemberian pakan untuk ikan-ikan dibawahnya

Anda dapat berkreasi mandiri untuk membuat kolam ikan dan kandang ayam, baik permanen atau tidak. Anggaran pembuatan dapat Anda atur sendiri, tergantung apakah ingin juga menampilkan nilai keindahannya atau hanya nilai manfaatnya saja, semua tergantung selera Anda masing-masing.

Hasil dari beternak ikan dan ayam dapat Anda jual ke pengepul atau pasar langsung, intinya dapat mendatangkan penghasilan tambahan bagi Anda dan keluarga, lumayan bukan.. hobi yang mendatangkan untung..

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

Share on Facebook8Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *