Cara Install Netbook Samsung NC180P

By | April 30, 2017

Bagaimana kabar Anda semua, semoga dalam keadaan baik. Seperti episode-episode tayang sebelumnya, pada kesempatan kali ini TUKARPIKIRAN.NET ingin membagi pengalaman seputar Netbook Samsung NC108P.

Beberapa saat yang lalu ada seseorang yang meminta tolong untuk mereparasi Netbook seri tersebut dengan beberapa keluhan antara lain :

  1. Keyboard yang terpencet
  2. Tampil opsi Booting yang tidak dikehendaki (seharusnya Under System)

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, maka hal pertama adalah dengan menengok kondisi keyboard terlebih dahulu, karena lama tidak digunakan, terkena tumpahan air ataupun penggunaan yang terlalu ekstrim, maka hal tersebut dapat membuat fungsi keyboard menurun dan tidak maksimal.

Untuk keyboard yang terkondisi tertekan, silakan coba Anda lepas tombol yang dimaksud, kemudian bersihkan bagian tersebut dan pasangkan kembali seperti semula. Komputer (khususnya laptop atau netbook) yang tidak digunakan (dioperasikan) dalam waktu yang cukup lama juga dapat menyebabkan fungsi setiap bagiannya menjadi bermasalah. Mengatasi kondisi ini dapat coba Anda tangani dengan memperbarui sistem operasinya (atau dengan kata lain meng-Install ulang, khususnya Windows), hal tersebut dimaksudkan supaya sistem operasi dapat mendeteksi dan mensinkronkan sebagai sebuah perangkat (Device) yang kompatibel.

Langkah kedua yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi opsi Booting yang tidak Anda kehendaki adalah dengan meng-Install Driver yang telah direkomendasikan sebagai komponen wajib Install semisal Chipset atau pun kartu grafis (VGA). Jika hanya dengan langkah ini juga masih belum maksimal, maka opsi Install ulang sistem operasi menjadi langkah tepat sebelum Anda mengulangi meng-Install Driver wajib.

Selanjutnya bagaimana cara untuk memulai melakukan Installasi sistem operasi (dalam hal ini Windows), sebagian besar dari Anda rasanya sudah sangatlah professional untuk melakukan hal ini, tetapi dengan objek Samsung NC108P bisa jadi hal tersebut tiba-tiba menjadi sedikit membuat Anda kebingungan dan memaksa untuk berpikir bagaimana cara memulainya.

Ada opsi yang harus Anda perhatikan, yaitu saat pengaturan BIOS. Seperti biasanya, aturan main pengaturan piranti (Device) yang akan Anda gunakan untuk melakukan Install ulang adalah melalui menu BIOS.

BIOS adalah wacana utama yang harus menjadi rujukan atau pintu masuk sebelum Anda dapat melakukan pengaturan Hardware, karena dengan BIOS maka fungsi Hardware akan dapat di kontrol atau dikendalikan dengan baik sesuai dengan kebutuhan. Untuk menetapkan piranti eksternal menjadi pusat proses Booting, maka opsi “Boot Option Priorities”, menjadi rujukan awal tahapan proses.

Bagaimana jika ternyata hal yang mudah tersebut tiba-tiba menjadi hal yang membuat Anda bingung ?..

Solusinya mudah, jika pada produk pabrikan besar semisal ACER ataupun ASUS, opsi tersebut secara otomatis menyediakan daftar piranti yang dapat Anda gunakan, tetapi pada produk Samsung (khususnya seri NC108P) Anda bisa jadi tidak akan dapat membaca piranti eksternal yang Anda maksud, sehingga yang terbaca adalah HDD utama saja. Bagaimana supaya piranti eksternal (HDD eksternal ataupun Flashdisk) dapat terbaca oleh sistem?..

Menjadi mudah jika Anda ikuti pengalaman TUKARPIKIRAN.NET berikut ini :

  1. Setelah masuk menu BIOS, silakan Anda cek pada opsi Boot Option Priorities, apakah piranti eksternal Anda terbaca untuk melanjutkan proses berikutnya?
  2. Jika belum maka, silakan menuju pada tabulasi menu Advanced

Silakan cermati bagian “Fast BIOS Mode”, pada pengaturan default nya bernilai “Enabled”. Untuk itu silakan ubah menjadi “Disabled”. Tekan Enter pada bagian Enabled, maka akan muncul kotak pilihan nilai, silakan Anda ganti dengan Disabled

  1. Setelah Anda Restart, silakan masuk kembali pada menu BIOS, tujuan Anda adalah tabulasi “Boot”. Silakan cek untuk opsi Boot Option #1, sekarang Anda dapat menemukan pilihan yang salah satunya adalah piranti eksternal yang akan Anda gunakan untuk melakukan proses Installasi sistem operasi yang baru.

  1. Simpan perubahan BIOS dan silakan melanjutkan proses Installasi nya

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih.

Share on Facebook7Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *