Ekspektasi Terbesar Seorang Blogger

By | October 29, 2016

ekspektasi

Seperti yang Anda dan TUKARPIKIRAN.NET pahami bahwa menjadi seorang blogger membutuhkan komitmen serta konsistensi yang baik dalam menjalaninya.

Komitmen serupa dengan niatan awal yang menjadi pola pikir dan gerak dari serentetan ide-ide dari apa yang ingin dibagikan kepada para pembacanya. Langkah yang tidak didasarkan pada sebuah komitmen yang jelas dan kuat hanya akan menjadi suatu ke-mubadzir-an semata, mengapa seperti itu ?, karena sekian lama waktu yang Anda gunakan untuk melakukan upaya melejitkan potensi diri hanya sampai disini, dikarenakan kurang memahami proses-proses yang harus dijalani untuk mewujudkan ambisi Anda.

Setelah komitmen yang menjadi pondasi awal tersebut, konsistensi dalam memberikan postingan-postingan berkualitas juga menjadi syarat berikutnya yang harus Anda perhatikan. Karena konsistensi ini menjadi syarat kedua sekaligus hal tersulit untuk dipertahankan ke-istiqomahan-nya, yang mana akan menyinggung sekian banyak aktifitas Anda lainnya serta pilihan waktu yang tepat untuk dapat menuangkan ide-ide maupun pengalaman yang Anda jumpai dilapangan.

Berbicara mengenai ekspektasi atau targetan terbesar seorang blogger, ada baiknya terlebih dahulu Anda pahami apakah sebenarnya yang menjadi orientasi menjadi seorang blogger..

Ada banyak sekali diluaran sana gambaran-gambaran mengenai orientasi atau tujuan menjadi seorang blogger. Ada yang memang telah dapat menyatu dengan dunia ini, sehingga dapat enjoy untuk tetap menuangkan ide-ide nya lewat postingan yang berkualitas, dalam hal ini tujuan monetisasi dianggap sebagai sebuah kompensasi positif dari serentetan proses berbaginya. Dari sekian banyak blogger terdapat juga yang tujuan awalnya bukan didasarkan pada kegemarannya untuk menulis, keinginan untuk berbagi dan harapan ingin menjadi blogger sejati, akan tetapi niat diawal memang telah mereka tetapkan untuk memperoleh keuntungan dari monetisasi baik pada level standar ataupun yang melebihi ekspektasi mereka.

Ekspektasi terbesar dari seorang blogger tidak lain dan tidak bukan adalah tercapainya hasil monetisasi dari proses yang telah dilakukan dan diusahakan selama ini, akan tetapi tidak hanya sampai disitu saja apa yang dapat Anda lakukan!

Keberlangsungan atau kiprah blog Anda menjadi objek yang harus tetap diberikan perhatian utama, karena proses monetisasi akan sangat bergantung dari postingan ide-ide dan pengalaman positif Anda melalui blog tersebut. Apabila citra blog Anda semakin hari semakin menurun dikarenakan manajemen blog yang kurang maksimal dan terkesan seadanya, maka hasil monetisasi akan sangat dipengaruhi olehnya.

Disatu sisi kuantitas memang diperlukan oleh sebuah blog untuk menunjukkan keberadaan atau eksistensinya, tetapi tidak semua kondisi dan semua waktu memakai patokan tersebut untuk dapat mencapai target pengunjung atau pembaca setiap harinya. Justru banyak pembaca yang mempedulikan hasil coretan blogger dari sisi kualitas dan apa yang bisa mereka ambil sebagai solusi atau pengetahuan baru yang bersifat positif.

Akan menjadi hal yang sia-sia jika Anda sebagai blogger telah banyak menuangkan coretan dan menargetkan pada segi kuantitas, akan tetapi kurang mendapatkan perhatian dari para pembaca dikarenakan proses yang terburu-buru dalam menyajikan hasil tulisan dari ide-ide Anda tersebut, ada baiknya dilakukan proses peninjauan ulang yang dapat memperbaiki segi kualitasnya sehingga sekali posting artikel banyak pengunjung yang mampir ke blog Anda, sekali mereka membaca artikel yang mereka rasa berkualitas, maka sudah dapat dipastikan postingan Anda berikutnya telah banyak yang menantikannya, sehingga akan dapat mengundang komentar-komentar ataupun masukan setelah pengunjung membacanya, hal inilah yang dapat memberikan rating serta traffic yang tinggi bagi blog Anda.

Jadi sampai disini dapat diambil sebuah fakta jika ekspektasi terbesar dari seorang blogger tidak akan serta merta dapat diraih dengan mudah apabila tidak dilengkapi oleh serangkaian proses yang sudah semestinya harus dilakukan. Tidak hanya sampai pada diraihnya hasil monetisasi, akan tetapi kelanjutan serta keberlangsungan blog menjadi perhatian utama yang harus disikapi oleh setiap blogger sepanjang masih diinginkannya blog tersebut tetap eksis untuk berbagai maksud dan tujuan yang Anda miliki.

Dari gambaran-gambaran diatas, maka berikut ini TUKARPIKIRAN.NET sajikan tips mengenai bagaimana sikap dan langkah yang tepat dalam menempatkan ekspektasi sebagai seorang blogger diatas komitmen yang telah dibangun :

  1. Letakkan orientasi atau tujuan Anda sebagai pondasi awal

Segala sesuatunya akan menjadi lebih baik, menjadi lebih memiliki sejarah dan menjadi lebih kokoh apabila memiliki pondasi awal yang baik dan kuat. Didasarkan pada hal apakah Anda menjadi seorang blogger ?, pada awal-awal diperkenalkannya blog banyak blogger yang memiliki tujuan hanya menjadikan blog sebagai sarana aktualisasi dan media berbagi, tepatnya memperkenalkan kumpulan aktifitas yang mereka jalani dan alami kepada pada pembaca, intinya ingin membagi pengalaman mengenai berbagai hal yang telah terjadi. Disanalah terdapat kepuasan baik bagi pemilik blog atau pembacanya, tak sedikit adanya komentar-komentar yang ditujukan hanya sekedar untuk menanyakan perihal yang disampaikan ataupun membandingkan dengan pengalaman yang dimiliki pembacanya atau juga ada yang sampai melayangkan komentar miring atas dasar ketidak setujuan.

Seiring perkembangan dunia Internet Marketing, ditambah dengan semakin ramainya aktifitas promosi dan belanja online, blog kini menjadi sebuah media perantara atau penghubung yang sangat objektif dan berperan dominan. Dengan kekuatan postingan artikel yang cenderung dibutuhkan oleh pembacanya, proses promosi menjadi sangat menjanjikan bagi para produsen barang maupun jasa, diharapkan tautan atau link mengenai produk yang ditawarkan akan selalu muncul dan dilihat oleh banyak pembaca sehingga akhirnya dapat mendatangkan pembeli.

Dari hal tersebut kini tujuan membuat blog sudah tidak bersifat original lagi (hanya ingin berbagi ide dan pengalaman) tetapi sudah bercampur dengan proses monetisasi yang sangat dinantikan hasilnya

  1. Susun strategi jitu mengenai bagaimana Anda bekerja

Poin dibawah ini merupakan contoh bagian dari strategi yang dapat Anda terapkan pada konsep postingan artikel Anda :

Mulai dari mana dan dengan cara apa

Yang dimaksudkan disini adalah apakah Anda akan mencari sumber informasi yang objektif dan akurat terlebih dahulu baru memikirkan bagaimana membangun web blog dengan fitur-fitur seperti yang Anda inginkan ataukah sebaliknya tersedia alat posting terlebih dahulu baru dilakukan riset dan penulisan serta publikasi artikel, hal tersebut terserah Anda bagaimana mengatur pola kerjanya

Mengangkat topik permasalahan yang sesuai dengan keahlian Anda

Angkatlah topik permasalahan sebagai sumber artikel sesuai dengan keahlian dan kompetensi Anda, hal ini dimaksudkan supaya ada kelanjutan bagi sumber berita posting artikel selanjutnya. Jika topik yang di angkat bukan passion atau keahlian Anda maka kecenderungan yang terjadi adalah kemandegan dalam melanjutkan materi posting berikutnya, sehingga blog akan terlihat monoton dan tidak variatif karena sedikitnya artikel yang terposting. Menjadi catatan penting bahwa memaksakan topik materi yang bukan keahlian Anda hanya akan memperburuk keadaan blog Anda

Gunakan tata bahasa yang formal dan mudah dipahami pembaca

Tata bahasa yang baik dan formal adalah sesuai dengan bahasa yang sesuai dengan EYD pada pola konsep bahasa Indonesia, tetapi jika Anda menggunakan bahasa Inggris atau yang lainnya, maka Anda dapat sesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman Anda. Tata bahasa yang kacau akan memperburuk kondisi postingan artikel Anda, maka silakan perbanyak kosa kata yang baik dan benar. Setiap Anda pastinya memiliki konsep penyampaian yang berbeda, asalkan itu mudah dipahami oleh pembaca silakan saja..

Terapkan pola postingan yang mengarahkan pada pemecahan masalah dan memberi solusi pada topik yang Anda angkat

Tetapkan periode dalam memposting artikel terbaru

Mengenai kapan saat yang tepat untuk mempublikasikan artikel, Andalah yang menentukan kapan tepatnya, karena kapanpun itu rasanya sama saja, tinggal se-intent apakah Anda untuk mempromosikannya, apalagi jika postingan tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pembaca, seminggu setelahnya juga masih banyak yang membaca dan mencarinya

Promosikan setiap postingan artikel ditempat-tempat yang tepat dan sesuai, carilah komunitas ataupun grup sosial media yang memiliki peminatan yang sama dengan topik atau tema yang Anda angkat

  1. Lakukan monetisasi dengan bijak dan bertahap

Tahapan monetisasi blog memang membutuhkan proses dan kesabaran yang tinggi, sampai dengan saat ini TUKARPIKIRAN.NET juga masih dalam proses monetisasi dan belum ada sumber  yang deal, karena telah memahami bahwa dalam tahapan ini kesabaran dan konsistensi sangatlah dibutuhkan, maka hal-hal terbaik dan maksimal tetap dilakukan karena didasarkan pada komitmen diawal.

Anda dapat memilih sumber monetisasi sesuai dengan keinginan dan kondisi blog, terdapat banyak hal yang dapat Anda usahakan diluaran sana, semua hanya dapat dibilang “selamat mencoba..”

  1. Selalu berpikir mengenai kelanjutan manajemen blog, dan akan dibawa kearah mana

Pada tahapan ini bisa jadi sering terabaikan dan terlupakan, karena terlalu fokus pada pekerjaan memonetisasi sehingga perkembangan blog ke depan tidak mendapatkan perhatian.

Optimis jika blog Anda kedepan dapat lebih variatif serta berdaya guna dan jual tinggi maka upaya memanajemen nya tetap harus dilakukan

Apabila setiap tahapannya telah Anda jalankan, maka segala sesuatunya dikembalikan pada konsistensi Anda dalam mengupayakannya, selamat mencoba dan salam sukses..

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

 

Share on Facebook11Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

2 thoughts on “Ekspektasi Terbesar Seorang Blogger

  1. Anak Dagang

    Penjelasan yang cukup detail. Saya pribadi lebih suka menulis dengan gaya bahasa yang sederhana, karena target pengunjung memang untuk semua kalangan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *