Faktor Penyebab Kegagalan Sebuah Usaha

By | August 7, 2016

gagalusahaSetiap bisnisĀ  atau usaha yang dimiliki oleh seseorang tidak dijamin seratus persen akan berhasil, meskipun telah dipersiapkan segala sesuatunya sebelum usaha tersebut dijalankan. Terdapat banyak hal yang menjadi penyebab kegagalan suatu usaha, sebuah kesalahan dalam melakukan perhitungan sampai dengan faktor-faktor yang memang tidak dapat dikendalikan oleh manusia. Pada akhirnya kegagalan ini akan berbuah kerugian bagi perusahaan atau pemilik usaha tersebut.

Secara umum terdapat faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan terhadap hasil yang dicapai meskipun telah sering dilakukan studi dan proses perhitungan yang dianggap benar dan sempurna, berikut ini dapat Anda simak beberapa hal yang menyangkut hal tersebut :

  1. Data dan informasi yang tidak lengkap

Pada saat Anda melakukan proses perencaan terhadap usaha yang akan atau sedang berjalan, terdapat kekurangan atau ketidak akuratan data dan informasi yang Anda butuhkan, sehingga hal-hal yang seharusnya menjadi penilaian penting bagi usaha Anda, tidak terpenuhi. Oleh karena itu sebelum usaha dijalankan, sebaiknya kumpulkan data dan informasi selengkap mungkin, himpun data-data tersebut dari sumber yang dapat Anda percaya.

  1. Salah perhitungan

Salah perhitungan dalam menentukan capaian target yang telah Anda tentukan dikarenakan salah merekrut karyawan / tenaga kerja yang sebelumnya Anda anggap mampu untuk membantu menjalankan bisnis atau usaha Anda, tetapi malah sebaliknya. Hal tersebut juga dapat menjadi faktor penyebab kegagalan itu terjadi. Seharusnya dapat mencapai target yang telah Anda tentukan, tetapi ternyata kinerja mereka tidak sesuai dengan harapan.

  1. Gagal memahami SOP yang telah ditentukan

Baik Anda sebagai pemilik usaha ataupun karyawan Anda sebagai pelaksana usaha dilapangan sangat memegang peranan penting dalam keberhasilan menjalankan usaha tersebut. Jika Anda atau karyawan Anda tidak menjalankan usaha secara benar atau tidak sesuai SOP atau pedoman yang telah ditentukan, maka kemungkinan besar usaha Anda tersebut akan mengalami kegagalan besar

  1. Kondisi lingkungan

Kegagalan lainnya dapat disebabkan oleh adanya unsur-unsur yang datang dari luar ruang lingkup usaha tersebut, sesuatu yang tidak dapat Anda kendalikan. Artinya pada saat Anda melakukan penelitian dan pengukuran segala sesuatunya telah terselesaikan dengan baik dan benar, namun dalam perjalanannya terjadi perubahan kondisi lingkungan. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan kondisi ekonomi, cuaca politik dan hukum, serta iklim sosial dan perilaku masyarakat atau karena bencana alam

  1. Unsur kesengajaan

Kegagalan yang sangat fatal dapat disebabkan oleh kesengajaan pelaku usaha dalam upaya menjatuhkan usaha yang sedang dijalankan tersebut. Kegagalan yang bersumber dari kesengajaan untuk berbuat kesalahan, baik oleh orang terdekat atau karyawan Anda sendiri, karena tidak mungkin Anda sendiri sebagai pelakunya. Hal tersebut dapat terjadi karena persaingan usaha ataupun unsur pribadi lainnya

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

 

Share on Facebook7Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *