Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Laptop

By | January 24, 2016

Beberapa kebiasaan yang perlu diterapkan pada saat bekerja menggunakan laptop berikut ini bertujuan supaya intensitas interaksi Anda menggunakan laptop tetap akan terasa nyaman dan dapat menjaga keawetannya, untuk itu silakan simak tips dibawah ini dan mulailah untuk mengikutinya :

tukarpikiran.net

 

  1. Atur jarak pandangan mata dengan layar monitor

Usahakan jarak pandang atau kontak mata sepanjang lengan tangan Anda. Atur resolusi monitor sesuai dengan kebutuhan saat pemakaian. Tiap pengguna akan berbeda tingkat kecerahan layar monitornya. Hal ini untuk mengurangi kelelahan mata saat bekerja menggunakan laptop.

  1. Letakkan laptop dalam kondisi sirkulasi udara teratur

Jangan menempatkan laptop dalam keadaan sirkulasi udara yang terhambat, seperti : meletakkan laptop diatas kasur, busa atau bahan lain. Apabila sirkulasi udara terhambat, hal ini akan cepat membuat cell pada baterai laptop Anda mati (aus), sehingga menyebabkan baterai drop.

  1. Isi baterai saat kondisi memang saatnya harus mengisi

Colokkan kabel charger laptop apabila memang kondisi power baterai tinggal sedikit atau muncul warning untuk segera mengisi power baterai. Apabila power baterai telah penuh sesegera mungkin lepaskan colokkan kabel charger laptop, apabila tetap tercolok, hal ini dapat mempercepat beterai drop. Memaksakan kondisi power baterai lemah untuk tetap digunakan, hal ini juga kurang tepat. Apabila dilakukan terus-menerus, hal ini dikhawatirkan dapat merusak salah satu komponen laptop.

  1. Gunakan pendingin tambahan agar kinerja tetap terjaga

Tambahkan pendingin, baik cooling pad, kipas samping portable, atau sejenisnya supaya kondisi komponen tetap stabil, karena apabila kondisi laptop panas, hal ini dapat mengurangi kinerja laptop. Apabila terus-menerus dengan kondisi seperti ini, dikhawatirkan akan menyebabkan penyusutan nilai kemampuan salah satu komponen.

  1. Bersihkan laptop dari debu yang menempel

Kebersihan laptop juga menjadi hal yang perlu diperhatikan, hal ini selain dilihat dari segi kebersihan juga dapat menyebabkan kinerja laptop menurun, karena banyaknya debu yang menempel dapat menghambat sirkulasi udara dan menyebabkan kondisi komponen cepat panas. Sedapat mungkin meluangkan waktu untuk membersihkan laptop secara periodik.

  1. Jauhkan alat elektronik lain dari laptop

Letak alat elektronik lain sering kali menjadi pemicu timbulnya kelainan pada laptop Anda, sebagai contoh Handphone yang Anda letakkan berdekatan dengan layar monitor akan memantulkan daya magnet sehingga akan membekas sebagian pada layar. Alat lain seperti speaker, atau piranti lain yang dapat memberikan efek negatif pada laptop Anda.

  1. Maintenance laptop secara periodik dan teratur

Maintenance atau perawatan sistem merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Hal ini menjadi salah satu point penting bagi kinerja laptop Anda. Aktifitas defragment, disk clean up, scan virus, update antivirus, update system, scan defender, dan beberapa hal lain yang ringan tetapi sering terabaikan atau bahkan hampir sebagian pengguna laptop tidak memahami hal tersebut. Banyak kejadian laptop terserang virus, notifikasi sistem yang sering muncul karena meminta update, kerja laptop semakin lambat karena data – data kurang rapi dan banyak file sampah, merupakan hal yang sering muncul dari keluhan para pengguna.

  1. Gunakan piranti input tambahan jika sering bermain game

Apabila Anda adalah seorang penghobi game, disarankan untuk melengkapi laptop Anda dengan piranti tambahan seperti keyboard eksternal. Hal yang sering muncul adalah keyboard yang cepat rusak karena aktifitas bermain game yang sering. Keyboard yang sering tertekan dengan power dan frekuensi lebih (over) akan menyebabkan piranti internal laptop tersebut cepat rusak. Bayangkan apabila Anda harus mengganti keyboard internal dengan budget kurang lebih seharga 500 ribuan, sayang bukan?..

  1. Matikan laptop melalui menu yang telah disediakan

Hal terakhir yang sering dilakukan oleh pengguna tanpa adanya pengetahuan lebih tentang mematikan laptop adalah menekan tombol power secara langsung. Hal ini sepintas kelihatan sepele, akan tetapi sistem telah menyediakan aturan untuk mematikan laptop secara aman. Menekan tombol power saat mematikan laptop, apabila sering dilakukan dapat menyebabkan kerusakan pada salah satu komponen laptop Anda, seperti Motherboard, Processor, RAM, Harddisk atau komponen lain apabila Anda lakukan hal ini. Miris bukan?..

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan bagi Anda, semoga dapat bermanfaat.

Share on Facebook24Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *