Install Windows 7 pada HP Mini 110 dengan Mudah

By | February 20, 2017

Beberapa saat yang lalu, TUKARPIKIRAN.NET mencoba dan berusaha untuk memecahkan masalah yang ada pada sebuah kasus mengenai proses installasi. Seperti biasa installasi komputer khusus nya netbook atau laptop meninggalkan ciri khas, teka-teki dan permasalahannya masing-masing.

Kali ini TUKARPIKIRAN.NET berbagi kepada Anda bagaimana tips sederhana untuk dapat berhasil melakukan instal ulang sistem operasi, mengingat pengembang telah menyertakan proteksi terhadap rangkaian Hardware yang di pasarkannya dengan beberapa pertimbangan yang telah disesuaikan dengan standar menejemen mereka.

Bisa jadi saat ini Anda juga sedang mencari solusi untuk permasalahan yang sama dengan apa yang TUKARPIKIRAN.NET angkat dalam artikel kali ini. Untuk itu berikut pemecahan sederhana yang dapat membantu Anda dalam meng-install sistem operasi Windows 7 Ultimate pada Netbook HP Mini 110 :

  1. Seperti rutinitas sebelumnya, untuk meng-install sistem operasi terlebih dahulu disarankan kepada Anda untuk mengatur Boot Options, yaitu “First Boot Priority” pada menu BIOS.

Jika Anda menggunakan Flashdisk, maka set First Boot – nya pada partisi yang teridentifikasi sebagai perangkat Flashdisk tersebut, dan apabila menggunakan CD Installer, maka set First Boot pada CD Installer tersebut.

  1. Berikutnya proses instalasi akan langsung dijalankan dari media instalasi yang telah Anda pilih sebelumnya, dalam hal ini menggunakan Flashdisk.

Untuk membuat file instalasi TUKARPIKIRAN.NET menggunakan aplikasi WinToFlash

Seperti yang telah disinggung diatas, bahwa Netbook HP Mini 110 ini memiliki sistem proteksi terhadap beberapa perangkatnya, sehingga membuat Anda sedikit kerepotan untuk melalukan Instalasi sistem operasi, dalam hal ini Windows 7 Ultimate.

Pada kasus ini TUKARPIKIRAN.NET menemukan step permasalahan yang di visual kan melalui tampilan berikut :

Sampai disini status Instalasi berubah menjadi pesan Error atau kegagalan proses. Instalasi tidak dapat dilanjutkan dan jika Anda ulangi pun akan berakhir dengan posisi proses yang sama.

Untuk itu TUKARPIKIRAN.NET melakukan hal kecil yang ternyata dapat mengatasi hal tersebut, ketika posisi proses Instalasi awal berada pada step berikut :

Silakan tekan tombol “Esc” pada keyboard sampai proses berikutnya, dalam hal ini ketika Anda berada pada posisi proses nomor 2 gambar di atas

Setelah berhasil, maka Anda tidak akan lagi bertemu dengan tampilan Error sebelumnya, dan berikut tampilan proses selanjutnya :

Sorot menu “Install Now” dan klik untuk melanjutkan proses Instalasi

  1. Pada tampilan menu License Terms, silakan mencentang “I accept the license terms” dan klik tombol menu “Next” seperti tampilan proses berikut :

  1. Pilih tipe Instalasi yang ingin Anda lakukan

Dalam kasus ini, TUKARPIKIRAN.NET memilih “Custom (advanced)”. Hal ini dimaksudkan untuk merombak atau menghapus sistem lama dan diganti dengan sistem operasi terbaru

  1. Selanjutnya proses akan menuju pada pemilihan partisi yang akan Anda gunakan untuk penempatan sistem operasi, dan sekaligus digunakan sebagai tempat Instalasi. Pada kasus ini TUKARPIKIRAN.NET menggunakan Disk 0 Partisi 1. Kemudian pilih dan klik “Drive options (advanced)”.

Tetap pada partisi yang telah Anda pilih (dalam hal ini TUKARPIKIRAN.NET menetapkan partisi 1), silakan pilih opsi “Delete” yang mana akan menghapus seluruh File System sebelumnya, sehingga dapat mengurangi Trouble saat Instalasi sedang berjalan atau setelah selesai nantinya.

  1. Setelah Partisi ter-identifikasi sebagai partisi kosong (Unallocated Space), maka silakan Anda perbaharui partisi tersebut menjadi sebuah partisi baru. Sorot dan pilih partisi kosong tersebut, kemudian silakan klik menu “New” pada menu opsi yang berada dibawah tabel partisi.

Akan muncul tampilan berikutnya yang akan meminta Anda untuk menentukan besaran volume Harddisk yang akan Anda gunakan untuk Instalasi, dalam hal ini TUKARPIKIRAN.NET menggunakan seluruh kapasitas partisi untuk tempat meletakkan file system. Setelah itu klik tombol “Apply

Anda juga akan mendapatkan sebuah pertanyaan apakah dengan ini akan bersamaan membuat sebuah partisi tambahan, dalam hal ini TUKARPIKIRAN.NET menamakan partisi tersebut sebagai MBR (Master Boot Record) yang akan menjadi pintu masuk nya proses Booting Windows. 

Sebagai informasi, jika MBR Anda rusak, maka partisi tambahan inilah yang harus Anda perbaiki. Sebagai saran silakan Anda buat partisi tambahan (MBR) ini bersamaan saja agar Instalasi dapat berjalan normal dan Windows dapat langsung Anda jalankan atau operasikan.

Pada tampilan proses diatas MBR di tandai dengan nama “System Reserved”. Kemudian untuk melanjutkan proses Instalasi, silakan Anda sorot dan pilih partisi Instalasi menjadi partisi 2, karena partisi 1 sudah digunakan untuk membuat partisi MBR. Silakan pilih partisi 2 dan klik tombol menu “Next

  1. Setelah Anda menekan tombol “Next”, maka beberapa proses berikutnya akan dijalankan, adapun proses tersebut antara lain :

Copying Windows files : dimana seluruh file konfigurasi penyusun sistem operasi ditanamkan ke partisi System, yaitu partisi C:

Expanding Windows files : dimana proses ekstrak file sedang dijalankan, sehingga dapat menjadi file siap pakai

Installing feature : proses install fitur-fitur yang akan digunakan untuk menjalankan sistem operasi

Installing updates : dimana proses instalasi file-file update sedang berjalan

Completing installation : dimana tahap ini adalah tahap akhir proses Instalasi. Proses ini juga akan tetap masih dijalankan setelah Sistem Restart.

Silakan tunggu beberapa saat hingga proses berikutnya

  1. Tiba pada proses “Set up Windows”, silakan Anda lengkapi beberapa data antara lain username, nama komputer (Computer name), tipe proteksi sistem operasi, serta pengaturan waktu (time and date)
  2. Silakan tunggu beberapa saat sampai sistem verifikasi selesai dijalankan
  3. Sampailah pada akhir proses, sehigga Windows 7 Anda siap untuk di maintenance dan digunakan

Artikel tersebut merupakan proses yang telah TUKARPIKIRAN.NET jalankan, sehingga Netbook HP Mini 110 dapat digunakan kembali tentunya dengan sistem operasi yang baru.

Silakan Anda lengkapi sistem operasi dengan Driver-driver penyerta-nya, hal ini dimaksudkan supaya kinerja dan performa sistem menjadi lebih baik dan maksimal. Selamat mencoba..

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

 

 

Lazada Indonesia

 

Share on Facebook4Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *