Installasi Windows 7 terhenti karena satu ini..

By | February 6, 2016

problem2

Saat Anda sedang semangatnya meng-Install Windows 7 tiba-tiba dibuat pusing oleh komentar ini “Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style”, sudah pastinya proses installasi terhenti, padahal urutannya sudah benar dan tinggal memilih pastisi harddisk yang akan digunakan untuk System. Disini Anda harus memahami konsep kesalahannya atau prosedur yang harus dipenuhi apabila ingin proses installasi dapat dilanjutkan. Installasi membutuhkan tipe partisi GPT harddisk-nya, padahal partisi C sudah terlanjut ter-format. Kasus ini membuat bingung sebagian Anda yang masih jarang menemukan partisi harddisk seperti GPT, karena kebiasaan proses installasi Anda menggunakan mode MBR.

Ada beberapa langkah yang dapat menyelesaikan masalah Anda tadi, namun ada hal yang harus  diperhatikan sebelum melakukan langkah selanjutnya, yaitu backup data yang masih dapat diselamatkan. Cobalah dengan menjalankan Hiren’s Boot CD (Portable) melalui settingan bios terlebih dahulu. Pilihlah untuk menjalankan Windows mini XP, sehingga data-data yang masih tersisa dapat terdeteksi. Jika memang penting silakan backup data tersebut sebelum melanjutkan proses installasi yang dapat mem-format seluruh bagian harddisk Anda.

Silakan ulangi proses installasi Anda yang terhenti :

  • Mulai dari settingan bios untuk membaca media installasi Windows 7 Anda
  • Jalankan proses installai seperti biasa.

Sesaat setelah muncul menu dialog “Install Windows”, tekan tombol Shift + F10 secara bersamaan, maka akan muncul aplikasi “Command Prompt (CMD)”.

win7a

  • Pada kotak aplikasi CMD tersebut, ketikkan “diskpart” lalu tekan enter. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai, kemudian ketikkan “select disk 0” lalu tekan enter. Langkah terakhir dengan CMD adalah ketikkan “clean” lalu tekan enter.

diskpart2

  • Setelah selesai, tutuplah aplikasi CMD tersebut dan proses installasi Windows 7 dapat Anda lanjutkan kembali.

Setelah proses installasi selesai, maka semua data akan ter-format dan menjadi zero, yang terpenting silakan Anda backup terlebih dahulu semua data kesayangan Anda.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET  dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda

Share on Facebook14Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *