Jemput Bola, Cara Lama untuk Usaha ke Kinian

By | November 13, 2016

jemputbola

Satu sisi tersulit bagi rata-rata pengusaha adalah bagaimana memasarkan produk usahanya, baik berupa barang maupun jasa, dengan kata lain bagaimana membuat teknik marketing-nya tersebut menjadi sukses besar.

Pantas untuk mendapatkan perhatian yang lebih bagi dunia marketing, khususnya yang masih tergolong sebagai “Pemula”, mengapa demikian ?… hal tersebut terkait dengan fakta dilapangan jika ternyata masih banyak pengusaha-pengusaha yang bukan lagi tergolong pemula, tetapi sudah lama bergelut didunia bisnisnya yang terkadang masih terkendala terutama yang berkenaan dengan bagaimana tips dan trik untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan setianya !

Bukan karena tidak memiliki keunikan atau kelebihan, bahkan beberapa jenis usaha telah berusaha untuk memberikan layanan terbaik yang dimilikinya, tetapi mengapa yang terjadi masih datar-datar saja, masih seperti itu saja, belum memberikan perubahan yang dominan bagi traffic perkembangan usahanya?, bahkan ada juga yang menjadi semakin terpuruk!

Marketing merupakan ujung tombak bagi laju sebuah usaha yang dijalankan, apapun itu bidang dan karakteristiknya. Menjadi sebuah pertanyaaan bersama, “Masih sesuaikah model jemput bola bagi usaha ke kinian?”, tentunya Anda juga telah berpikir jauh mengenai era yang berbeda dari waktu ke waktu. Hari ini, esok dan yang akan datang adalah era yang telah memiliki kecenderungan kea rah teknologi, sehingga orientasi pada fase ini adalah efisien dan praktis!. Dunia usaha hari ini telah banyak diwarnai dengan perkembangan dunia teknologi, khususnya dibidang informasi yang semakin merakyat.

Seperti apa pun pertanyaan tersebut Anda bolak-balik, atau Anda pasangkan dengan apa pun kondisi sekarang dilapangan, marketing tetap menjadi hal yang paling penting bagi sukses atau tidaknya usaha yang Anda jalankan!. Lantas bagaimana dengan ke unggulan produk yang dapat Anda hasilkan dan saingkan di pasaran?, hal itu tetaplah harus Anda perhatikan dan upayakan mutu kualitasnya, tetapi sebagus apa pun yang dapat Anda hasilkan tetapi jika tidak dibarengi dengan sistem marketing yang mumpuni, tentu saja tidak akan dapat mendongkrak omset usaha yang tentunya juga telah Anda targetkan?, apabila pola pikir Anda sama dengan apa yang TUKARPIKIRAN.NET cermati, maka Anda telah setuju untuk melanjutkan topik bahasan berikutnya ..

Bentuk jemput bola yang dimaksud disini, tentunya telah ber-evolusi sesuai dengan era dan karakteristiknya, tidak akan seratus persen dapat digunakan kembali apa yang menjadi metode paling jitu di era 70-an atau pun 80-an jika tetap akan Anda terapkan di era globalisasi yang sarat dengan teknologi, khususnya informasi dan atau telemarketing. Bukan berarti metode marketing jemput bola hanya cocok untuk masa dulu, tetapi Anda dituntut untuk dapat memodifikasinya dengan kecenderungan ke kinian, tentunya dengan memanfaatkan keunggulan teknologi informasi, sehingga tercipta sebuah konsep baru yang dapat lebih bersifat universal atau menyeluruh dari tataran wilayah desa ke kota di seluruh penjuru dunia dengan mengedepankan efisiensi dan karakteristiknya masing-masing, dengan kata lain dapat disasarkan kepada semua pihak yang memang membutuhkan produk yang Anda hasilkan dan tawarkan.

Berikut beberapa bentuk modifikasi yang dapat Anda lakukan pada model marketing jemput bola

  1. Pada era lampau jemput bola masih didasarkan pada marketing secara manual, maksudnya adalah menggunakan tenaga dan keahlian sales untuk mempromosikan produk ke daerah-daerah yang sudah ditargetkan untuk didatangi, tetapi cara seperti itu membutuhkan sumber daya waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit, dan dapat dilihat jika cakupan wilayah yang dapat dijangkau belum menyeluruh tetapi telah menghabiskan banyak biaya operasional.

Bentuk modifikasi yang dapat dilakukan adalah, ubah penggunaan sebagian besar tenaga manusia (yang Anda fungsikan sebagai sales) untuk lebih didaya gunakan dalam melakukan sistem marketing atau promosi secara online, meskipun marketing secara manual juga tetap dijalankan akan tetapi tidak akan banyak menguras sumber daya yang ada

  1. Di era ke kinian model jemput bola bagi usaha dapat dimodifikasi dengan memberikan layanan dan fasilitas tambahan pada jenis usaha yang Anda miliki, seakan-akan memiliki medan magnet untuk dapat menarik pelanggan atau konsumen untuk mencoba atau pun untuk tetap setia menggunakan hasil produk usaha Anda tentu nya dengan update-an dari modifikasi hasil produk yang telah Anda lakukan, sehingga konsumen akan selalu datang dengan sendirinya karena ada sesuatu yang baru ditempat Anda
  2. Arti jemput bola adalah tidak hanya sekedar menunggu sampai konsumen datang untuk mencoba produk Anda, akan tetapi Anda yang harus lebih aktif dan giat untuk mempromosikan dan memberitahukan mengenai produk yang Anda hasilkan, dalam hal ini bisa berupa barang atau jasa. Bila modal usaha Anda mencukupi untuk melakukan hal ini, maka menggelontorkan beberapa sampel atau contoh barang ke konsumen dengan cuma-cuma dapat Anda lakukan, mengapa demikian?, hal ini dimaksudkan selain untuk melakukan proses marketing atau promosi, juga untuk menggali respon pasar, sehingga memudahkan Anda untuk melakukan langkah selanjutnya sesuai dengan perencanaan usaha yang Anda miliki

Jika Anda memiliki teknik modifikasi yang berbeda dengan yang telah TUKARPIKIRAN.NET sampaikan diatas, silakan Anda gabungkan dengan cermat sehingga dapat menghasilkan sebuah formula yang tepat, dimana dapat menjadi magnet bagi usaha Anda, jika sudah demikian langkah selanjutnya adalah otoritas Anda

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

 

Share on Facebook5Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *