Jurus awal menjadi pengusaha

By | July 31, 2016

jurusawalBetapa terasa sulit saat awal memutuskan untuk memulai berwirausaha, hampir melanda sebagian besar masyarakat, khususnya menengah kebawah.  Banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa sebagian dari mereka belum berani memulai mendirikan dan menjalankan usaha mandiri meskipun dari yang kecil-kecilan terlebih dahulu.

Memang untuk memulai segala sesuatu pastinya akan terasa berat, enggan, ataupun canggung, tetapi seiring sejalan lambat laun akan terasa sesuatu hal yang berbeda dari kehidupan sebelumnya. Akan terasa menyenangkan apabila Anda dapat lebih merasakan manfaat dan keuntungannya dari kegiatan berwirausaha tersebut.

Lalu bagaimana upaya atau langkah Anda untuk memulai berwirausaha mandiri?, agar lebih memiliki wacana yang jelas mengenai hal itu, langkah-langkah mudah yang nantinya akan disebut sebagai jurus yang akan memandu dan mengarahkan Anda sebelum memulai usaha. Berikut ini beberapa jurus awal yang  dapat Anda lakukan untuk memulai berwirausaha mandiri :

  1. Berani untuk mengawali atau memulai

Berani mengawali  atau memulai usaha, paling tidak berpikir bagaimana langkah mudah dan sederhana yang dapat dilakukan untuk berwirausaha mandiri. Memulai dari hal-hal yang kecil sesuai dengan kemampuan Anda masing-masing. Banyak kendala yang akan dihadapi, seperti dari mana dimulainya usaha tersebut, dan apa yang harus dipersiapkan. Hal terpenting adalah memulainya terlebih dahulu, barulah Anda akan mengetahui kekurangan dan hal-hal yang perlu dilengkapi selanjutnya. Terkadang niat dan motivasi yang kuat untuk berusaha tidak akan pernah terealisasi jika Anda tidak memiliki keberanian untuk memulainya saat ini juga. Membuka sebuah usaha itu gampang, tetapi proses untuk memulainya itu yang terasa sangat sulit, maka kesampingkanlah sikap takut pada diri Anda untuk memulainya

  1. Berani menanggung resiko dan tidak takut rugi

Keberanian untuk menanggung segala resiko sangat dibutuhkan jika ingin menjadi seorang pengusaha. Hal ini menjadi sebuah tuntutan yang realistis, karena resiko tersebut dapat berupa kerugian, kebangkrutan atau resiko lainnya yang dapat Anda temukan dilapangan. Tetapi berharaplah hal itu tidak terjadi pada Anda, jika hanya kerikil kecil saja itu merupakan hal yang wajar ditemui oleh sebagian besar pengusaha.  Perlu Anda ketahui bahwa dalam dunia usaha akan hanya ada dua pilihan, yaitu mendapatkan untung atau mengalami kerugian. Hal ekstrem yang sering dibicarakan orang adalah Anda harus bersiap untuk mengalami kerugian terlebih dahulu sehingga Anda bersungguh-sungguh dalam menjalankan usaha nantinya.

  1. Memperhitungkan segala sesuatunya dengan cermat dan teliti

Supaya peluang mendapatkan keuntungan tidak hilang begitu saja dan segala resiko dilapangan dapat diatasi serta diminimalkan, maka calon pengusaha harus memperhitungkannya dengan baik dan cermat. Mengkalkulasi segala kebutuhan awal, serta memprediksi apa saja yang akan dapat terjadi menjadi sangat penting dan buatlah coretan diatas kertas agar dapat terorganisasi dengan benar. Perhitungan tersebut ada baiknya Anda lengkapi dengan insting, yaitu naluri dan daya pikir yang cermat. Sebagian besar kesuksesan seorang pengusaha didasari dengan insting yang hebat.

  1. Memiliki konsep rencana yang jelas

Perhitungan yang akan Anda lakukan sebaiknya dituangkan dalam suatu rencana yang lengkap dan matang. Rencana yang berhubungan dengan usaha harus dibuat selengkap mungkin. Rencana yang akan Anda jalankan ini memuat tentang apa saja yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya, kapan akan dilakukan, berapa besar biaya yang dikeluarkan, dan siapa yang akan melaksanakannya. Kemudian rencana yang teleh Anda buat tersebut akan menjadi pedoman dalam menjalankan usaha tersebut. Tanpa perencanaan yang matang dan lengkap, sulit bagi Anda untuk mencapai tujuan yang diharapkan

  1. Tidak cepat putus asa dan cepat puas

Menjadi seorang pengusaha hendaknya tidak akan cepat puas dengan apa yang telah dicapainya. Bahkan seorang calon pengusaha yang hebat selalu haus dengan yang namanya kemajuan usahanya, dan akan selalu merasa kurang. Sikap untuk tidak cepat putus asa juga dibutuhkan, hal ini akan menjadi motivasi terpenting dalam proses kesuksesan berwirausaha. Tidak cepat merasa kalah pada kegagalan yang dialami, karena kegagalan merupakan pelajaran berharga untuk menggapai kesuksesan Anda. Mempelajari dan mengambil jalan keluar dari setiap kegagalan merupakan langkah bijak yang dapat Anda lakukan, jangan biarkan kegagalan melemahkan mental dan sikap Anda selanjutnya.

  1. Selalu optimis dan keyakinan akan berhasil

Sikap optimis dan penuh keyakinan akan keberhasilan dan kesuksesan usaha merupakan unsur terpenting lainnya setelah Anda berhasil meneguhkan pendirian dan karakter pengusaha. Calon pengusaha yang tidak memiliki sikap optimis dan keyakinan akan keberhasilan, maka susah bagi mereka untuk berkembang dan bertahan, karena pastinya akan surut ditengah jalan atau bahkan mundur sebelum memulainya.

  1. Memiliki rasa tanggung jawab dan dedikasi yang baik

Seorang pengusaha haruslah memiliki rasa tanggungjawab yang besar terhadap usaha yang dijalankannya. Bentuk tanggungjawab tersebut dapat didedikasikan kepada dirinya sendiri, masyarakat maupun semua pihak diluar lingkup usahanya tersebut. Memiliki kesadaran bertanggungjawab mulai dari hal terkecil sampai dengan hal besar yang menjadi modal menuju kesuksesannnya, baik dari hal teknis sampai dengan mekanisme yang bersifat konsep.

  1. Beretika dan bermoral baik

Dalam menjalankan usahanya, seorang pengusaha hendaknya didasari dengan etika dan moral yang baik, hal ini perlu diperhatikan dan dijunjung tinggi sebagai modal kebaikan usaha Anda kedepan. Sebagai seorang pengusaha haruslah mampu menghargai semua pihak yang berhubungan dengan usahanya tersebut, lebih-lebih kepada konsumen atau relasi Anda. Singkirkan segala bentuk kecurangan dan hal-hal yang melanggar norma dan hokum yang berlaku, yang dapat merugikan banyak pihak. Menjadi seorang pengusaha yang jujur dan taat hukum adalah ciri pengusaha yang baik, beretika dan bermoral.

 

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

Share on Facebook21Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *