Konversi Angka ke Huruf dengan fungsi Excel

By | July 24, 2017

 

Administrasi kantor merupakan sebuah bidang atau unit kerja yang dapat dibilang super sibuk dengan segudang tuntutan dan kebutuhannya. Paduan angka dan huruf menjadi bidak dan panglima yang menghiasi setiap baris dan kolom form lembar kerja. Terkadang masih banyak diantara Anda yang direportkan oleh pembukuan administrasi yang masih bersifat manual, sehingga terkesan menjemukan.

Era komputerisasi sudah memberikan warna baru bagi dunia kerja untuk berbuat lebih dari yang sekedarnya, lebih dari yang biasanya, bahkan terkadang dapat melebihi dari ekspektasi yang Anda tetapkan, sehingga dapat lebih di optimalkan daya gunanya. Siapa yang tidak kenal dengan sebuah aplikasi pengolah angka hasil karya sebuah perusahaan IT terbesar dunia, Microsoft?, sudah hampir menjadi Software andalan yang mendominasi bidang administrasi perkantoran dengan segala fasilitas yang disediakan. Excel, menjadi sebuah pilihan atau solusi tepat bagi aktifitas mengotak-atik angka, mengolah basis data dan keperluan pembukuan lainnya.

Pada kesempatan kali ini TUKARPIKIRAN.NET ingin membagi sebuah tips sederhana yang tentunya sudah tidak asing lagi dalam logika berfikir Anda, bagaimana langkah yang tepat untuk mengkonversi angka dalam perhitungan Excel menjadi berbentuk huruf yang menjelaskan bentuk panjang nominal angka sesuai dengan nilai satuan masing-masing. Hal terpenting dari langkah konfigurasi ini adalah peletakan skrip sumber fungsi (dalam hal ini akan digunakan Visual Basic), sehingga Anda dapat memadukan skrip tersebut untuk diterapkan menjadi sebuah fungsi buatan di dalam lembar kerja Excel

Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda kerjakan untuk menyelesaikan tujuan utama fungsi konversi tersebut :

  1. Silakan aktifkan program Ms. Office Excel Anda, kemudian sorot bagian “Office Button”, dan klik bagian “Excel Options”, seperti gambar berikut :

Setelah itu Anda akan menemukan halaman atau lembar Excel Options yang merupakan halaman untuk melakukan konfigurasi lebih lanjut pada program Excel Anda.

  1. Tambahkan skrip fungsi (dalam hal ini dari skrip Visual Basic) yang telah Anda siapkan sebelumnya melalui opsi “Add-Ins”, sehingga berikut ini gambaran prosesnya :

Berikut ini skrip (Visual Basic) yang dapat Anda gunakan sebagai fungsi terbilang, sehingga akan secara jelas didapatkan sebuah fungsi buatan yang bernama “terbilang”, sehingga nama tersebutlah yang akan dapat Anda gunakan pada proses konversi selanjutnya.

Download Skrip Add-Ins

Pada tampilan Excel Options bagian Add-Ins, terlihat sebuah menu Drop Down “Manage” yang dapat Anda gunakan untuk menentukan langkah proses yang dimaksud, jika dalam hal ini Anda memiliki kepentingan untuk melakukan penambahan fungsi terapan baru, maka silakan pilih menu Drop Down “Excel Add-ins”, dan setelah itu klik tombol “Go …”.

Selanjutnya akan muncul halaman “Add-Ins”, silakan pilih opsi menu “Browse” untuk menentukan letak skrip fungsi yang dimaksud

Setelah Anda tentukan sumber skrip beserta lokasinya, silakan selanjutnya klik tombol “OK”.

  1. Selanjutnya adalah mulai untuk mencoba menerapkan fungsi “Terbilang” tersebut ke dalam proses konversi yang sesungguhnya, tentukan juga dimana letak angka yang Anda maksudkan untuk dilakukan konversi, sehingga dapat Anda perhatikan penggunaannya sebagai berikut :

Setelah Anda selesai mengetikkan fungsi “terbilang”, silakan tekan tombol Enter pada Keyboard, dan Anda akan mendapatkan hasil konversi sebagai berikut :

Setelah fungsi terbilang tersebut berjalan dengan baik, selanjutnya silakan Anda posisikan frekuensi pemakaian fungsi tersebut, sehingga dapat lebih maksimal dan optimal, meskipun dengan langkah yang sederhana.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

 

Share on Facebook7Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *