Membangun keahlian dari banyak pengalaman

By | June 26, 2016

pengalamanSebuah keahlian yang berharga adalah berasal dari sekian banyak pengalaman yang telah dilalui oleh seseorang. Tidak memandang apakah keahlian itu, tetapi jangan disalah artikan kepada hal yang negatif, karena nilai “keberhargaan” itu ditujukan untuk hal positif yang dapat memberikan tarikan kuat bagi orang disekitarnya untuk mengakuinya, bahwa hal tersebut dapat bermanfaat.

Pengalaman adalah guru terbaik bagi kehidupan.., seseorang haruslah dapat belajar dari-nya..

Belajar dari pengalaman-pengalaman yang telah Anda lalui dapat memberikan informasi kepada Anda mengenai pilihan yang pas, terutama passion Anda. Ingin bergelut dibidang apa, tentunya telah dapat Anda pastikan dengan bijak.  Untuk menjadi seorang ahli dibidang tertentu, seseorang atau bahkan Anda memerlukan serangkaian proses yang tidak akan pernah berhenti selama hal tersebut masih menjadi bagian hidup, senjata andalan yang menjadikan Anda memiliki semangat untuk tetap mempertahankan dan memperjuangkannya sampai dengan target yang Anda inginkan.

Perhatikan ilustrasi berikut :

Seorang ahli ekonomi akan selalu memantau dan menganalisa kondisi pasar baik dalam maupun luar negeri untuk terus menambah kemampuan dan kekuatannya, maka pantas jika seseorang itu disebut sebagai pakar atau konsultan ekonomi, disitulah passion yang lahir dari kemauan dan pastinya dari sekian banyak pengalaman yang dijalaninya. Serangkaian seminar, pelatihan, kuliah umum sudah barang pasti pernah di ampunya, bahkan tidak sedikit yang memiliki jabatan sebagai dosen atau pejabat Negara. Kesemuanya lahir dari pengalaman, keberhargaan itu harus diraih dengan pengorbanan baik tenaga, pikiran, waktu, ataupun biaya. Itulah mahalnya harga sebuah pengalaman, apalagi yang telah dapat dilipat gandakan.

Pengalaman dapat menghantarkan Anda pada sebuah keberhasilan, ia dapat menjadi panduan untuk menyelesaikan berbagai masalah, masalah yang sudah pernah ada dahulu, sehingga seorang ahli hanya tinggal mengulas masa lalunya, dengan memodifikasi dengan kondisi terkini. Pengalaman adalah sebuah rumus jitu, dibalut dengan logika dan jiwa, sehingga terasa memiliki kesan tersendiri jika diingat kembali.

Pengalaman tersusun dari manis dan pahitnya kehidupan yang pernah Anda jalani, jatuh bangun, semangat, berjuta pertanyaan, ratusan pernyataan, dan puluhan juta resiko tentunya. Jika Anda berhasil mendapatkan inti dari pengalaman tersebut, maka Anda adalah ahlinya, Anda berhasil membangun sebuah atau lebih keahlian dari sekian banyak pengalaman, dan kini saatnya untuk mempertahankannya… karena membangun lebih mudah dari pada mempertahankannya..

Selamat menjadi seorang ahli…

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan silakan Anda tinggalkan pada kolom komentar yang telah tersedia. Terima kasih..

Share on Facebook8Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *