Mengapa UPS & Stabilizer Penting bagi Komputer ?

By | September 21, 2016

upstabilizer

Dewasa ini penggunaan komputer sama hal nya dengan mengkonsumsi kebutuhan pokok sehari-hari, betapa tidak karena sebagian besar pekerjaan baik dikantor, Mall, ataupun dijalan sekalipun kini telah menerapkan sistem komputerisasi. Kebutuhan supply energy, dalam hal ini adalah listrik menjadi sangat penting bagi sumber tenaga utama beroperasinya Hardware penyusun komputer. Jika Anda melihat kondisi tegangan listrik disekitar, maka satu daerah dengan daerah yang lain bisa sedikit berbeda, ada yang tegangannya sering naik turun, dan ada yang sering mengalami pemadaman listrik secara tiba-tiba. Tentu hal tersebut sangat berpengaruh pada pola penggunaan alat-alat komputer di tempat Anda, jika tidak Anda perhatikan dengan benar, maka akan sering sekali Hardware komputer Anda bermasalah, mulai dari crash pada bagian data dan program bahkan sampai dengan rusaknya satu atau beberapa piranti komputer secara bersamaan dikarenakan supply power ke komputer yang kurang atau bahkan tidak stabil.

Mengapa UPS dan Stabilizer begitu penting ?

Sebagai piranti penyuplai tenaga dan metode pengamanan sederhana bagi kestabilan piranti komputer

UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah Piranti yang memiliki fungsi atau kegunaan penting untuk menjaga PC (Desktop) maupun Server Anda dari resiko kehilangan data maupun kerusakan permanen pada piranti komputer dikarenakan hilangnya daya listrik akibat pemadaman maupun gangguan listrik lainnya. UPS dapat menyimpan cadangan baterai atau tenaga listrik dalam kapasitas tertentu sesuai dengan spesifikasi UPS tersebut, yang mana akan menjaga komputer tetap hidup atau bekerja saat terjadi arus naik turun atau pemadaman listrik tiba-tiba. Dengan begitu Anda masih dapat untuk menyimpan data pekerjaan Anda dan mematikannya sebelum cadangan tenaga habis.

Kemudian apa peranan Stabilizer ?

Stabilizer sesuai dengan namanya merupakan piranti tambahan untuk komputer Anda yang dapat menjaga kestabilan arus power yang masuk dan dikonsumsi oleh komputer. Khusus bagi daerah yang sering terjadi arus naik turun, maka stabilizer ambil peranan penting untuk tetap menjaga arus tetap stabil. Arus listrik yang tidak stabil akan berdampak buruk terhadap kesehatan piranti komputer Anda, hal ini akan cepat mengakibatkan kerusakan piranti komputer. Sama dengan alat eletronik lainnya, komputer lebih berisiko untuk cepat rusak jika terus pada kondisi tidak stabil pada supply listriknya.

Harga konsumen untuk kedua piranti tambahan ini sangat beragam, tergantung dari spesifikasi dan ketangguhan yang Anda inginkan, semakin powerfull maka semakin banyak dana yang harus Anda keluarkan untuk itu, tetapi tidak mengapa asalkan segala aktifitas pekerjaan dan bisnis Anda sukses dan lancar

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

 

Share on Facebook8Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *