Mengatasi Google yang Ter Redirect ke Yahoo

By | May 18, 2017

Salam IT …

Pernahkah Anda merasa heran pada sela-sela aktifitas Browsing?, perangkat berselancar (Browser) terkadang kurang sependapat dengan Anda.

Hal ini terlihat pada salah satu proses berikut ini :

Ketika Anda telah mengaktifkan Browser andalan, setelah Anda tetapkan kata kunci pencarian dengan menggunakan Search Engine Google, ternyata hasil pencarian tersebut disuguhkan oleh Search Engine yang berbeda, yaitu Yahoo..

Bagaimana hal ini dapat terjadi ? ..

Meskipun Anda telah coba mengulanginya berkali-kali dengan tetap mengandalkan Search Engine Google, ternyata hal ini belum lah membuahkan hasil sesuai dengan yang Anda inginkan, karena rasa penasaran pada kesempatan kali ini TUKARPIKIRAN.NET ingin membagi pengalaman saat menghadapi permasalahan tersebut..

Point utama yang harus Anda perhatikan adalah seputar perihal prosedur pengaturan atau setelan atau lebih keren nya Browser Settings. Biasanya bagi pengguna yang belum memahami hal ini (yaitu pengaturan Browser) mengasumsikannya sebagai keberadaan virus, sehingga hanya disibukkan bagaimana melakukan Scanning menggunakan Antivirus.

Untuk langkah selanjutnya, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu menengok opsi setelah dari aplikasi Browser yang digunakan, sehingga nantinya akan didapatkan langkah yang sesuai untuk mengatasi hal tersebut tanpa berlama-lama untuk memikirkannya.

Pada baris berikutnya silakan Anda cermati dan praktikkan langkah-langkah yang sesuai untuk penanganannya :

Pada praktik yang TUKARPIKIRAN.NET lakukan, Browser yang digunakan adalah Chrome, sehingga jika Anda menggunakan Browser lainnya, silakan Anda sesuaikan dengan format setelan dari masing-masing Browser tersebut .

  1. Setelah dibuat heran, silakan Anda buka Chrome dengan tampilan sebuah “Tab Page” baru
  2. Meskipun hal ini disebut proses pengaturan setelan, namun letak masalah yang Anda ingin ketahui bukan pada opsi menu Settings, tetapi lebih baiknya Anda tentukan terlebih dahulu opsi tersebut, tentunya dengan opsi pengaturan yang sesuai Anda.
  3. Silakan cermati tanda    

pada sudut kanan atas. Silakan sorot dan klik bagian tersebut.

Anda akan menemukan menu Extensions, Settings, dan About.

Jika Anda telah memahami dan menyelesaikan konfigurasi pada menu Settings, maka sekarang saatnya Anda untuk berpindah pada menu Extensions dengan cara menyorot dan klik opsi menu tersebut untuk melihat konten konfigurasi didalamnya

  1. Pada bagian Extensions, Anda dapat melakukan ceklist ekstensi yang telah terkonfigurasi pada Browser, baik secara sengaja maupun tanpa sepengetahuan dari Anda (hal ini sering terjadi saat Anda melakukan Installing sebuah atau beberapa program aplikasi, biasanya ada yang menyertakan sebuah atau beberapa ekstensi yang meu tidak mau harus ikut ter Install pada Browser komputer yang Anda maksudkan). Ekstensi tersebut pada akhirnya terkadang hanya akan memberikan efek lambat, sehingga lebih dari sekedar membuat ribet, namun juga membuat heran dan terkadang geram.
  2. Pada permasalahan yang TUKARPIKIRAN.NET hadapi, ternyata terdapat sebuah ekstensi yang bernama “SrchLx” yang mana keberadaannya akan me-Redirect Search Engine yang Anda gunakan (dalam hal ini Google) menjadi menggunakan mode Private Search melalui Yahoo. Langkah berikutnya adalah mengubah format Enabled menjadi Disabled atau jika memang dirasa tidak perlukan lagi, maka Anda dapat langsung menghapus ekstensi tersebut dengan menekan gambar tong sampah pada bagian ekstensi “SrchLx” tersebut. Langkah berikutnya adalah melakukan Restart Browser dan silakan jalankan kembali.

  1. Silakan coba untuk melakukan Browsing kembali dengan menggunakan Search Engine Google. Dari praktik yang TUKARPIKIRAN.NET lakukan, didapatkan hasil bahwa Browser tidak lagi di Redirect ke Yahoo, hal ini menjadi memiliki jalan keluar, selanjutnya bagaimana dengan hasil Anda ?….

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

 

Share on Facebook6Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *