Mengatasi Mata Lelah saat di Depan Komputer

By | April 15, 2017

 

Mata adalah salah satu alat indera terpenting dalam kehidupan manusia. Dengan mata setiap aktivitas yang sedang dikerjakan menjadi lebih mudah, tentunya dengan kemampuan penglihatan masing-masing. Bagaimana jika mata mengalami kelelahan saat sedang bekerja, maka tentunya akan sangat mengganggu, lebih-lebih saat padat-padatnya jadwal dan target yang harus dikejar.

Pada kesempatan kali ini TUKARPIKIRAN.NET ingin berbagi tips kepada Anda bagaimana caranya agar pekerjaan tuntas dan membuat relax mata.

  1. Atur jarak mata dengan layar monitor
Mengatur jarak pandang mata dengan monitor sangatlah penting, karena hal ini menyangkut kesehatan mata Anda. Ada baiknya jika Anda memberikan jarak kurang lebih panjang satu lengan atau minimal 40 cm. Dengan jarak seperti itu diharapkan tidak cepat membuat lelah mata Anda saat bekerja di depan monitor.
  1. Atur tingkat kecerahan monitor

Setiap Anda memiliki adaptasi yang berbeda dengan resolusi dan kecerahan monitor saat bekerja di depan komputer. Ada yang merasa nyaman dengan kecerahan yang minimal, ada juga dengan kecerahan yang agak tinggi. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh kepekaan otot mata Anda dalam menerima pantulan cahaya. Bisa jadi jika dengan cahaya yang ,minimal malah dapat membuat mata Anda cepat lelah, begitu juga sebaliknya Anda akan merasa nyaman dengan tingkat kecerahan yang minimalis. Hal tersebut silakan Anda atur sesuai dengan kebiasaan dan kenyamanan Anda, yang terpenting jangan sampai memberikan efek kurang baik bagi mata.

  1. Lengkapi dengan penerangan yang cukup

Apabila Anda bekerja pada ruangan yang gelap, sedangkan monitor menyala terang tentu hal ini akan memberikan efek yang kurang baik bagi mata. Gelap akan menjadikan pantulan cahaya monitor membuat pusing kepala Anda, sehingga Anda kemungkinan tidak akan tahan berlama-lama di depan cahaya yang terpantul dari layar monitor. Langkah yang tepat adalah silakan sertai ruangan kerja Anda dengan lampu penerangan yang cukup sehingga dapat menstabilkan pantulan cahaya yang berasal dari layar monitor.

  1. Ubah jarak pandang mata

Mengubah jarak pandang mata merupakan hal ringan yang dapat Anda lakukan agar mata tidak cepat merasa lelah. Ada baiknya jika Anda sesekali mengalihkan pandangan mata ke sisi atau sudut yang lainnya dari ruangan kerja Anda yang tentunya memiliki jarak lebih jauh dari tempat Anda duduk, hal ini bertujuan untuk mengendurkan otot-otot mata yang tegang akibat konsentrasi di depan layar monitor. Jika memungkinkan keluar rumah lebih baik, karena selain merefresh kan mata Anda juga dapat menghirup udara segar

  1. Atur kedipan mata agar tidak kering

Aktivitas berkedip sangat diperlukan oleh mata, selain mengurangi ketegangan dan kekakuan otot akibat aktivitas yang berlebihan berkedip juga dapat berguna untuk membasahi bola mata, sehingga dapat mengatasi mata kering dan rasa gatal akibat debu yang masuk.

  1. Gunakan tetes mata

Terkadang dengan kedipan mata saja masih belum cukup untuk mengurangi rasa lelah dan gatal pada mata, sehingga Anda butuh obat tetes mata yang cocok dengan kondisi mata Anda, tetapi hal ini jangan terlalu sering dilakukan hanya pada saat memang benar-benar Anda butuhkan saja. Jika mata Anda sudah terasa nyaman kembali, silakan hentikan pemakaian obat tetes mata tersebut.

  1. Temani dengan minuman hangat

Menyiapkan minuman hangat seperti jahe atau air putih dicampur madu, dapat memberikan efek yang positif bagi aktivitas di depan layar monitor, selain rasanya yang nyaman dan enak, madu juga baik untuk kesehatan.

Banyak aktivitas di depan layar monitor yang dapat menyita perhatian dan waktu Anda, sehingga terkadang tanpa disadari dapat menimbulkan efek kelelahan yang sangat bagi otot-otot mata. Dari hal tersebut diharapkan Anda selalu memiliki solusi untuk mengatasinya, beberapa tips diatas semoga dapat memberikan wacana dan efek positif bagi Anda.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

 

Share on Facebook6Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *