Mengatasi Tombol Keyboard Laptop yang Macet

By | May 24, 2016

Artikel ini ditulis sesaat setelah seorang kawan TUKARPIKIRAN.NET datang kerumah untuk meminta tolong soal netbook saudaranya yang bermasalah. Menurut keluhan yang disampaikan adalah seputar keyboard, tepatnya ada beberapa tombol keyboard yang macet (tidak muncul kode atau tulisannya saat ditekan).

Pertama yang TUKARPIKIRAN.NET lakukan adalah memeriksa fisik tombol keyboard bagian luar, ternyata sudah ada yang kendor atau tidak ada daya dorong lagi saat ditekan.

Kedua mengecek apakah memerlukan driver keyboard atau tidak, ternyata windows telah men-support hardware keyboard tersebut. Kemudian apakah virus juga mempengaruhi proses kerja keyboard, ternyata setelah di- Scan dan diketemukan banyak virus, hal ini juga tidak berdampak serius pada kinerja keyboard, malahan bisa dibilang tidak ada efeknya.

Ketiga mengecek kabel flexible dari keyboard apakah telah terpasang sempurna atau belum, ternyata kabel telah terpasang dengan baik dan tidak rusak.

Keempat membersihkan keyboard dari debu dan kotoran yang menyumbat, setelah bersih ternyata tombol keyboard tersebut belum juga berfungsi.

Sesuai dengan beberapa hasil cek, langsung saja TUKARPIKIRAN.NET mengbongkar netbook untuk memeriksa tombol keyboardnya.

tombol

Bagian yang di tanda merah dari gambar diatas menunjukkan bagian yang menjadi sumber masalah dari keyboard, yaitu bantalan karet dalam yang sobek dan sampai pecah, sehingga permukaan bagian bawah karet tidak memiliki power yang cukup untuk memberikan daya tekan terhadap bagian program papan PCB keyboard, atau bisa jadi tidak sampai menyentuh papan PCB keyboard. Hal ini sering terjadi pada beberapa pengguna disebabkan aktifitas fisik yang terlalu lama, sering dan berlebihan.

Untuk urusan yang satu ini mode “Kanibal” dirasa langkah yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut, membongkar dan mengambil bantalan karet dalam tombol dari bagian keyboard yang tidak terpakai lagi atau rusak, dan menggantikannya bagian keyboard yang bermasalah. Untuk masalah teknisnya, dikembalikan ke masing-masing Anda. Setelah selesai pasang kembali penutup tombol (tombol bagian atas / luar) sesuai dengan mode pemasangannya, dan cobalah untuk mulai mengetesnya. Pada langkah yang TUKARPIKIRAN.NET lakukan, membuahkan hasil yang menggembirakan, beberapa tombol yang semula tidak dapat digunakan akhirnya sekarang sudah berfungsi kembali.

NB : “Jika langkah diatas telah Anda lakukan dan tetap masih tidak berfungsi, sedangkan sudah Anda bersihkan juga dari debu yang menempel atau kotoran yang menyumbat di sekitaran keyboard,  kemungkinan besar keyboard memang benar-benar telah rusak. Kerusakan tersebut bisa karena kabel flexible yang sobek, hingga pada PCB yang rusak, solusinya ada 2 yaitu : mengganti baru keyboard laptop kesayangan Anda tersebut atau membelikan piranti eksternal keyboard USB, semua sesuai dengan kemantapan Anda ”

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran atau masukan silakan Anda tinggalkan melalui kotak saran (komentar) yang telah tersedia, Terima kasih

Share on Facebook12Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *