Mengenal Keunggulan Google Drive dan Dropbox

By | June 12, 2017

Flashdisk dan Harddisk Internal maupun External hampir setiap Anda telah mengenalnya sebagai sarana untuk menyimpan data-data kerja atau pribadi. Sebutlah Flashdisk, flexible Storage yang satu ini lebih tepatnya jika Anda fungsikan sebagai piranti perantara data. Hampir kebanyakan konsumen menggunakan Flashdisk untuk transfer data secara manual. Lalu bagaimana jika Anda tidak ingin terlalu direpotkan untuk selalu membawa piranti-piranti di atas ? …

Khususnya Anda yang selalu mobile, membawa-bawa piranti penyimpanan tersebut terkadang terkesan merepotkan, frekuensi kesibukan yang tinggi membutuhkan aktifitas gerak yang tidak terlalu dibebani dengan barang bawaan yang berlebih, maka adakah fasilitas online yang dapat mendukung aktifitas data secara mobile ? …

Pada kesempatan kali ini TUKARPIKIRAN.NET ingin memperkenalkan dua aplikasi penyimpanan online yang dapat mendukung kebutuhan data pada aktifitas mobile Anda.

Yaitu Google Drive dan Dropbox

Kedua aplikasi tersebut telah memiliki penggemar dan penggunanya masing-masing. Baik Google Drive maupun Dropbox, keduanya telah banyak digunakan oleh pengguna aktif maupun pasif yang tersebar di segala penjuru dunia.

Bagaimana keunggulan masing-masing aplikasi penyimpanan online tersebut berikut ini ulasan yang dapat tersaji :

Google Drive

Dari nama nya tentu Anda sudah dapat menebak jika aplikasi ini merupakan produk olahan Google, yang mana telah memegang predikat nomor wahid dalam mengusung konsep Search Engine. Banyak produk yang telah dikeluarkan oleh Google, namun yang akan menjadi topik bahasan adalah Google Drive, layanan penyimpanan data berbasis online yang dapat Anda akses kapan dan dimana saja, asalkan terkoneksi dengan internet.

  1. Ruang penyimpanan 15 GB

Ruang penyimpanan Anda dapat digunakan oleh Drive, Gmail, dan Google Foto, sehingga Anda dapat menyimpan file dan lampiran email, serta mencadangkan foto secara langsung ke Drive. Anda juga dapat membeli paket ruang penyimpanan cloud yang lebih besar jika perlu melalui form kontak layanan konsumen.

  1. Menyimpan file dengan berbagai format

Foto, video, presentasi, PDF, bahkan file Microsoft Office. Apa pun jenis filenya, semuanya dapat disimpan dengan aman di Drive Anda.

  1. Kebebasan untuk berbagi file

File di Drive bersifat pribadi, sampai dengan file tersebut Anda bagikan. Anda dapat mengundang orang lain dengan cepat untuk melihat, memberi komentar, dan mengedit file atau folder yang Anda pilih tersebut. Ini merupakan kolaborasi online yang membuat segalanya menjadi lebih mudah.

  1. Keamanan dan keterjaminan data

Dikarenakan keamanan data file Anda begitu penting. Itulah sebabnya setiap file di Drive akan tetap aman, apa pun yang terjadi dengan ponsel cerdas, tablet, atau rotocol Anda. Drive dienkripsi menggunakan SSL, rotocol keamanan yang sama dengan yang digunakan di Gmail dan layanan Google lainnya.

  1. Dirancang untuk bekarja dengan Google

Silakan arahkan kursor ke atas lampiran pada Gmail dan temukan logo Drive. Di sini, Anda dapat menyimpan lampiran apa pun ke Drive guna mengelola dan membagikannya dalam satu tempat yang aman. Drive dapat mengenali objek pada gambar dan teks dalam dokumen yang Anda pindai. Sehingga Anda dapat menelusuri kata seperti “Menara Eiffel” dan mendapatkan dokumen teks yang berisi kata tersebut, beserta gambar Menara Eiffel yang sebenarnya. Hasil penyimpanan foto di dalam Drive akan membuat hal tersebut tampak lebih hidup dengan Google Foto. Dapatkan hasil edit yang memuaskan tanpa perlu repot, ditambah dengan animasi, film, dan banyak lagi yang dapat Anda temukan disini. Google Drive sudah terpasang pada Chromebook, sehingga file dan foto akan dicadangkan secara otomatis. Anda akan mendapatkan penyimpanan gratis 100 GB selama dua tahun di sebagian besar Chromebook yang baru.

  1. Gunakan fitur canggih Drive

Pindai semua dokumen dengan Drive untuk perangkat Android Anda. Cukup ambil screenshoot (foto) dari dokumen seperti tanda terima, surat, dan tagihan, maka Drive akan menyimpannya langsung sebagai PDF. Drive akan membuat file tersebut tersedia saat Anda menggunakan mode offline agar dapat melihat file tersebut ketika ponsel atau tablet tidak tersambung ke internet, misalnya di pesawat atau dalam bangunan dengan sambungan internet yang buruk. Anda dapat melihat kembali sebagian besar jenis file selama maksimum 30 hari ke depan. Dengan fitur ini, Anda akan dapat mengetahui siapa yang telah mengubahnya dan kembali ke versi sebelumnya.

Selanjutnya silakan simak fitur-fitur yang disediakan oleh Dropbox

Dropbox

Seperti yang sudah Anda pelajari pada baris-baris awal, Dropbox juga memiliki kesamaan konsep dengan Google Drive. Mengusung layanan penyimpanan data berbasis online (web), yang dapat Anda akses kapan saja dan dimana saja asalkan terhubung dengan internet.

Disasarkan bagi semua kalangan, Dropbox memberikan layanan akses disemua perangkat yang Anda gunakan. Dropbox dapat Anda gunakan sebagai layanan Backup berbasis online, tentu saja file dokumen yang memang Anda kategorikan dalam posisi penting, sehingga akan menjadi pendukung utama dalam segala urusan bisnis atau pribadi. Versi free atau pun berbayar dapat Anda pilih sebagai sarana memperlancar pekerjaan, tentunya dengan spesifikasi layanan masing-masing. Jika berbayar tentunya ada tambahan akses baik kuota (bandwith) storage maupun akses privasi lainnya.

  1. Simpel untuk membawa dokumen ke mana saja

Silakan simpan semua file di komputer Anda, kemudian akses melalui ponsel dalam perjalanan. Apa pun yang disimpan di Dropbox akan disinkronkan secara otomatis ke semua perangkat Anda. Berbagai jenis file di Dropbox, mulai foto, video, dan musik sampai file Microsoft Office dan Adobe. Sinkronkan file di semua perangkat Anda, Apakah itu menggunakan PC, Mac, Android, iPad, iPhone, atau Windows Phone. Anda dapat bekerja dari mana saja meskipun dalam mode offline.

  1. Layanan kirim video dengan cepat

Kirim seluruh video Anda ke sanak family atau anggota keluarga lain melalui tautan sederhana. Mudahnya proses berbagi data file dengan ukuran besar kepada siapa, meskipun mereka tidak memiliki akun Dropbox. Berbagi file ukuran besar dapat secepat berbagi file dengan ukuran sedang atau kecil. Tempatkan file apa saja di Dropbox Anda, kemudian kirimkan dengan cepat menggunakan tautan sederhana. Buat tautan untuk berbagi file apa saja di Dropbox Anda. Kemudian kirimkan tautan tersebut melalui email, obrolan, atau bahkan SMS. Ketika Anda mengirimkan seseorang tautan ke sebuah file, dia dapat melihat dan mengunduh salinan file tersebut, meskipun mereka tidak memiliki akun Dropbox.

  1. Pengelolaan foto dengan mudah

Unggah foto secara otomatis untuk dikelola, dibagikan, dan dikerjakan bersama yang lain. Gambar baru untuk blog atau hasil pindai tanda terima, semuanya aman dan tertata di Dropbox. Silakan hidupkan unggahan kamera untuk mencadangkan foto secara otomatis dari Rol Kamera ke Dropbox. Proses pindai teks dan gambar langsung dari aplikasi mobile Dropbox Anda, untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi hasil kerja Anda dengan mudah kepada siapa saja.

  1. Kerjakan slide bersama-sama

Edit presentasi dengan rekan satu tim tanpa perlu bolak-balik mengirimkannya lewat email. Ketika Anda mengedit file di folder bersama, setiap orang mendapatkan perubahannya secara otomatis. Mengerjakan file yang sama dengan membuat folder bersama. Ketika Anda menambahkan orang lain ke folder itu, semua file di dalamnya akan muncul di Dropbox mereka dan juga sebaliknya. Ketika Anda mengedit file di folder bersama, setiap orang mendapatkan perubahannya secara otomatis, maka Anda tidak perlu mengirimkan berbagai versinya bolak balik melalui email.

  1. Tidak perlu khawatir akan kehilangan file

Bagaimana jika Ponsel Anda tertinggal di kereta atau jatuh dalam perjalanan?, baik itu foto, dokumen, dan video Anda akan tetap aman. Cukup dengan masuk ke Dropbox dari perangkat apa saja, dan semua file yang telah Anda pindai ke dalam Dropbox tetap dapat Anda akses dengan mudah dan aman. Dropbox melindungi file-file kiriman Anda meskipun dalam mode pakai bersama. Dropbox menyertakan riwayat versi 30 hari, seandainya tanpa sengaja Anda menghapus sebuah file atau ingin memulihkan versi sebelumnya.

Jika Anda penasaran dengan kedua aplikasi layanan tersebut, silakan coba semua layanannya untuk keperluan bisnis atau pekerjaan. Dapatkan kebebasan dalam mengakses data kapan dan dimana pun Anda berada.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

 

Share on Facebook6Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *