Mengganti Baterai CMOS pada Laptop ASUS A43S

By | August 13, 2017

Suatu ketika seorang teman mengadukan permasalahan seputar Laptop kesayangannya yang sedang bermasalah, sehingga aktifitas administrasi nya menjadi terkendala. Sebenarnya masih dapat diatasi dengan melewati beberapa proses atau perlakuan terhadap sistem, tetapi bagi pengguna yang masih awam hal ini menjadi sebuah masalah yang membingungkan. SepertiĀ  hal berikut, jika Anda melakukan booting ke sistem operasi tetapi terhenti karena proses dilanjutkan untuk melakukan Update Bios, dan setelah di penuhi proses tersebut ternyata masih terhenti dengan permintaan Update yang sama.

Sebenarnya jika Anda cermati, point utamanya terletak pada kemampuan baterai CMOS untuk menyimpan settingan konfigurasi dari hasil Update Bios diawal, ternyata baterai CMOS sudah tidak mampu lagi melakukan penyimpanan terhadap konfigurasi terbaru, sehingga dengan sangat disarankan untuk mengganti baterai CMOS dengan yang baru.

Untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut, berikut ini langkah-langkah proses mengganti baterai CMOS, silakan simak postingan yang TUKARPIKIRAN.NET Update :

  1. Lepaskan terlebih dahulu Keyboard dengan cara membuka pengaitnya secara langsung dari Casing Laptop. Lakukan dengan hati-hati agar tidak sampai membuat lecet Casing.

Gambar Depan

Setelah Keyboard terangkat dari Casing, silakan lepaskan juga mur-mur yang terletak dibagian dalam, lebih tepatnya pada badan Casing dibawah Keyboard seperti gambar. Jangan lupa lepaskan juga pengait kabel fleksibel yang menuju ke Mousepad, hal ini agar saat Casing dipisahkan (dibuka) kabel tersebut tidak rusak (perlu menjadi perhatian bahwa, sifat kabel fleksibel tersebut saat sensitif secara fisik, sehingga kerusakan kecil dapat menyebabkan disfungsi yang menyebabkan tidak dapat digunakan kembali). Berikutnya adalah lepaskan juga pengait kabel fleksibel dari kartu grafis (VGA), lakukan dengan cara yang sama ketika melepaskan kabel fleksibel yang menuju ke Mousepad.

  1. Sebelum mencermati pada bagian belakang silakan Anda lepaskan terlebih dahulu baterai Laptop (hal ini dimaksudkan agar saat proses pembongkaran tidak terhalangi disebabkan baterai Laptop yang masih menempel), kemudian silakan buka penutup badan Casing bawah, sehingga akan terlihat beberapa komponen seperti Harddisk, Memory RAM, dan kartu Wifi. Untuk menghindari kerusakan pada komponen tersebut, silakan Anda lepaskan Harddisk dan Memory RAM dan letakkan ditempat yang aman, hal ini karena bagian tersebut sangat riskan terjadi kerusakan jika mendapat perlakuan yang kasar.

Lepaskan juga Mur pengait Casing yang terletak pada bagian atas baterai Laptop, lalu Mur yang menyatukan engsel antara bagian atas dan bagian bawah badan Laptop (antara bagian Display atau monitor dengan bagian Motherboard).

Gambar Belakang

  1. Langkah berikutnya adalah melepaskan bagian DVD Rom, hal ini agar mur pada bagian badan didekat DVD Rom dapat dibuka atau dilepaskan, sehingga hanya akan tinggal melakukan proses pemisahan Casing bagian atas dengan bagian bawah.

Gambar DVD ROM

  1. Untuk mengetahui letak atau posisi baterai CMOS pada papan Motherboard, silakan lepaskan atau pisahkan badan Casing bagian atas dengan bagian bawah dengan menggunakan bantuan alat pengungkit, silakan gunakan dari bahan yang lunak sehingga tidak melukai bagian Casing (tidak menyebabkan lecet atau pecah pada Casing), dalam hal ini dapat juga Anda gunakan kartu ATM bekas yang sudah tidak terpakai. Setelah Casing terpisah, silakan cermati letak baterai CMOS pada papan Motherboard, seperti pada gambar dibawah, lepaskan komponen tersebut dan ganti dengan baterai CMOS yang baru.

Gambar Melepas Casing dan Baterai CMOS

  1. Setelah berhasil mengganti baterai CMOS dengan yang baru, proses terakhir adalah memasang kembali setiap bagian penyusun Laptop yang telah Anda pisahkan atau lepaskan diawal, sehingga akan memberikan bentuk secara keseluruhan seperti sesaat sebelum Anda bongkar.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

 

Share on Facebook6Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *