Menggarap usaha Online dengan Professional dan Berbudaya

By | July 1, 2016

probudApabila dihadapkan pada sebuah pertanyaan, “siapa yang tidak kenal internet?..”, menjadi dilematis jika harus sebagian diantara kita masih kurang paham manfaat positif dari internet, menjadi hal yang wajar bagi sebagian kaum sepuh yang saat di masa-nya belum tersaji layanan internet seperti sekarang ini. Sebagian orang menganggap internet sebagai hal yang biasa-biasa saja, tempat untuk mencari informasi sekedarnya, tetapi bagi sebagian yang lain internet menjadi suatu gaya hidup yang dapat menopang segenap aktifitas baik hobi maupun bisnis.

Berbicara seputar usaha atau bisnis, ada benang merah yang dapat Anda tarik menjadi sebuah ide cemerlang jika disinggungkan dengan pengoptimalan layanan internet. Betapa tidak, hal ini menyangkut ujung tombak berhasilnya laju sebuah usaha. Bidang marketing menjadi sangat penting untuk mempromosikan produk dari usaha yang Anda jalankan, segmen pasarnya pun beragam serta dapat menyeluruh, dan internet dapat mengantarkan informasi mengenai produk dan tentang siapa Anda dengan lebih produktif. Saat Anda beristirahat, layanan internet tidak berhenti untuk terus mempromosikan produk Anda tersebut, maka internet dapat di ibaratkan mesin marketing terbaik.

Berikut ini beberapa hal yang ada baiknya atau bahkan sebaiknya Anda perhatikan dan terapkan :

Profesional

Profesionalitas pada usaha atau bisnis haruslah menjadi mode default dan tidak boleh diganti, hanya dapat di custom dengan beberapa alternatif yang tetap menjaga label Anda. Konsep ini tetap harus Anda pertahankan sampai kapanpun itu, bukan hanya sekedar slogan atau simbol, tetapi professionalitas yang Anda terapkan tersebut menjadi separuh nafas bagi usaha yang Anda miliki. Profesional dalam menjaga kepercayaan konsumen, tanggung jawab dalam menjaga standar mutu produksi dan produk yang dihasilkan, menggunakan standarisasi bahan baku dan takaran yang selayaknya, layanan kirim tepat waktu, sampai dengan menjaga janji atau statement yang dilontarkan kepada pasar dan konsumen pada khususnya (misalnya simbol halal produk), sehingga siapa yang tidak tahu label Anda..?

Berbudaya

Tidak hanya sebatas bahasa, gaya hidup, tradisi dan kecenderungan masyarakat saja yang mengandung makna dan capaian “berbudaya”, akan tetapi usaha atau bisnis juga harus berbudaya, bukan bermaksud menggurui mengenai perihal ini, jika Anda dapat mengusung dan menerapkan konsep tersebut, maka Anda pada usaha atau bisnis Anda tersebut telah memiliki konsep unik dan istimewa. Betapa tidak demikian, pada mode ini Anda sangat  mengutamakan konsumen dalam segi pelayanan dengan bahasa yang sopan, penerimaan yang santun, ciri khas unik pada penampilan, kejujuran yang tidak perlu dipertanyakan lagi, serta ambisi untuk menjalin hubungan yang selaras  adalah nilai tambah dan kesan tersendiri dimata konsumen dan segenap mitra yang Anda miliki

Masih terdapat segi-segi lain sebagai unsur pendukung berjalannya usaha atau bisnis yang Anda miliki dengan metode online, sebenarnya hal tersebut sama saja dengan bisnis offline yang juga harus mengusung konsep profesionalitas dan berbudaya, hanya saja metode online unggul dari segi promosi yang dapat menjangkau kehampir semua kalangan dan segmen yang bervariasi, hingga akhirnya jika konsep diatas dapat Anda renungkan, Anda terima dan terapkan menjadi bagian konsep, inilah yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sampaikan…. “Semoga kesuksesan bersama Anda dan kami…”

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan silakan Anda tinggalkan pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

Share on Facebook7Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *