Modul 1. Membuat Dan Menyimpan Dokumen Kerja

By | January 2, 2016

wordMicrosoft Word 2007 adalah program aplikasi pengolah kata, merupakan produk yang dikeluarkan oleh Microsoft. Microsoft Word 2007 merupakan kelanjutan dari versi sebelumnya. Terdapat beberapa fitur terbaru dalam versi ini diantaranya adalah fasilitas digital signature, publikasi dokumen ke dalam format PDF dan XPS dan beberapa keunggulan lainya. Bagi yang sudah pernah menggunakan versi sebelumnya, mungkin agak merasa asing karena terdapat perubahan tampilan/interface windows yang ada, tetapi dengan sedikit penyesuaian maka selanjutnya anda akan merasakan kelebihan dari tampilan Microsoft Word 2007 ini.

Tujuan dari Modul I ini adalah Anda dapat mengetahui penggunaan software pengolah kata yaitu Microsoft Word 2007 dan disertai dengan pengenalan tampilan, cara membuat dan menyimpan dokumen kerja.

Berikut silakan simak langkah-langkah penerapannya, atau dapat langsung Anda praktikkan pada lembar dokumen baru Word 2007.

Menjalankan Microsoft Word 2007

Cara 1 : Klik tombol Start > All Program > Microsoft Office > Microsoft Office Word 2007.
Cara 2 : Klik tombol Start > Run > ketikkan “winword” > Enter.

Pengenalan Interface/Tampilan Word 2007

Pada Microsoft Word 2007 yang muncul, terdapat beberapa tampilan sebagai berikut :

Office Button, Quick Access Toolbar, Title Bar, Tab menu Ribbon, Ribbon, Status Bar, Horizontal Scroll Bar, Vertical Scroll Bar, Document Area   

Berikut ini penjelasan dari bagian-bagian diatas :

Tool                                            Fungsi
Office Button berisi beberapa fasilitas untuk membuat halaman dokumen baru, membuka dokumen yang pernah dibuat, menyimpan, mencetak dan juga tertera daftar dokumen yang pernah dibuat atau dibuka sebelumnya
Quick Access Toolbar yang memudahkan pengguna untuk menggunakan beberapa fasilitas secara cepat, beberapa tool default antara lain : New, Open, Save, Quick Print, Print Preview, Undo, Redo
Tab Menu kumpulan menu utama yang masing – masing berisi sub menu untuk membantu pembuatan dokumen
Title Bar menampilkan nama dokumen yang sedang dibuka
Ribbon menu – menu tool yang ditampilkan sebagai bagian dari setiap menu utama. Sub menu dari masing – masing menu utama
Minimize digunakan untuk meminimalkan jendela kerja
Maximize digunakan untuk memaksimalkan jendela kerja
Close Button digunakan untuk menutup jendela kerja / dokumen yang sedang aktif
Ruler merupakan alat bantu ukur dalam menentukan batas margin, penanda posisi lebar kertas dari jendela kerja
Scroll Bar berfungsi untuk menggeser layar kerja. Jika ingin mengeser ke  kiri atau ke kanan, maka gunakan horizontal scroll bar, dan jika ingin menggeser ke atas atau ke bawah gunakan vertical scroll bar
Document Area merupakan lembar / kertas kerja yang digunakan untuk mengolah dokumen yang dimaksud
Status Bar memberikan informasi mengenai letak insertion point, halaman, section, jumlah halaman, dan bahasa yang digunakan
View Button berfungsi untuk mengubah tampilan dokumen seperti print layout, full screen, web layout, out line, dan draft
Zoom digunakan untuk menentukan ukuran / besar – kecilnya tampilan dokumen dari jendela kerja yang aktif

Mengaktifkan Menu–Menu Pada Microsoft Word 2007

  • Untuk mengaktifkan Menu Home, coba anda klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H, perhatikan ribbon menu yang tampil.
  • Untuk mengaktifkan Menu Insert, coba anda klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil.
  • Untuk mengaktifkan Menu Page Layout, coba anda klik tab Menu Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P, perhatikan ribbon menu yang tampil.
  • Untuk mengaktifkan Menu References, coba anda klik tab Menu References pada tab menu atau tekan Alt+S, perhatikan ribbon menu yang tampil.
  • Untuk mengaktifkan Menu Mailing, coba anda klik tab Menu Mailing pada tab menu atau tekan Alt+M, perhatikan ribbon menu yang tampil .
  • Untuk mengaktifkan Menu Review, coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yang tampil.
  • Untuk mengaktifkan Menu View, coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W, perhatikan ribbon menu yang tampil.
  • Untuk mengaktifkan Menu Design, coba anda klik tab Menu Design pada tab menu atau tekan Alt+J kemudian tekan T, perhatikan ribbon menu yang tampil.
  • Untuk mengaktifkan Menu Layout, coba anda klik tab Menu Layout pada tab menu atau tekan Alt+J kemudian tekan L, perhatikan ribbon menu yang tampil.

Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft Word 2007 

  • Klik Office Buttom > New.
  • Pada Kotak Dialog yang muncul Pilih > Blank Document > klik tombol Create.
  • Untuk membuat dokumen baru dari Templates, pilih pada bagian kelompok Templates, Klik Tombol Create.
  • Pada windows yang muncul, letakkan kursor dimana anda akan mulai mengetik.
  • Kemudian ketikkanlah teks sesuai dengan kebutuhan (ketikan teksnya saja. Untuk fomat dokumennya akan dibahas pada modul selanjutnya).

Menyimpan Dokumen Kerja

  • Setelah teks selesai anda ketik, klik Office
  • Pilih Save atau Save As (untuk menyimpan dengan nama yang beda dengan nama sebelumnya).
  • Pilih Word Document.
  • Pada windows yang muncul, pilih folder Document, ketikkan nama filenya pada File name (Cth. “Belajar Microsoft Word Bagian I”). Pilih Word Document pada Save as type.
  • Klik tombol Save

Menutup Dokumen Kerja

Klik Office Button > Close (Ctrl + W).

                            

Untuk lebih pahamnya, TUKARPIKIRAN.NET sertakan file yang dapat melengkapi pengetahuan Anda semua. Berikut apabila ingin mengunduhnya “Word 2007 Modul 1

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Share on Facebook15Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *