Perbedaan 32 bit dan 64 bit pada Windows

By | January 22, 2017

Ketika model atau jenis mesin pada komputer telah teridentifikasi dengan baik, maka dari situlah Anda dapat mulai mengenal standarisasi yang cocok  yang dapat Anda pasangkan agar dapat lebih maksimal dan kompatibel saat digunakan.

Terdapat 2 macam standarisasi mesin computer, yaitu 32 bit dan 64 bit. Keduanya mempunyai karakter atau batasan kemampuan yang berbeda saat sama-sama di uji dalam pengerjaan proses aritmatika. Dari perbedaan jenis atau model mesin tersebut, Microsoft Windows selaku pengembang meluncurkan 2 versi sistem operasi yang menyesuaikan dengan jenis mesin yang ada tersebut, yaitu Windows 32 bit dan 64 bit. Kapasitas kemampuan kedua jenis Windows tersebut masing-masing telah disesuaikan dengan standarisasi yang semestinya.

Perbedaan yang mencolok pada kedua jenis Windows tersebut terletak pada performa Processor yang mampu di optimalkan. Windows 32 bit memiliki kemampuan untuk mendorong Processor mengolah data dalam level ringan dan terbatas, dikatakan demikian karena kapasitas bit yang dapat digunakan oleh Processor tergolong dalam kategori sedang atau kecil, sehingga kemampuan support terhadap beberapa aplikasi pun juga terbatas, bahkan terkadang kurang mendukung kinerja. Kehandalan 32 bit hanya tergolong mampu beradaptasi pada struktur data sederhana dan kurang mampu untuk dipaksakan untuk memproses aplikasi yang dapat optimal di lingkungan 64 bit.

Sedangkan Processor dengan daya 64 bit nya mampu menghandle berbagai macam jenis pekerjaan, bahkan dapat juga mengcovert proses pada lingkungan 32 bit.

Jika dilihat dari jumlah bit yang tersaji, telah dapat dibedakan seberapa kemampuan masing-masing jenis mesin dan sistem operasi tersebut. 32 dan 64 bit menandakan besaran volume atau ruang pada Processor yang dimiliki untuk proses mengolah data. Mesin 64 bit dapat lebih banyak menampung antrian data saat proses operasi dijalankan, dan hal ini berbeda dengan mesin 32 bit yang hanya memiliki sebagian dari kemampuan mesin 64 bit.

Anda dapat membedakan kemampuan Windows pada mesin 32 bit dengan Windows pada mesin 64 bit dari beberapa hal berikut ini :

  1. Kemampuan Mengidentifikasi dan Mengoptimalkan Besaran Kapasitas RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu unsur penting yang dapat Anda modifikasi, tentu saja harus mengacu pada kemampuan mesin dan sistem operasi yang mendukungnya. Tentu saja Anda tidak dapat memaksakan memasang 2 Memory RAM dengan kapasitas 4 Gb pada Windows 32 bit, jika pun tetap dapat digunakan, maka tidak akan mendapatkan besaran Gb yang Anda inginkan dan dapat terbaca kisaran 3,2 Gb atau bahkan kurang dari itu, hal ini karena terdapat batasan kemampuan mesin dan sistem operasi dalam meng-identifikasi support hardware terhadap lingkungannya.

Berbeda dengan mesin 64 bit yang telah dapat dimodifikasi dengan metode dan sistem kekinian, kapasitas RAM yang mampu disajikan dapat mencapai diatas 4 Gb dengan kelebihan yang dapat didukung oleh masing-masing pengembang. Mengapa demikian, karena meskipun sama-sama berjenis mesin 64 bit, batas ambang atas terhadap kapasitas besaran Gb yang dapat terbaca akan dapat berbeda, akan tetapi yang dapat dipastikan adalah antara 4 Gb keatas.

  1. Kinerja Proses yang ter-Support oleh Processor

Performa tentu saja menjadi hal yang diperhitungkan dalam menghadirkan standarisasi masing-masing komponen. Seberapa besar dapat mendukung Processor dalam menjalankan aktifitas prosesnya, baik dari segi kecepatan yang mampu di hadirkan sampai dengan hitung-hitungan waktu proses yang sangat diharapkan dapat memangkas estimasi kotor dalam proses kerja. Waktu pengerjaan yang cepat dan optimal menjadi model yang mampu dihadirkan oleh mesin 64 bit, tentu saja peran Windows ber-genre 64 bit menjadi salah satu pendukung yang sangat diandalkan untuk mengerjakan level proses ringan sampai dengan berat, dengan telah direstui agar dapat lebih men-support berbagai macam komponen baik Hardware maupun Software terbaru. Sedangkan mesin 32 bit terbatas pada kemampuannya untuk dapat mengoptimalkan kemampuan Processor yang dimilikinya, sehingga hanya berada pada level sedang dengan batasan mengolah data sederhana dan ringan.

  1. Kompleksitas dan kompatibilitas aplikasi ter-support

Tentu Anda telah dapat membayangkan seberapa mampu kedua jenis mesin tersebut dapat men-support aplikasi yang ditujukan pada lingkungan masing-masing. Kedudukan Windows ber-genre 64 bit beberapa langkah dapat meninggalkan level kemampuan yang dimiliki 32 bit.  Windows 32 bit kemungkinan besar tidak akan dapat menjalankan berbagai macam Software aplikasi pada Windows 64 bit, hal ini berbeda jauh karena Windows 64 bit memiliki banyak kemungkinan untuk dapat menjalankan Software aplikasi yang diperuntukkan untuk lingkungan 32 bit.

Dengan kata lain Windows ber-genre 32 bit lebih mendukung Software aplikasi lawas, sedangakan Windows 64 bit selain Software aplikasi lawas, juga telah dapat dikompatibel kan dengan Software aplikasi terbaru.

Demikian beberapa hal yang dapat Anda simak dari kedua genre mesin komputer beserta dengan Windows pendukungnya, dan inti dari perbedaan itu terletak pada kemampuan untuk mendukung performa kerja yang tentu saja diinginkan oleh penggunanya.

Menjadi pertimbangan bagi Anda apabila ingin membeli komputer, mesin dengan genre 64 bit atau 32 bit, tentu saja terserah dengan orientasi dan target kerja yang Anda inginkan.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

Share on Facebook3Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *