Rumus Excel Konversi Nilai Mapel

By | October 8, 2016

konversinilai

Suatu ketika ada seorang rekan yang menanyakan mengenai bagaimana cara dan langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan proses konversi nilai mata pelajaran ke dalam range prestasi A – D. kemudian TUKARPIKIRAN.NET mulai untuk mengotak-atik papan cell excel di kompi, berikut ini konversi nilai ke range prestasi yang di inginkan :

Jika N  95, maka dikonversi ke dalam range A

Jika N  94 dan N  85, maka dikonversi ke dalam A-

Jika N  84 dan N  80, maka dikonversi ke dalam B+

Jika N  79 dan N  75, maka dikonversi ke dalam B

Jika N  74 dan N  70, maka dikonversi ke dalam B-

Jika N  69 dan N  60, maka dikonversi ke dalam C

Jika N  59, maka dikonversi ke dalam D

Setelah beberapa saat, barulah didapatkan sebuah rumus sederhana yang semoga dapat dijadikan sebuah patokan melakukan proses konversi tersebut. Berikut ini rumusnya :

rumus

Pada rumus diatas terdapat inisial cell A4, hal itu merupakan lokasi dimana Anda akan meletakkan nilai asli, misalkan 85. Setelah Anda tekan Enter, selanjutnya secara otomatis rumus akan mengkonversi ke dalam range yang melingkupinya, Anda dapat meletakkan range nilai hasil konversi pada cell lain yang menurut Anda sesuai dan tepat.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

 

Share on Facebook7Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *