Semangat Hari Guru untuk Indonesia

By | November 28, 2016

semangatguru

Guru adalah ujung tombak bagi kemajuan suatu bangsa. Mengapa demikian ?, ditangan merekalah anak-anak bangsa dapat tumbuh dan berkembang serta berprestasi sesuai dengan bidang dan bakatnya masing-masing. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, menjadi kewajiban merekalah arah dan tujuan pendidikan itu dapat disampaikan dengan benar.

Guru memiliki filosofi “Di gugu dan di tiru”, yang mana memiliki arti di dengar dan di tiru segala ilmu dan tingkah lakunya. Medan juang mereka bukan di arena peperangan menggunakan senapan dan meriam, akan tetapi pena dan buku menjadi senjata terampuh untuk mengendalikan dunia. Dunia pendidikan merupakan salah satu bidang utama dari suatu bangsa, dengan hal tersebut dapat tercipta generasi-generasi muda yang unggul dan berprestasi serta dapat saling menghargai dan mengayomi. Tanpa pendidikan yang cukup maka mental anak bangsa akan menjadi rapuh, sehingga akan dapat dengan mudah dijajah oleh feodalisme asing yang bisa jadi bertentangan dengan paham suatu bangsa atau bahkan jauh dari nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab.

Perjalanan sebagai seorang guru tidaklah semulus dan sebahagia yang di kira, guru adalah sosok tegar yang selalu memiliki tujuan dan niatan mulia yang mana di dalam aral rintangan dan gejolak tak menentu mereka berjalan dan terus bertahan. Tak sedikit dari mereka menjadi objek penderita sebelum tujuan mereka tersampaikan dan terwujud, akan tetapi hal itu cukup membuktikan kepada dunia bahwa perjuangan sebagai guru penuh dengan dedikasi dan niatan mulia, hanya kepada Tuhan-Nya lah mereka serahkan segala sesuatunya.

Guru tidak membutuhkan sanjungan dan pujian, yang mereka inginkan hanyalah jika seandainya anak-anak bangsa ini dapat memiliki ideologi positif, memiliki ketrampilan dan pola pikir yang cemerlang, terlebih lagi jika dapat berprestasi sehingga dapat mengangkat nama bangsa dimata internasional, sehingga di esok hari dapat meneruskan cita-cita bangsa ini, cita-cita para pahlawan agar Indonesia tetap jaya hingga nanti

Untuk para guru, dengan semangat hari guru tahun ini, semoga dedikasimu tetaplah sempurna, semoga derajatmu tetaplah mulia, dan semoga jasa-jasamu menjadi amal baik dihadapan Tuhan Yang Maha Esa

Wahai guru, engkaulah sosok mulia..

Wahai guru jasamu tiada tara..

Wahai guru, anak-anak bangsa menaruh hormat kepadamu..

Wahai guru engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa…

Dunia akan tetap tersenyum kepadamu hingga akhir masa pengabdianmu.. untuk Indonesia Jaya…

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

 

Share on Facebook4Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *