Setting Mail Merge pada Office Word 2007

By | June 23, 2016

Tidak asing lagi jika Anda mendengar mengenai Office Word salah satu bagian dari produk Microsoft ini, segala aktifitas surat-menyurat, mendokumentasikan laporan kegiatan, serta aktifitas mengetik lainnya dapat Anda kerjakan menggunakan aplikasi kantor ini. Pada kesempatan kali ini TUKARPIKIRAN.NET ingin membagi perihal langkah-langkah untuk mem-format data dalam bentuk Mail Merge.

  1. Untuk mengawali, silakan buat sebuah format dokumen utama sederhana sebagai frame peletakan data, lihat contoh berikut :

form mail merge

    Simpan dokumen tersebut  dengan nama “formulir daftar lomba

  1. Setelah itu silakan Anda sorot tab menu, dan pilih “Mailings”, perhatikan pada tab ribbon “Start Mail Merge”. Silakan pilih dan klik opsi “Start Mail Merge”. Setelah Anda klik opsi tersebut, maka akan muncul sub opsi dropdown berikutnya, dan silakan pilih “Step by Step Mail Merge Wizard..

step by step

  1. Dari sini akan muncul kotak dialog Mail Merge disebelah kanan. Pada bagian Select document type pilih “Letters”, kemudian pilik “Next : Starting Document”. Lihat Step 1.

Pada step berikutnya Select starting document, lalu pilih opsi “Use the current document” dan “Next : Select recipients”.

Pada step ke -3 silakan pilih opsi “Use an existing list”, selanjutnya pada bagian Use an existing list klik Browse, dan silakan pilih kumpulan data yang akan Anda gunakan untuk diproses pada dokumen utama. Dalam hal ini TUKARPIKIRAN.NET menggunakan data dari file Office Excel yang struktur field-nya telah disesuaikan dengan dokumen utama sebagai tempat peletakan data sumber tersebut.

Setelah selesai menyeleksi data sumber, silakan tekan tombol Ok sampai pada Step berikutnya

step

  1. Pada step 4, Write your letter, pilih “More items”. Dari opsi tersebut, akan muncul kotak dialog yang berisi field-field yang akan Anda insert / masukkan ke dalam dokumen utama. Setelah selesai tekan “Next : Preview your letters”.

step2

Pada step ke-5, Anda dapat melihat tampilan data-data yang telah di-inputkan secara bergantian, dapat juga Anda edit data tersebut pada bagian “Edit recipient list..”. Jika ingin mencetak data, silakan tekan “Next : Complete the merge”. Pada tampilan step ke-6 Anda dapat mencetak data satu persatu dengan tombol seleksi kanan-kiri pada bagian atas tersebut

step3

  1. Pada step ke-6 berarti Anda telah berhasil dan selesai melakukan pengaturan Mail Merge, silakan mencoba semoga berhasil

 

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan silakan Anda tinggalkan pada kolom komentar yang telah tersedia

Share on Facebook12Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *