Tips Aman Cabut USB Disk dengan USB Disk Ejector

By | November 20, 2016

usb-disk-ejector-cover

Penggunaan USB Disk, baik itu flashdisk maupun hard disk eksternal telah menjadi gaya standar pencari data elektronik dewasa ini. Lalu lintas data yang terjadi sangatlah padat sehingga terkadang tata cara menggunakannya pun terabaikan.

USB Disk memiliki metode pemakaian tersendiri, penggunaan yang kurang tepat pada alat ini dapat mengakibatkan kerusakan pada input output device nya, sehingga proses pembacaan data tidak dapat dilakukan dikarena kan bagian hardware USB Disk yang bertugas untuk membaca dan merekam data tidak dapat berfungsi dengan baik, bahkan mengalami kerusakan total, akibatnya data-data yang telah tersimpan di dalam flashdisk tidak dapat digunakan kembali.

Secara umum beberapa sistem operasi telah memiliki pola yang hampir sama untuk melakukan removing USB Disk. Pada Windows sendiri ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melakukannya, seperti menggunakan icon notificationSafely Remove Hardware and Eject Media” yang berada pada pojok kanan bawah taskbar berikut ini

icon-notification-taskbar

Bisa juga Anda lakukan eject pada lingkungan Windows Explorer

eject

Kedua kondisi di atas akan berbeda apabila Anda mengoperasionalkan harddisk eksternal, karena di beberapa kondisi USB Disk jenis ini tidak ter-support oleh kedua cara di atas. Sehingga banyak ke khawatiran dari pengguna apabila cara me-remove nya langsung dengan mencabutnya, tentu hal itu beralasan. Ketakutan dan ke khawatiran akan kehilangan data di akibatkan kerusakan harddisk, dikarenakan tidak dilakukan dengan cara yang benar dan safety.

Dari alasan penting tersebut maka terdapat salah satu solusi untuk mengatasinya, solusi agar tetap dapat melakukan removing USB harddisk dengan benar dan aman. USB Disk Ejector, sebuah aplikasi ringan tapi tidak murahan yang dapat membantu mengatasi dan mengurangi ke khawatiran Anda pada saat ingin me-removing USB harddisk.

Dengan ekstensi .exe yang memudahkan Anda untuk dapat langsung meng-eksekusinya. Tinggal double click kiri maka aplikasi ini langsung berjalan di Windows Anda, bagaimana cara melakukannya berikut ini langkah ringan dan mudah yang dapat Anda lakukan sendiri

Setelah USB harddisk Anda telah tercolok pada port usb, maka Windows akan mendeteksinya sebagai Removable Device, sehingga dianggap sebagai piranti luar portable. Apabila kebutuhan Anda menggunakan USB Disk tersebut dirasa cukup, maka Anda dapat langsung menjalankan USB Disk Ejector dengan double click kiri, maka aplikasi ini akan mendeteksi setiap removable device yang tercolok ke port usb PC atau laptop

Berikut ilustrasinya :

Setelah muncul tampilan dari USB Disk Ejector, maka akan tampil daftar Removable Device yang tercolok

usb-disk-ejector-awal

Jika sudah selesai dalam menggunakan USB harddisk, maka untuk melepas atau me-removing USb harddisk Anda tersebut silakan double click atau tekan tombol “Enter”. Cukup mudah bukan untuk melakukannya..

eject-usb-harddisk

Untuk memudahkan Anda pada saat melakukan removing usb disk, maka Anda dapat melakukan penyetingan pada USB Disk Ejector agar menjadi lebih simpel dan mudah dilakukan. Cukup menekan tombol F1 atau F2, usb disk yang tercolok pada port usb telah berhasil Anda eject, mudah bukan …

Berikut langkah yang dapat Anda lakukan

Pada tampilan USB Disk Ejector, pilih dan klik menu “More >>> “ yang berada pada kiri bawah tampilan. Kemudian pilih sub menu “Option”.

setting-usb-disk-ejector

Lakukan penyetingan berikut

setting-usb-disk-ejector-2

Jika sudah selesai tekan tombol “Ok”

Sekarang Anda dapat hanya dengan menekan F2, maka USB Disk telah dapat di remove atau eject dengan mudah dan aman

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

Share on Facebook6Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *