Tips Cermat Menulis Artikel Blog

By | October 29, 2017

Menulis merupakan sebuah hal yang menarik bagi sebagian orang, tatkala seorang tersebut memiliki ide-ide kreatif untuk dikembangkan, inspirasi-inspirasi positif untuk dibagikan kepada banyak orang, maka disitulah terletak solusi-solusi bagi permasalahan yang dihadapi.

Kegiatan menulis selain memang telah menjadi bakat alam, juga dapat ditumbuhkan atau dipelajari secara perlahan. Menulis terkadang membutuhkan intuisi atau imajinasi yang datang tanpa dipikirkan sebelumnya, datang secara tiba-tiba dan dapat menginspirasi untuk diwujudkan dalam bentuk tulisan.

Menulis dapat juga diartikan sebagai proses bertukar pengalaman atau pikiran dari suatu hal yang pernah terjadi atau dialami oleh seseorang baik yang telah direncanakan ataupun yang datang secara tidak sengaja, yang kesemuanya mengandung pelajaran dan motivasi untuk dibagikan kepada orang lain agar orang lain dapat memahami apabila dihadapkan pada kondisi-kondisi si penulis tersebut.

Blog adalah sarana tepat untuk dapat menyalurkan kreatifitas dan bakat menulis dalam rangka proses berbagi kepada sesama. Blog merupakan alternatif tepat bagi Anda untuk menunjukkan sesuatu yang ingin Anda sampaikan baik itu segi positif maupun negatif yang mana kesemuanya tersebut dapat menjadi jalan keluar bagi sebagian dari pembaca.

Dari pengalaman yang telah terlewati, TUKARPIKIRAN.NET ingin berbagi mengenai tips cermat bagi Anda tentang bagaimana dapat menulis artikel blog dengan baik, yang mana artikel merupakan bagian dari konten sebuah blog :

  1. Tentukan judul artikel sesuai dengan tema blog

Sebuah artikel akan lebih memiliki kejelasan maksud dan tujuan jika Anda melengkapinya dengan judul. Seandainya Anda mempublikasikan sebuah artikel tanpa judul, maka pembaca bisa jadi tidak akan terlalu merespon meskipun artikel tersebut memiliki struktur kata yang baik. Hal lain yang dapat terjadi adalah Search Engine tidak akan menampilkannya pada saat pembaca mencari sebuah topik artikel meskipun artikel Anda tersebut sebenarnya memiliki topik yang sejenis bahkan sama. Judul memiliki peranan penting dalam terbitnya sebuah artikel, jadi silakan Anda lengkapi sebagus mungkin, usahakan dapat memiliki rating SEO yang banyak dicari.

  1. Tentukan kerangka berpikir atau kerangka artikel (point penting)

Sebuah artikel yang baik akan memiliki benang merah atau keterkaitan antar paragraf. Kerangka artikel atau dapat disebut juga sebagai kerangka berpikir merupakan sebuah teknik jitu bagi Anda untuk dapat mengarahkan dan mengatur tata penyampaian artikel supaya lebih terstruktur, sesuai alur dan mudah untuk dipahami pembaca. Alur serta struktur penyampaian yang berantakan dan seadanya tidak ada jaminan dapat disukai oleh pembaca, bahkan terkesan membosankan dan tidak berkualitas, meskipun membahas sebuah pengalaman yang telah terjadipun seakan-akan kurang dapat meyakinkan pembaca.

Kerangka membantu Anda untuk tampil meyakinkan dan istimewa, maka silakan hal ini menjadi perhatian sebelum Anda memulai sebuah tulisan.

  1. Mengembangkan setiap kerangka baik dengan model penelitian maupun imajinasi / intuisi

Setelah kerangka artikel siap, maka langkah berikutnya adalah mengembangkannya. Isi dari sebuah kerangka terletak dari seberapa mampu untuk menorehkan setiap huruf sampai baris kata dari imajinasi dan pengalaman serta keahlian Anda tersebut, yang pastinya juga akan dipengaruhi oleh jam terbang menulis sampai detik Anda saat itu. Kemampuan mengembangkan imajinasi dapat Anda pelajari perlahan tapi pasti asalkan aktifitas menulis terus Anda lakukan, karena dengan begitu Anda akan dilatih untuk menjadi seorang yang terlatih dan mahir. Salah satu model atau teknik lain untuk mengembangkan kerangka artikel adalah mengandalkan hasil penelitian atau studi lapangan, dari hasil inilah penulis dapat memberikan pengalaman riset nya , sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca lain yang menginginkan topik yang sama.

  1. Memberikan perbandingan

Langkah yang tidak pasti dilakukan untuk menulis sebuah artikel adalah memberikan perbandingan baik berupa point nilai maupun perbedaan diantara beberapa jenis barang atau sifat yang diangkat dalam sebuah artikel, misalnya jika Anda mengangkat tema mengenai komputerisasi, sedangkan judul yang Anda gunakan sebagai berikut “Melirik kemampuan dua raksasa produsen komputer X dan Y”, maka dengan sendirinya Anda akan digiring pada sebuah opini untuk melakukan studi pasar dan studi kasus dari para penggunanya, sehingga akan terjadi sebuah proses membandingkan antara produk X dan produk Y, dan dari sinilah Anda akan mengajak pembaca untuk memberikan asumsi positif dan negative dari kedua produk komputer keluaran terbaru tersebut.

Pada artikel yang tidak membutuhkan langkah ini, maka Anda dapat melewatinya, karena hal ini didasarkan pada kondisi-kondisi tertentu saja.

  1. Menyertakan definisi atau resume artikel

Apabila keseluruhan mekanisme diatas telah rampung Anda kerjakan, maka langkah selanjutnya adalah memberikan definisi atau resume dari awal hingga akhir judul yang Anda angkat, sehingga pembaca dapat Anda ajak untuk menentukan sekiranya point apa sajakan yang dapat dipetik dari artikel tersebut, yang nantinya dapat menjadi sebuah solusi atau tambahan wawasan untuk mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi.

 Setiap Anda pastinya memiliki teknik tersendiri, setiap Anda tentunya memiliki keahlian yang berbeda untuk menjadikan setiap tulisan berbobot dan berkualitas, semoga yang sederhana ini dapat menjadi penghangat suasana menulis diruang Anda.

Tips cermat menulis artikel blog ini ditulis dari hasil pengalaman menulis artikel selama ini, semoga setiap point yang tersaji dapat memberikan informasi serta petunjuk untuk memperbaiki teknik dan kualitas tulisan Anda berikutnya.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

Share on Facebook8Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *