Tips Memotong File Menjadi Beberapa Bagian Menggunakan HJSplit

By | November 3, 2017

 

Selamat berjumpa, semoga Anda sekalian dalam keadaan yang baik dan menyenangkan. Kesempatan kali ini TUKARPIKIRAN.NET ingin berbagi tips sederhana mengenai cara memotong file menjadi beberapa bagian dengan menggunakan sebuah software aplikasi. Dalam beberapa kesempatan bisa saja Anda terlupakan membawa disk dengan kapasitas cukup untuk menampung sebuah file dalam ukuran yang besar, hanya sebuah USB Flashdisk dengan ukuran kecil yang ada, terpaksa bisa jadi Anda meminjam disk rekan untuk mencukupi sisa ukuran file agar dapat Anda copy semuanya. Sebuah ide sederhana untuk membagi file menjadi beberapa bagian adalah sebuah solusi untuk dapat membawanya pulang, tetapi bagaimana langkah yang dapat dilakukan untuk hal tersebut ?.

Sekarang Anda dapat memotong atau membagi file tersebut dengan menggunakan sebuah software aplikasi bernama HJSplit, dengan besaran pembagian per bagiannya sesuai dengan keperluan Anda.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengerjakan hal tersebut :

  1. Tentukan file mana yang akan Anda bagi menjadi bagian-bagian kecil tersebut
  2. Jalankan aplikasi HJSplit untuk memulai proses pemotongan

Dari ilustrasi gambar diatas, silakan Anda sorot dan pilih bagian Split

  1. Selanjutnya dari proses diatas akan memunculkan kotak dialog seperti dibawah ini

Silakan sorot dan pilih bagian Input File, pilih dan tetapkan file yang akan Anda bagi tersebut. Bagian diatas merupakan ilustrasi yang dapat Anda contoh. Tentukan ukuran file untuk setiap potong file tersebut pada bagian Split file size, sebagai contoh pada ilustrasi kami menetapkan 650 Mb untuk setiap potong file. Selanjutnya silakan tekan tombol Start.

Silakan tunggu beberapa saat sampai dengan selesainya proses …

  1. Setelah proses membagi atau memotong selesai, berikut ini tampilan ilustrasi file hasil proses potong tersebut :

Selepas itu silakan Anda kumpulkan masing-masing file pada Disk yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

Share on Facebook5Share on Google+0Tweet about this on Twitter0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *