Tips Mengatur Kualitas Terbaik saat Menonton Youtube

By | January 23, 2019

Dewasa ini media sosial Youtube menjadi trend kekinian untuk menunjukkan berbagai macam wacana segi kehidupan baik dari kalangan elite sampai kaum kecil, dari kota sampai ke pelosok negeri yang notabene nya orang pinggiran, dimana terkadang nilai-nilai putih dan hitam saling beradu dan berperan memberikan tontonan yang berupa warna, dimana sisi edukasi positif dan yang tanpa kontrol dapat dijumpai. Kesemuanya itu dikembalikan kepada para pengguna, bagaimana langkah untuk mem-filter diri, sehingga dari Youtube mendapatkan berbagai tontonan yang mendidik dan mengedukasi positif.

Banyak konten-konten yang menginspirasi dan memberikan wacana baru kehidupan, sehingga sebagai pengguna sosial media ini kita dapat belajar banyak dari orang lain, kreatifitas, dan pengalaman sosial yang unik dan langka

Pada kesempatan kali ini TUKARPIKIRAN.NET ingin berbagi mengenai bagaimana tips cerdas untuk mendapatkan tontonan dengan resolusi terbaik (HD) saat menggunakan layanan video Youtube ?. Kualitas terbaik ini (HD) akan dipengaruhi dari file video sumber yang ter-upload sebelumnya, tentunya mengenai bagaimana kualitas video yang dihasilkan oleh pemilik video saat proses pembuatannya. Pada tips ini, kami mengklasifikasikan kualitas video HD, sehingga saat Anda menyaksikan video tersebut dapat sesuai dengan kualitas sebenarnya, hal ini dikarenakan pengaturan tayang pertama kali (sebelum dikonfigurasi ulang) akan memberikan resolusi standar yaitu 360p atau dibawahnya lagi yaitu 144p. Untuk mendapatkan kualitas video HD, maka resolusi minimal yang harus Anda gunakan adalah 720p, tampilan video akan terlihat lebih jelas dan jernih, sehingga menjadi menyenangkan untuk ditonton

Berikut ini tips dan ilustrasi sederhana yang dapat Anda lakukan secara manual, selamat menyimak :

Perangkat seluler

Anda dapat menyesuaikan kualitas video HD saat menonton tayangan di perangkat seluler :

  1. Pada antarmuka video player (Youtube), silakan pilih Lainnya

  1. Kemudian sorot dan klik tab Kualitas (Quality)

  1. Pilih kualitas video yang diinginkan (Auto, 144p, 240p, 360p, 480p, dan 720p). Untuk mendapatkan hasil video dengan kualitas HD, maka silakan pilih dan gunakan resolusi yang tinggi yaitu 720p. Sebagai tambahan informasi, bahwa memilih video berkualitas lebih rendah (seperti 240p dan 360p) akan membuat video dimulai lebih cepat saat pertama kali diputar, akan tetapi dengan kualitas standar, sehingga akan terlihat seperti buram atau blur. Pemutar video akan mengingat pengaturan yang Anda lakukan untuk video selanjutnya yang Anda putar

Komputer (PC atau Laptop)

Pada antarmuka video player (Youtube), silakan pilih SetelanAnda dapat menyesuaikan kualitas video HD saat menonton tayangan di perangkat komputer PC atau Laptop :

  1. Kemudian sorot dan klik menu Kualitas (Quality)
  2. Pilih kualitas video yang Anda diinginkan, dalam hal ini 720p

3. Pilih kualitas video yang Anda diinginkan, dalam hal ini 720p

Terdapat beberapa faktor penentu apakah sebuah video cocok dan dapat Anda putar menggunakan resolusi tinggi (kualitas HD) atau tidak. Berikut ini beberapa faktor yang menentukan kualitas video tersebut:

  1. Kecepatan koneksi Internet yang digunakan : Koneksi internet yang bagus dan stabil tentunya akan mudah untuk mendapatkan tontonan dengan kualitas HD, karena hal tersebut sangat mendukung sekali penggunaan resolusi tinggi. Apabila koneksi internet yang digunakan lambat, maka dapat Anda bayangkan bagaimana hasilnya bukan ?
  1. Ukuran antarmuka (aplikasi) pemutar video (lebar layar) : Semakin tinggi resolusi atau kualitas video, maka biasanya akan menghasilkan kualitas tontonan yang lebih baik di layar yang lebih besar dan lebar tersebut
  2. Seberapa kualitas video asli yang di unggah : apabila proses pembuatan video direkam dalam kualitas standar, maka video tersebut tidak cocok apabila diputar atau tonton dalam kualitas HD (resolusi tinggi)

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *