Cara Membuat Iklan Blog di Adsense Google

By | July 20, 2018

Google Adsense, bagi seorang Blogger siapa yang belum mengenalnya ?, mendominasi hampir semua telah berupaya untuk mendapatkan Approvement nya. Google Adsense sendiri merupakan sebuah ladang dollar yang efektif bagi sebuah weblog. Google sebagai sebuah mesin pencarian telah menyita sebagian besar pengguna internet, khususnya di dunia internet marketing memiliki peranan penting untuk menggerakkan sendi-sendi ekonomi kreatif, industri dan masih banyak lagi yang dapat dijangkau dengan menggunakan fungsinya.

Banyak para penggerak bisnis usaha berpendapat bahwa memasarkan suatu produk dari hasil industri mereka adalah dengan langkah mengoptimal internet sebagai jalur luas yang menjangkau hampir semua daerah didunia ini, maka salah satu pilihan jatuh pada Google sebagai sebuah mesin pemasar yang telah merajai dunia pencarian di dunia. Menggunakan lini teknologi asuhannya, maka Google memperkenalkan Adsense sebagai sebuah motode promosi yang banyak diincar oleh penggerak ekonomi, baik Advertiser (pemasang iklan) maupun Publisher (Blogger). Google sebagai pihak ketiga menjadi sebuah translator (penghubung) antara kedua pihak tersebut, yang mana kedua pihak tersebut terhubung dalam sebuah perjanjian kerja yang mana dapat saling menguntungkan.

Untuk menjadi seorang Publisher yang dipercaya oleh Google (Adsense) tidaklah semudah yang dibayangkan. Bagi masing-masing Blogger mestinya memiliki cerita yang berbeda, setidaknya berbeda tipis. Approvement yang dikeluarkan Google tidaklah sembarangan, hal ini tentunya telah menjadi ketentuan dan aturan yang telah dibuat, maka bagi Anda (seorang Blogger) yang telah berhasil mendapatkan Approvement dan dapat mulai menayangkan iklan pada halaman blog, maka berikut ini TUKARPIKIRAN.NET membagikan kepada Anda langkah-langkah untuk membuat sebuah iklan yang akan tertayang pada halaman blog Anda :

  1. Silakan login pada halaman Google Adsense, dengan menggunakan Account Adsense Anda masing-masing. Silakan kunjungi alamat https://www.google.com/adsense/start/ , kemudian pilih menu “Sig in” pada pojok kanan atas tampilan website

  1. Setelah berhasil login, maka Anda akan menemukan tampilan awal Dashboard dari Adsense, sebagai berikut :

 

Sorot menu  “My ads”, kemudian silakan lakukan beberapa konfigurasi dan penentuan unitnya.

  1. Klik Submenu “Ad units”, untuk melakukan langkah setting konfigurasi dan unit iklan yang akan Anda tampilkan pada laman blog.

Silakan sorot dan klik tombol “New ad unit” untuk mulai melakukan konfigurasi pembuatan unit iklan baru. Selanjutnya silakan pilih tipe iklan yang Anda inginkan, terdapat beberapa pilihan diantaranya : iklan berupa teks dan gambar (Text & display ads), Matched Content, iklan berupa umpan baik daftar artikel atau berita, serta umpan produk maupun layanan (In-feed ads), dan juga In-article-ads.

Dalam praktik kali ini TUKARPIKIRAN.NET menggunakan tipe “Text & display ads”.

Silakan klik tombol “Select” pada tipe yang Anda inginkan.

  1. Selanjutnya silakan mulai mengisi informasi konfigurasi pembuatan unit iklan. Berikan nama unit yang sesuai Anda, sebagai contoh “main_ads_1” (hal ini dimaksudkan karena iklan akan ditempatkan dibagian utama blog). Selanjutnya silakan pilih bentuk dan ukuran iklan yang diinginkan (disarankan untuk memilih “Recommended”), berikut ilustrasinya :

  1. Langkah selanjutnya adalah menentukan tipe penayangan iklan Anda, dalam hal ini “Text & display ads” menjadi pilihan yang disarankan.

 

  1. Memilih tulisan dan gaya iklan menjadi langkah yang dapat Anda setting, jika tidak berkenan untuk mengubah konfigurasinya, maka silakan tetap pada pilihan “Default

  1. Custom channel menjadi sebuah solusi untuk menentukan jalur apa saja yang akan termasuk pada unit iklan baru Anda tersebut. Silakan klik tombol “Create new custom channel” dan isikan opsi sesuai dengan maksud Anda terhadap unit iklan tersebut, sebagai contoh pada ilustrasi adalah Computer, enterpeneurship, Inspirations, dan Internet. Kemudian silakan pilih dari beberapa filter items channel yang tersedia untuk Anda sertakan pada informasi channels (klik tombol “include”).

  1. If no Avilable, pada opsi ini silakan Anda gunakan pengaturan Default nya saja, setelah itu silakan klik tombol “Save and get code

Langkah terakhir adalah menempatkan atau memasang code dari unit iklan yang sudah Anda buat tadi. Silakan sesuaikan peletakannya seteratur dan serapi mungkin agar tidak terlihat dan terkesan berantakan, yang pastinya yang dapat dengan mudah dibaca pengunjung blog Anda, sehingga pengunjung juga dapat berperan sebagai penyumbang pundi-pundi rupiah ataupun dollar direkening Anda.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *