Instalasi Prestashop untuk Toko Online Anda

By | February 14, 2016

Prestashop merupakan sebuah CMS yang dikhususkan bagi Anda yang ingin membangun sebuah toko online sendiri. Prestashop juga menyediakan layanan atau fasilitas berbayar yang tentunya memberikan beragam fitur yang berfungsi untuk lebih meningkatkan power toko online di mata konsumen Anda. Tetapi tenang, Anda juga dapat menikmati layanan free dari prestashop, untuk membangun toko Anda. Dengan maksud untuk mempromosikan beragam fitur dari produk tersebut, pihak prestashop juga menyediakan failitas customer support apabila memiliki kendala atau semua yang berkenaan dengan produk prestashop.

Proses instalasi prestashop kali ini dilakukan menggunakan web service local (XAMPP), hal ini akan sama saja jika Anda melakukannya di CPanel Hosting, hanya letaknya saja yang berbeda. TUKARPIKIRAN.NET menggunakan rilis terbaru dari prestashop yaitu, versi 1.6.1.4. Berikut dan silakan menyimak :

  1. Ekstrak file 6.1.4.zip yang telah Anda download

ekstrak

  • Kasus kali ini TUKARPIKIRAN.NET membuat sebuah folder bernama “tokoku” yang terletak di direktori “htdocs” untuk mengekstrak file tersebut.
  • Setelah ter-ekstrak hapus semua content, kecuali folderprestashop”. Pindahkan semua isi content dari folder “prestashop” keluar folder tersebut, yaitu di foldertokoku

ekstrak2

  1. Aktifkan Apache dan Mysql

xampp

  1. Buka web browser andalan Anda, lalu panggil alamat toko yang telah ter-ekstrak tadi, yaitu “localhost/tokoku/”. Setelah Anda eksekusi alamat tersebut, maka secara otomatis akan di redirect ke alamat “localhost/tokoku/install/”.

redirect

  1. Selanjutnya adalah mulai dengan proses instalasi (konfigurasi) toko online. Diawali dengan memilih bahasa yang akan Anda gunakan sebagai pengantar promosi toko.

bahasa

  • Pilih bahasa yang Anda inginkan, dalam hal ini TUKARPIKIRAN.NET menggunakan pilihan bahasa “Indonesia”. Setelah itu klik tombol “Berikutnya”.
  1. Selanjutnya isi Perjanjian Lisensi dengan memberikan tanda cek pada kolom yang tersedia, untuk melanjutkan klik tombol “Berikutnya”.

lisensi

  1. Pada bagian Kompabilitas sistem dan Informasi toko, Anda diminta untuk mengisi data tentang toko, mulai dari nama toko, jenis produk dan sampai pada data akun Anda. Semua harap diisikan sesuai dengan identitas rencana toko yang ingin Anda bangun. Setelah semua lengkap dan benar, selanjutnya klik tombol “Berikutnya”.

kompabilitas

  1. Langkah berikutnya adalah Konfigurasi sistem, di dalamnya akan berisi data mengenai Alamat server database, nama database, user dan password database (password diisi sesuai dengan password database mysql masing-masing), serta tabel prefix. Selanjutnya dapat melakukan tes koneksi ke database, jika database belum Anda buat, maka akan muncul kotak dialog untuk membuat database secara otomatis.

konfig sistem

  • Jika berhasil membuat database dan melakukan tes koneksi, maka berikutnya adalah klik tombol “Berikutnya”.
  1. Proses berikutnya adalah “Instalasi toko”, dimana dalam step ini akan dibuat file setting.inc, membuat table database, toko dan bahasa, mengisi tabel dari database, konfigurasi toko, install data untuk demo, install modul, install modul Addons, dan yang terakhir adalah install theme.

instalasi toko

Setelah proses instalasi dan konfigurasi selesai Anda lakukan, jangan lupa untuk menghapus folder install yang ada di Cpanel hosting dan toko siap untuk Anda kelola.

selesai

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Selamat mencoba….

Jika menginginkan file PDF dari artikel ini, silakan Download Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *