Langkah Mudah Membuat Akun Paypal

Posted on

Seperti yang sama-sama kita ketahui, dewasa ini teknologi telah menjadi urat nadi pada semua sektor kehidupan manusia, memberikan andil besar untuk melahirkan banyak solusi atau jalan keluar, mendatangkan kemudahan-kemudahan yang senantiasa dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas, seperti pada teknologi bidang jasa keuangan berikut ini.

Apa itu Paypal ?

Sebut saja Paypal, betul, PayPal merupakan layanan pembayaran online yang memungkinkan individu dan perusahaan mentransfer uang secara elektronik. Anda dapat mengirim, menerima, dan menyimpan dana dalam berbagai mata uang di seluruh dunia.

Paypal menjadi sebuah fenomena transaksi dana dengan catatan memiliki pengguna yang lumayan banyak diseluruh dunia, dengan lebih dari 400 juta pengguna aktif di seluruh dunia, PayPal adalah salah satu penyedia layanan pembayaran yang paling diakui dan tepercaya, hal ini karena waktu proses yang cepat dan efisien.

Apakah peran Paypal ?

Sebagai jasa transfer uang elektronik, PayPal hadir menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas. Tidak hanya itu, PayPal juga sering digunakan untuk melakukan aktifitas belanja online seperti pada marketplace global, yaitu eBay dan Amazon, senada juga dapat untuk melakukan transaksi dengan agoda, asos dan juga Jomashop. PayPal menawarkan beragam solusi sehingga Anda dapat menerima pembayaran lebih mudah dan aman ketika melakukan transaksi, baik lewat toko online Anda maupun secara langsung melalui email. Proses pendaftaran akun PayPal juga cukup mudah untuk dilakukan, bahkan Anda dapat membuat/ mendaftar akun PayPal tanpa kartu kredit.

Cara kerja Paypal

Cara kerja Paypal tidaklah rumit, konsep utamanya adalah mempertemukan antara pembeli dan penjual, sehingga dapat mengurangi langkah-langkah, biaya, dan kekacauan atau kesalahan, bahkan kecurangan.

  1. Pembeli melakukan transaksi pembelian melalui Paypal, baik pada eBay, atau toko online
  2. Biasanya, penjual menerima pembayaran di dalam rekening Paypal mereka dalam hitungan menit
  3. Paypal tidak mengenakan biaya pada saat Anda melakukan proses pembayaran. Anda hanya akan dikenakan biaya ketika menjual barang atau meminta pembayaran.
  4. Paypal telah bekerja sama dengan bank setempat dan bank di luar negeri, sehingga Anda dapat tetap menggunakan kartu kesayangan Anda dan terus mendapatkan reward.
  5. Belanja menggunakan PayPal menjadi lebih aman berkat adanya fasilitas perlindungan bagi pembeli, fitur pemantauan anti-penipuan 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan sistem keamanan kelas dunia sudah cukup memberikan bukti bahwa Paypal memang mendukung aktifitas keuangan Anda.

Cara membuat akun Paypal ?

  1. Silakan kunjungi halaman situs resmi dari Paypal apabila Anda menggunakan piranti Laptop maupun PC

Seperti berikut ini apabila meng-install Paypal dengan menggunakan Android

Silakan tombol “Install” untuk melanjutkan proses instalasi.

  1. Silakan pilih jenis rekening Paypal yang Anda inginkan

Pada kasus ini, kami memilih jenis “Rekening Pribadi”, selanjutnya tekan tombol “Berikutnya”. Dalam jenis rekening pribadi ini kami contohkan untuk memilih opsi “Penjual Individu / Freelancer”, dan dilanjutkan dengan menekan tombol “Berikutnya”.

  1. Langkah selanjutnya adalah memasukkan alamat “e-Mail” untuk validasi pendaftaran, dan tekan tombol “Berikutnya”.

  1. Selanjutnya Anda diminta untuk memasukkan nomor kontak/ telepon, dan hal ini sifatnya wajib diisi, selain untuk validasi juga digunakan untuk pengiriman kode OTP untuk proses pendaftaran berikutnya.

Setelah memasukkan nomor kontak tersebut, pihak Paypal akan segera mengirimkan kode OTP ke nomor tersebut sebanyak 6 karakter. Pengiriman dilakukan melalui pesan singkat (SMS), segera masukkan kode tersebut untuk melanjutkan proses selanjutnya.

Setelah kode OTP diverifikasi benar, secara otomatis, proses akan dilanjutkan dengan permintaan untuk membuat kata sandi baru, dengan Panjang karakter antara 8 sampai dengan 20 karakter. Silakan gunakan 2 karakter berupa huruf, atau angka, ataupun juga simbol. Kemudian tekan tombol “Berikutnya”.

  1. Proses selanjutnya adalah Anda diminta untuk memasukkan data Informasi pribadi sesuai dengan ID resmi yang Anda miliki pada formulir yang telah disediakan, kemudian tekan tombol “Berikutnya”.

Silakan isikan data Kewarganegaraan Anda, Nama Depan, Nama Belakang, Jenis ID, Nomor ID, dan juga Tanggal Lahir. Selanjutnya tekan tombol “Berikutnya”.

  1. Setelah hal tersebut, Anda diminta untuk memasukkan data alamat, sekaligus memberikan pernyataan telah membaca, menerima dan menyetujui atas Kesepakatan Pengguna dan Pernyataan Privasi Paypal yang harus Anda sampaikan dengan memberikan tanda centang pada point yang disediakan. Kemudian diteruskan dengan menekan tombol “Setuju dan Buat Rekening”.

  1. Selanjutnya pada pernyataan “Apa yang ingin Anda Coba terlebih dahulu ?”, apabila Anda tidak ingin berbelanja maupun melakukan pembayaran, silakan tekan tombol “Jangan sekarang”.

  1. Selanjutnya Anda diberikan pilihan untuk menghubungkan kartu debit atau kartu kredit yang Anda maksudkan. Pada langkah ini silakan Anda pilih opsi untuk tidak mengaturnya saat ini, dengan menekan tombol “Jangan sekarang”.
  2. Kemudian Anda akan diberikan tampilan halaman Dashboard setelah berhasil melewati beberapa langkah pengisian data dari awal tadi.

  1. Sinkronisasi data dapat Anda lanjutkan dengan menambahkan data kartu dan bank yang ingin Anda gunakan untuk melakukan transaksi-transaksi kedepan. Silakan pilih bagian “Tambahkan kartu dan bank”, seperti yang telah dilingkari warna merah pada gambar. Selanjutnya silakan pilih opsi “Hubungkan rekening bank” pada form yang akan muncul.
  2. Silakan isikan data Nama Bank, Kode Bank (akan diisikan secara otomatis, setelah Anda memilih Nama Bank yang dimaksud), dan Nomor Rekening Bank tersebut. Langkah selanjutnya silakan tekan tombol “Hubungkan Bank Anda”.

  1. Setelah berhasil, maka Anda dapat mengakhiri proses pendaftaran akun Paypal dengan menekan tombol “Selesai” seperti gambar diatas.

Demikian beberapa langkah proses pembuatan akun Paypal yang dapat Anda lakukan sendiri, selanjutnya silakan lakukan aktifitas transaksi menggunakan Paypal secara bijak dan sesuai dengan kebutuhan, perhatikan juga keuntungan dan hal-hal yang patut Anda cermati untuk mengurangi resiko yang ada.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih…

 

 

 

Gravatar Image
Tips Komputer dan Internet | Wirausaha serta Inspiratif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *