Mempercepat Kinerja Laptop dengan Windows 10 Pro

By | January 7, 2016

9Buat Anda yang merasa komputer atau laptopnya terasa agak lemot alias lambat, padahal sedang semangatnya mencoba hasil installasi windows 10 Pro, jangan bingung. Anda dapat melakukan sendiri dirumah ataupun ditempat kerja, dan tidak usah terburu-buru untuk membawanya ke tempat service komputer (Red. Ngirit biaya). Pada kesempatan ini tukarpikiran.net ingin sedikit berbagi mengenai hal tersebut, murah meriah dan tidak perlu keluar banyak biaya untuk kembali mengoptimalkan kinerja komputer Anda, cukup ditemani segelas kopi panas itu sudah memberikan rasa penasaran yang berlebih untuk mencobanya sendiri. Baiklah mari ikuti langkah-langkah yang tersaji berikut :

  1. Pertama. Pada awal proses booting, pastikan tidak banyak aplikasi yang dijalankan diawal proses startup Klik kanan tombol start, pilih run. Setelah kotak dialog run terbuka, ketikkan perintah msconfig lalu tekan tombol ok, sehingga tampilan dari langkah pertama ini sebagai berikut :

2

3

4

Langkah selanjutnya sorot menu Boot, didalamnya pastikan memilih opsi “Windows 10 (C:\Windows) : Current OS; Default OS”. Setelah itu klik tombol Advanced options…,  maka akan muncul kotak dialog baru yaitu “BOOT Advanced Options”. Centang pada opsi “Number of processors :”, maka akan muncul menu dropdown untuk menentukan jumlah keping prosessor yang ingin Anda gunakan, pilih 2 kemudian tekan tombol Ok.

Selanjutnya sorot menu Startup, maka akan Anda temukan sebuah link untuk membuka kotak dialog “Task Manager”, berikut tampilannya :

5

Pilih aplikasi yang ingin Anda disable kan (tidak akan dijalankan secara otomatis diawal booting), karena dengan maksud ingin Anda jalankan secara manual apabila dibutuhkan saja. Klik kanan pada salah satu aplikasi yang Anda maksud, lalu pilih Disable. Proses tersebut juga dapat Anda lakukan dengan klik kiri (sorot) salah satu aplikasi lalu tekan tombol Disable yang ada dipojok kanan bawah kotak dialog.

Selanjutnya tekan tombol “Apply” lalu Ok. Pada layar monitor akan muncul kotak dialog apakah akan dilanjutkan dengan proses restart atau tidak, hal itu sepenuhnya menjadi pilihan Anda.

  1. Kedua. Membersihkan drive dari sisa-sisa proses yang telah Anda jalankan. Klik tombol start, klik All apps, menggunakan fasilitas scroll, maka sorot menu Windows Administrative Tools, lalu pilih Disk Cleanup.

6

Pilih drive yang akan Anda bersihkan, dalam hal ini Drive C: merupakan prioritas tujuan Disk yang harus dibersihkan, karena Drive tersebut merupakan tempat berjalannya semua proses komputer, lalu tekan tombol Ok. Centang semua daftar pilihan, kemudian tekan Ok, maka proses pembersihan Disk pun dimulai.

7

  1. Ketiga. Masih menyoroti menu Windows Administrative Tools, Anda juga dapat menggunakan fasilitas Defragment and Optimize Drives. Tujuan dari penggunaan aplikasi ini adalah menata ulang semua berkas yang tersimpan dalam Drive. Letak berkas yang semula masih berantakan, dengan aplikasi ini maka Anda dapat merapikannya sehingga proses akan menjadi lebih cepat dan ringan (tidak butuh waktu lama untuk mengeksekusi proses)

8

Pilih Drive yang akan Anda rapikan, kemudian tekan tombol Analyze (tunggu sampai proses analisisnya selesai), setelah itu tekan tombol Optimize untuk memulai melakukan Defrag.

  1. Keempat. Jika Anda dapat bekerja dengan layar desktop yang sepi, maka gunakan background warna saja untuk memperingan proses.
  2. Kelima. Un-Install program-program yang tidak terlalu penting buat pekerjaan Anda.
  3. Keenam. Hindari penggunaan antivirus berlebihan yang dapat menghambat kinerja komputer.
  4. Ketujuh. Install Driver penunjang kinerja Hardware, sehingga dapat lebih optimal.
  5. Kedelapan. Gunakan Resolusi layar yang sesuai dengan komputer Anda.
  6. Kesembilan. Untuk proses update windows, Anda dapat menonaktifkan servicenya untuk penggunaan harian, apabila dirasa butuh, maka Anda dapat mengaktifkan kembali.

9

Berikut adalah link Download untuk mendapatkan file word artikel ini  DOWNLOAD

Demikian beberapa langkah yang dapat dikerjakan untuk mengoptimalkan kinerja komputer Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *