Mengatasi Shortcut di Desktop yang Berubah menjadi PDF

By | December 10, 2017

Berbicara mengenai sistem operasi Windows, banyak fenomena yang dapat Anda cermati dan temukan pada kerja-kerja keseharian, mulai dari disfungsi aplikasi atau Software yang terinstall sampai dengan perubahan mekanisme yang diterapkan oleh sebuah sistem operasi dikarenakan efek negative dari penggunaan program aplikasi dan pola pengoperasian oleh si pengguna itu sendiri.

Dalam kesempatan ini, TUKARPIKIRAN.NET ingin memperluas alur distribusi dari trik dan tips mengatasi shortcut desktop yang berubah menjadi PDF atau ekstensi lainnya pada Windows, sehingga akan banyak permasalahan yang sama dapat teratasi (share of trick and tips).

Pada permasalahan ini, ekstensi yang dimunculkan dalam sebuah laptop adalah sebagai berikut :

Sebagian besar icon dari shortcut desktop berubah menjadi berekstensi PDF, hal ini disebabkan oleh pengaturan dari registry Windows yang telah terkontaminasi oleh efek virus ataupun aplikasi berekstensi asing yang tidak dikenal. Bagaimana langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk hal tersebut :

  1. Buka fasilitas RUN pada komputer Anda, kemudian silakan ketikkan regedit, kemudian tekan ENTER atau tekan tombol OK

 

 

 

 

 

  1. Apabila telah berhasil menjalankan perintah regedit diatas, maka selanjutnya silakan sorot dan pilih opsi HKEY_CURRENT_USER

 

 

 

 

  1. Sorot dan pilih menu Drop down Software
  2. Selanjutnya dari menu Software diatas silakan pilih menu Microsoft
  3. Selanjutnya silakan sorot menu Windows
  4. Sorot opsi CurrentVersion
  5. Selanjutnya dari opsi CurrentVersion, silakan sorot opsi Explorer
  6. Sorot opsi FileExts, kemudian pilih opsi .lnk
  7. Dari opsi .lnk tersebut, silakan sorot dan Double click opsi OpenWithList. Didalam opsi tersebut kondisikan hanya terdiri atau berisi nilai default nya saja, karena dengan terdapatnya nilai lain, maka hal tersebutlah yang menjadi penyebab berubahnya icon shortcut menjadi berekstensi tertentu (seperti PDF, Media Player, dan lain-lain), seperti ekstensi nilai yang terdapat didalam opsi OpenWithList tersebut. Silakan hapus nilai lain selain nilai default yang tertampil seperti dibawah ini : (Default) Type : REG_SZ

  1. Masih dari opsi .Ink, silakan Double Click pada OpenWithProgids. Seperti pada OpenWithList, silakan kondisikan nilai opsi ini dengan default nya yaitu :

 (Default) Type : REG_SZ dan lnkfile Type : REG_NONE

  1. Pada sebuah kondisi apabila registry ini bermasalah, akan muncul opsi menu UserChoice, diantara OpenWithList dan OpenWithProgids. Silakan hapus opsi UserChoice tersebut dari opsi menu .Ink
  2. Silakan Restart komputer Anda
  3. Apabila berhasil, maka icon shortcut pada layar desktop Anda kembali pulih seperti yang seharusnya.

Dengan beberapa langkah diatas semoga dapat membantu permasalahan yang Anda hadapi, icon shortcut yang berubah menjadi berekstensi tertentu dapat diatasi dengan baik. Jika suatu saat kedepan hal tersebut terjadi kembali pada piranti yang berbeda, maka Anda telah memiliki metode untuk menanggulanginya.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

7 thoughts on “Mengatasi Shortcut di Desktop yang Berubah menjadi PDF

  1. Tia

    Punya saya setelah langkah opsi explorer hanya ada 2 opsi gak ada opsi Fileexts, gimana ya ?😩

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *