Menjalankan WhatsApp melalui Web Browser

By | July 7, 2018

WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk smartphone yang memiliki dasar (basic) mirip BlackBerry Messenger. Aplikasi jejaring sosial ini ramai digunakan oleh banyak masyarakat dunia.

WhatsApp dapat diaplikasikan melalui perangkat seperti iPhone, BlackBerry, serta Symbian (Nokia). Aplikasi ini hanya dapat bekerja untuk sesama penggunanya saja, memungkinkan untuk dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi WhatsApp dapat diunduh secara gratis di websitenya. Aplikasi ini menggunakan nomor telepon ponsel yang digunakan oleh masing-masing pengguna, sebagai identifikasi Account yang telah dibuat. Aplikasi WhatsApp menggunakan fitur push sehingga Anda dapat selalu menerima dan memberitahukan pesan yang telah dikirim.

Seiring perkembangan mode guna aplikasi WhatsApp, maka saat ini WhatsApp dapat Anda jalankan dengan menggunakan browser. Sebuah layanan internet yang sudah familiar bagi banyak penggunanya. Pengembang sengaja memfasilitasi para pengguna komputer untuk merasakan sensasi WhatsApp, tentunya tetap dengan menggunakan layanan internet sebagai jalur penyampaian informasi antar akun pengguna.

Dalam kesempatan kali ini TUKARPIKIRAN.NET ingin berbagi bagaimana cara agar Anda dapat merasakan menggunakan aplikasi WhatsApp pada media browser (dengan komputer), silakan simak langkah-langkah berikut ini :

  1. Untuk dapat mengakses layanan WhatsApp mode web, silakan kunjungi pada alamat situs https://web.whatsapp.com/

  1. Kemudian silakan buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda, sorot dan klik tanda pengaturan pada pojok kanan atas tepatnya disebelah ikon pencarian “Search”, berikut ini tampilan tanda pengaturan tersebut :

  1. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan menu sebagai berikut :

Silakan pilih dan klik opsi menu “WhatsApp Web”, maka akan didapatkan tampilan interface untuk proses pindai (scan) kode aktifasi akun WhatsApp ponsel Anda. Dekatkan ponsel pada komputer Anda tepat didepan browser yang telah Anda alamatkan pada situs https://web.whatsapp.com/ sebelumnya, secara otomatis akan terlihat ponsel Anda sedang melakukan proses pindai (scan) QR Code ke browser, atur ketepatan letak bagian kotak pindai ponsel dengan tampilan situs web pada browser Anda, sehingga dapat simetris, tunggu sampai proses pindai (scan) selesai dilakukan (harap bersabar saat melakukan proses pindai (scan), karena hal ini akan Anda kerjakan dengan mode manual, sebentar atau lamanya tergantung bagaimana tangan Anda menyesuaikan dengan tampilan interface di browser). Silakan simak ilustrasi dibawah ini :

  1. Setelah proses pindai (scan) QR Code berhasil dilakukan, maka Anda akan mendapatkan tampilan WhatsApp ponsel Anda juga tertampil pada web browser komputer Anda, berikut ilustrasinya :

Aktifasi keluar masuknya informasi data pada tampilan dibrowser akan dipengaruhi oleh aktif atau tidaknya akun WhatsApp diponsel Anda. Proses Logout akun pada mode komputer dapat Anda lakukan setelah dirasa cukup menggunakan mode tersebut, berikut ilustrasinya :

Ilustrasi proses diatas membuktikan bahwa komunikasi daring saat ini dapat dilakukan lintas mode dan platform, hal ini merupakan salah satu kemajuan dibidang teknologi informasi yang dapat dirasakan, tentunya silakan diikuti dengan tujuan dan orientasi yang positif.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *