Merancang Hotspot Pribadi Menggunakan Router

Posted on

Kebutuhan akan internet sekarang ini telah menjadi prioritas bagi sebagian besar pengguna komputer, baik Personal Computer, laptop, ataupun gadget seperti smartphone, atau apapun yang sering orang sebut sebagai telepon pintar.

Tak sedikit perusahaan, kantor pemerintah maupun swasta turut menyumbang jumlah pengguna internet didunia, tentunya harus disertai dengan anggaran rutin untuk setiap kilobyte pemakaiannya. Banyak aktifitas yang telah beralih ke mode digital baik itu kirim-mengirim surat, dan perniagaan yang mana sebelumnya dilakukan dengan berkirim surat via jasa pengiriman dan juga perniagaan yang tersentral dipasar-pasar, dengan kata lain internet telah mendatangkan hal baru yang disebut dengan “Kenyamanan”.

Bagi Anda yang memiliki budget yang pas-pasan untuk mengikuti gaya hidup tersebut (Red. Internet), maka disini terdapat sebuah solusi yang murah dan gampang untuk Anda rancang sendiri dirumah, yaitu sebuah hotspot pribadi. Dengan perangkat berupa Router yang mana dapat Anda hunting ditoko aksesoris komputer dan sebuah modem (pilihan modem yang dapat digunakan untuk semua operator GSM, ataupun semua operator CDMA) tentunya sesuai dengan pilihan Anda masing-masing.  Langkah-langkahnya pun cukup mudah untuk Anda praktikkan sendiri, dengan komputer PC atau laptop Anda sebagai media penyettingan konfigurasi. Baik, untuk lebih jelasnya disini akan kami berikan beberapa ulangan mengenai langkah-langkah konfigurasinya.

router

  1. Pertama. Siapkan perangkat Router Anda (kami menggunakan merek TP-LINK 3G/4G Wireless N Router, Model TL-MR3420). Perangkat tersebut dilengkapi dengan 1 WAN PORT, 4 LAN PORT, dan juga USB PORT. USB PORT ini yang akan digunakan untuk media penghubung antara modem dengan router. Lakukan konfigurasi lewat komputer dengan membuka internet browser. Pada tabulasi yang telah terbuka, ketikkan http://192. 168.0. 1

login

Jika perangkat Anda masih baru maka Nama Pengguna / Username isikan “admin” dan Sandi / Password isikan “admin”. Berikut tampilan setelah berhasil Login.

sukses

  1. Kedua pilih menu Quick Setup, dan lakukan setting berikut :

wel2

wel3

wel4

wel5

  1. Ketiga. Siapkan Modem andalan yang telah Anda siapkan sebelumnya. Colokkan Modem tersebut pada media USB yang terdapat pada Router Anda. Gunakan kartu perdana GSM atau CDMA favorit Anda, jangan lupa beli paket terlebih dahulu, karena jika tidak membeli paket maka akan memakai pulsa normal yang mana akan menguras habis berapapun saldo pulsa yang telah Anda beli.

Untuk langkah selanjutnya, dapat Anda eksplorasi sendiri konfigurasi lebih detailnya.

  1. Keempat. Pengujian terhadap perangkat dan konfigurasi. Aktifkan perangkat Wifi pada komputer Anda, lalu lihat apakah terbaca nama sinyal jaringan pada konfigurasi sebelumnya. Perhatikan ilustrasi berikut :

wel7

Setelah berhasil terdeteksi, maka langkah selanjutnya, Anda tinggal mengkoneksikan komputer ke perangkat router, setelah proses Login sukses, dengan begitu Anda telah dapat berselancar ria didunia maya.

  1. Kelima. Selamat mencoba…

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih …

Gravatar Image
Tips Komputer dan Internet | Wirausaha serta Inspiratif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *