Pentingnya Domain sebagai Sarana Vital Bisnis Masa Kini

Posted on

 

Bisnis sebagai budaya hidup

Menggarap sektor bisnis atau usaha seakan tidak ada matinya, setiap detiknya selalu mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan, hal ini karena dibarengi oleh tingkat pertumbuhan populasi manusia sebagai pelaku bisnis itu sendiri. Keinginan manusia untuk mencukupi kebutuhan dan keinginan mendapatkan taraf kehidupan yang layak menjadi pemicu mengapa sektor bisnis semakin ramai dan menjamur dari kota ke desa maupun sebaliknya. Melihat betapa pentingnya aktifitas bisnis bagi tumbuh kembang perekonomian masyarakat, menempatkan pola ini sebagai salah satu budaya hidup yang telah mengakar.

Melihat bisnis masa lalu dan kekinian

Kondisi seperti ini tidak begitu saja tercipta, tetapi telah mengalami proses panjang dari waktu ke waktu, seiring pengetahuan dan perkembangan teknologi. Di masa lalu kegiatan bisnis atau usaha terjadi secara langsung, saling bertemunya antara penjual dan pembeli dalam menjalin kesepakatan dan hubungan jual beli secara tradisional, bahkan alat tukar-menukar nya pun dapat berupa sistem Barter (ditukar dengan barang lain yang memiliki nilai ekonomis yang dibutuhkan, dan bukan dengan mata uang yang berlaku).

Peran promosi (marketing) dalam bisnis

Transaksi jual beli terjadi karena efek marketing yang mumpuni, keberhasilan seorang penjual dalam mempromosikan barang dagangannya menjadi prosentase yang mempengaruhi kesepakatan dagang, selain memang seseorang benar-benar membutuhkan jenis barang yang dimaksud. Marketing berarti kegiatan menawarkan atau mempromosikan jenis barang yang diproduksi atau dijual kepada calon konsumen agar yang bersangkutan menjadi tertarik untuk memiliki, meskipun pada dasarnya bukan merupakan barang kebutuhan yang mendesak. Ketertarikan calon konsumen inilah yang menjadi peluang utama untuk terjadinya sebuah kesepatan atau transaksi secara legal.

Transformasi menjadi daring

Kegiatan-kegiatan marketing yang semakin lama semakin menjadi daya tarik dan peluang untuk terus digarap, ternyata memunculkan gagasan adanya perluasan ruang gerak agar lebih memaksimalkan jalannya bisnis. Selain masih menggunakan media komunikasi telepon, internet ternyata lebih dipilih untuk menjadi sebuah pilihan utama. Media internet memberikan harapan dan peluang baru bagi banyak pelaku bisnis untuk lebih leluasa mempromosikan produk-produk yang menjadi andalan masing-masing, selain memang tidak ada batasan tertentu yang mengikat, dengan kata lain lebih banyak khalayak yang dapat dijangkau, bahkan sampai lingkup manca negara (internasional).

Transformasi tradisional menjadi bentuk daring digital (internet) membawa perubahan besar dalam pola hubungan manusia, antara penjual dan pembeli. Jarak dan waktu seakan bukan lagi menjadi penghalang atau membatasi kegiatan bisnis yang dilakukan, bagaimana tidak ?, ketika malam hari pun seorang penjual tetap masih dapat mempromosikan produk atau barang dagangannya, sekalipun disaat mereka tertidur pulas. Sedangkan calon pembeli memiliki keleluasaan dari segi waktu untuk kapan saja memesan barang yang dibutuhkan tersebut. Website merupakan hasil pembaharuan teknologi terkini yang banyak digemari dan dibutuhkan para pelaku bisnis untuk memajang dan mempromosikan produk-produk yang ditawarkan, seperti halnya etalase toko secara fisik, melalui interface ini, seorang penjual juga sama selayaknya seperti toko secara fisik pada umumnya, hanya saja dihadirkan dalam bentuk digital, yaitu foto dan video.

Di awal masa perkembangan website, sebagian besar pelaku bisnis masih banyak menggunakannya yang telah tersedia secara gratis oleh beberapa pengembang untuk memperluas jangkauan promosi, yang mereka yakini dapat membuat unit usaha atau perusahaan yang dikelolanya dapat dikenal lebih luas oleh khalayak. Disaat maraknya metode promosi baru menggunakan website berdomain gratis tersebut, tentunya hal ini merupakan peluang tersendiri bagi para pengembang untuk menawarkan layanan VIP guna berbagai pelayanan yang lebih maksimal dan menguntungkan, yang tidak disertakan dalam versi gratisnya.

Tingkat kepercayaan konsumen dengan adannya domain mandiri

Setelah berjalan sekian waktu tingkat kepercayaan pengguna internet mulai terpengaruh, seiring semakin santernya isu penipuan akibat penyalahgunaan domaindomain gratis tersebut. Berdalih untuk tidak ingin menjadi korban penipuan berikutnya, maka pola kehati-hatian menjadi syarat penting proses transaksi jual beli. Hal ini menjadi beralasan ketika para konsumen ingin meletakkan kepercayaan dan membutuhkan kejelasan legalitas bisnis yang bersangkutan, semua itu menjadi kewajiban dan tugas utama bagi para pelaku bisnis untuk menghadirkan kepuasan dalam hal pelayanan dan kualitas barang.

Memilih menggunakan domain mandiri (berbayar) menjadi salah satu solusi yang diambil untuk menepis ketidakpercayaan calon konsumen terhadap legalitas dan kualitas barang yang ditawarkan, sehingga langkah-langkah pengembangan masih tetap dapat dijalankan sesuai rencana bisnis yang telah terukur dan tersusun.

Apabila kita cermati bersama, dewasa ini konsumen lebih cenderung memperhatikan serta menaruh kepercayaannya terhadap mode promosi website dengan domain berbayar, sehingga kecenderungan tersebut menjadikan domain sebagai salah satu alat utama (penting) dalam bidang promosi dan penjualan berbagai macam barang dan jasa. Beberapa yang dapat kita saksikan bersama adanya toko online (online shop) dengan skala besar, sebut saja di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, OLX, Shopee, Lazada, Blibli, serta di luar negeri seperti Amazon, Alibaba, Ebay, serta Shopify menjadi bukti nyata pentingnya domain sebagai alat promosi dan penjualan yang praktis dan terpercaya, yang tentunya disertai dengan standarisasi kebijakan dan legalitas hukum yang sah.

Dengan website, serangkaian alur transaksi jual beli menjadi lebih praktis. Kendala jarak dan waktu menjadi dapat teratasi, dimanapun berada baik penjual maupun pembeli tetap masih dapat melakukan berbagai macam transaksi tersebut, dengan kata lain selama proses informasi dan komunikasi masih dapat dilakukan secara digital, maka hubungan jual beli tetap lancar dan terencana.

Pemeliharaan sistem lebih praktis

Melakukan maintenance dan pembaharuan sistem secara berkala akan semakin membuat kinerja domain menjadi semakin baik dan efektif, oleh karena itu sebagai seorang pelaku bisnis sebaiknya memperhatikan tingkat elektabilitas dari domain yang diangkat, serta memasukkan anggaran pemeliharaan domain didalam rencana belanja atau pengeluaran rutin perperiodenya.

Dilihat dari beberapa sisi, penggunaan domain mandiri (berbayar) mempunyai keuntungan tersendiri dalam proses promosi dan penjualan. Berikut ini ilustrasi yang dapat kita simak :

  1. Menjadikan perusahaan atau merek bisnis terlihat lebih profesional
  2. Menunjukkan legalitas perusahaan atau merek dagang, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan konsumen
  3. Konsumen menjadi lebih mudah untuk mengenali dan mengingat perusahaan atau merek dagang, hal ini dikarenakan penggunaan nama domain yang dapat lebih spesifik dan singkat
  4. Memberikan gambaran mengenai tema atau deskripsi kepada konsumen mengenai produk-produk yang dijual
  5. Website akan lebih mudah dan ringan saat diakses, hal ini disebabkan karena penggunaan bandwitch secara mandiri (single)
  6. Template dan konten yang disuguhkan dapat menjadi lebih beragam dan menarik konsumen
  7. Pemeliharaan sistem mudah untuk dilakukan secara mandiri
  8. Domain tidak memiliki masa expired, selama dibiayai secara rutin

Beberapa alasan yang telah disebutkan diatas menjadi faktor yang tentunya tetap masih dapat dikompromikan, meskipun dilakukan menggunakan sebuah sistem dengan mekanisme digital, tetapi selama aturan tersebut dibuat oleh dan untuk manusia, maka komunikasi dengan cara bijak dan nyaman menjadi fokus pelayanan yang seharusnya terjadi. Adanya komplain akan ketidaksesuaian dan kerusakan barang dan jasa tetap memiliki prosedur tersendiri yang terikat dan sesuai kebijakan yang telah ditetapkan dan disetujui bersama.

Terdapat banyak perusahaan penyedia layanan internet yang dapat kita gunakan, mengingat masing-masing menawarkan berbagai macam paket support, sebut saja salah satunya Rumahweb yang memberikan support terhadap berbagai kebutuhan promosi digital seperti domain, hosting, pembuatan situs (website builder), SEO dan beberapa layanan lainnya. Setiap paket layanan yang diberikan tentu memiliki spesifikasi dan kapasitas beragam, mana yang kita pilih sebaiknya dilihat dari kebutuhan terhadap sistem yang akan digunakan, sehingga dalam proses berjalannya nanti dapat lebih dimaksimalkan menjadi sarana vital bisnis kekinian dengan tantangan yang lebih besar.

Domain murah

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

Gravatar Image
Tips Komputer dan Internet | Wirausaha serta Inspiratif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *