Peran Positif Media Sosial dalam Tumbuh Kembang Bidang Usaha Kekinian

By | August 14, 2018

Menjadi perhatian bagi seluruh lapisan masyarakat, bahwasanya era kekinian menjadi sebuah lompatan yang sangat tinggi bagi seluruh sektor dan bidang pembangunan bagi setiap negara. Khusus bagi negara dengan trafik ekonomi tinggi dan kuat, sangat terasa dampaknya bagi negara dengan latar ekonomi yang rendah, bagaimana tidak!, hampir setiap ranah infrastruktur dalam tergarap dengan sempurna dan tertarget, sehingga semakin terlihat dominasi melalui kekuatan Kurs mata uang masing-masing.

Apabila berbicara mengenai pertumbuhan sektor usaha dinegara tercinta ini, mulai terlihat peningkatan yang signifikan semenjak tersentuhnya bidang digitalisasi sebagai salah satu faktor pendukung kelancaran promosi dan transaksi pada ranah dan metode kekinian tersebut. Kekuatan media sosial banyak sekali memunculkan beragam ide, isu dan dampak yang terbagi kedalam dua hal, yaitu positif dan negatif. Pada kesempatan ini TUKARPIKIRAN.NET ingin berbagi wacana mengenai dampak positif media sosial dalam perannya sebagai pengawal tumbuh kembang sektor usaha di era yang modern ini, tentunya tidak lepas dari obrolan seputar kiat sukses dalam memfilter dan memaksimalkan penggunaan media sosial untuk menuju puncak usaha Anda.

Berikut ini beberapa peran positif media sosial dalam upaya tumbuh kembang usaha kekinian :

  1. Sebagai sarana untuk mengenal kecenderungan konsumen dalam hal memenuhi kebutuhan

Minat dan kecenderungan konsumen merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui oleh para pengusaha atau pedagang online, hal ini menjadi ukuran seberapa tinggi prosentase permintaan terhadap barang dan jasa tersebut oleh para konsumen. Apabila Anda bukan produsen barang atau jasa tersebut, tetapi Anda adalah seorang yang dapat mengusahakan untuk dapat ikut andil untuk menyediakan dan menjual barang atau jasa tersebut, tetapi apabila barang atau jasa yang mendominasi sebagai kebutuhan dengan prosentase tinggi, maka untuk bersaing secara sehat didalam pasar, maka Anda dapat memodifikasi atau menyulapnya menjadi sesuatu yang lebih dalam beberapa hal, sehingga dapat menimbulkan ketertarikan tersendiri dari para konsumen, dengan begitu tentu barang atau jasa yang Anda tawarkan akan lebih banyak dilirik konsumen

  1. Sebagai sarana yang membantu konsumen untuk menemukan jenis barang dan jasa yang dibutuhkan

Media sosial dewasa ini lebih didominasi oleh keramaian pada sektor usaha, aktifitas antara penjual dan pembeli dalam rangka menemukan jenis barang atau jasa yang dibutuhkan menjadi salah satu titik fokus peran utama media sosial adalah mempertemukan antara pembeli dan penjual yang saling menguntungkan, sehingga layaknya sebuah pasar atau supermarket. Pemeran dalam hal ini tidak hanya dibatasi yang berasal dari daerah tertentu saja, akan tetapi dapat lebih bersifat universal atau meluas, dari berbagai sudut desa sampai kota dari Sabang sampai Merauke, bahkan dari luar negeri dapat bersosialisasi dalam memasarkan dan mencari barang atau jasa masing-masing

  1. Sebagai saran promosi (Memperkenalkan Produk)

Bagi pengusaha atau pedagang online, media sosial menjadi sarana promosi utama bagi kelangsungan bisnis atau usaha yang dijalankan. Sasaran yang dapat dijangkau sangatlah luas, meskipun secara offline juga dapat mendatangkan konsumen, tetapi pemasaran atau promosi secara online lebih menjanjikan bagi pencapaian target masing-masing pengusaha atau pedagang tersebut. Seperti diketahui bersama, terdapat banyak media sosial yang dapat digunakan sebagai ajang atau sarana promosi, ada yang bersifat gratis dan ada juga yang berbayar, kesemuanya itu menjadi pilihan masing-masing sesuai dengan rencana pemenuhan target (dalam hal ini omset dan tingkat prosentase penjualan)

  1. Sebagai media bagi konsumen untuk merespon atau memberikan ulasan tentang suatu produk yang Anda launching kepasar

Sebuah barang atau jasa yang Anda promosikan kepada konsumen tentunya akan mendatangkan beragam komentar ataupun ulasan yang menggambarkan tingkat kepuasan konsumen itu sendiri. Sebagai pedagang online atau produsen, hendaknya dapat belajar dari serangkaian tanggapan tersebut, saran dan celotehan konsumen sejatinya adalah pengalaman berharga yang dapat menjadi modal bagi peningkatan mutu dan kualitas serta kuantitas produk yang dipasarkan atau dijual oleh pedagang tersebut, betapa tidak, satu persatu masukan baik positif ataupun negatif menjadi rentetan agenda yang menjadi tugas rumah bagi pedagang atau produsen, sehingga akan didapatkan formula tepat bagi kemajuan bisnis atau usaha kedepan

  1. Sebagai sarana untuk melebarkan sayap dan meningkatkan target usaha Anda

Setelah banyak hal dilakukan sampai dengan memikirkan pencapaian target penjualan serta omset yang seharusnya, sekarang saatnya Anda sebagai seorang pengusaha atau pedagang online untuk berfikir lebih realistis mengenai kondisi bisnis atau usaha Anda tersebut. Melihat kekuatan kompetitor adalah program yang sudah seharusnya Anda jalankan, seberapa menariknya produk dan strategi pemesaran mereka sehingga dapat lebih mendapatkan tempat menjangkau banyak konsumen pada spesifikasi barang ataupun jasa tertentu. Bermain jujur adalah modal utama bagi Anda untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, karena kepercayaan konsumen pada produk Anda menjadi jaminan kesuksesan promosi dan target serta omset Anda, mengapa demikian hal ini dikarenakan berbasis online yang mana marak adanya penipuan terhadap para konsumen, maka jika Anda sudah dicap sebagai pedagang yang jujur dan santun, maka akan banyak dari mulut ke mulut bercerita tentang kebaikan usaha atau bisnis Anda tersebut

Menjadi sebuah peluang besar bagi Anda untuk mencoba pada strategi ini, karena promosi dan penjualan berbasis daring online dapat lebih menjaring konsumen dari segala pelosok negeri, alhasil dapat mengantarkan pada mekanisme jual beli yang dapat menggerakkan hampir seluruh lapisan masyarakat, mempermudah dan menghasilkan lebih banyak.

Anda salah satu pengguna online?, gunakan media sosial untuk sesuatu yang positif, sehingga akan dapat mendatangkan kebaikan dan keuntungan untuk semua diri dan orang lain.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *