Setting Bios Laptop HP untuk Proses Instalasi

By | December 10, 2016

setting-biosBeberapa saat lalu ada seseorang yang bertanya mengenai langkah-langkah untuk melakukan setting BIOS pada laptop HP af115au yang ingin di install ulang dengan Windows 7 Ultimate. Awalnya terkendala masalah bagaimana masuk ke alur penyettingan BIOS, sesuai aturan main pada laptop HP untuk dapat menuju BIOS dengan menekan tombol F2, kebetulan kondisi tombol harus ditekan agak lama agar dapat menuju ruang BIOS. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk dapat mengatur settingan BIOS khususnya pada saat ingin melakukan instalasi sistem operasi :

  1. Setelah berhasil masuk ke dalam ranah BIOS, maka tampilan awal yang akan tampil adalah sebagai berikut :

bios-a

Silakan pilih F10 untuk menuju BIOS Setup, di dalam nya Anda akan disuguhi konfigurasi awal sebelum memulai sistem operasi, mulai dari Main, Security sampai dengan System Configuration.

Pada step ini, silakan Anda pilih manu tabulasi System Configuration, kemudian pilih Boot Options

bios-b

  1. Setelah memilih Boot Options, maka Anda akan diarahkan ke tampilan selanjutnya sebagai berikut :

bios-c

Pada bagian ini silakan ubah opsi jenis status pada Legacy Support menjadi “Enabled”. Jika Anda menggunakan DVD maka pada CD-ROM Boot ubah konfigurasinya menjadi ‘’Enabled”.

Pada bagian Legacy Boot Order, silakan pilih “Internal CD/DVD ROM Drive”, setelah itu siapkan CD atau DVD Installer yang akan dibutuhkan dan digunakan untuk proses instalasi.

Untuk keluar dari opsi menu System Configuration, silakan tekan tombol Esc, untuk menuju ke menu awal atau utama, setelah itu silakan pilih menu Exit.  Pada ranah menu Exit, silakan pilih opsi  “Exit Saving Changes” untuk melakukan proses selanjutnya.

bios-e

  1. Setelah itu silakan pilih sistem operasi yang Anda inginkan, pada praktik yang TUKARPIKIRAN.NET lakukan menggunakan Windows 7 Ultimate Service Pack 1

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih…

12 thoughts on “Setting Bios Laptop HP untuk Proses Instalasi

  1. Abdian

    Bagaimana setting bios insydeH20 untuk menginstal windows 10, pc merk hp

    Reply
    1. Endras Budianto Post author

      Setahu kami, jika tampilan Startup menu sama dengan tampilan dalam postingan kami, Insya Allah sama untuk perlakukan proses nya Mas Abdian, lebih difokuskan pada mode pembacaan piranti Instalasinya, yaitu Legacy Support dan CD-ROM Boot nya. Maaf kalau kurang sesuai dengan kondisi laptopnya, karena tidak bisa langsung mengamati laptop yang Mas Abdian punya.

      Reply
    1. Endras Budianto Post author

      Silakan pada bagian Boot Options, pilih menu boot Legacy, kemudian Pilih “USB Diskette on Key / USB Hard Disk”.

      Reply
  2. Irfan

    Maaf punya saya tidak ada legacy supprot nya bagaimana ya…..
    Padahal merek laptop saya HP g42

    Reply
    1. Endras Budianto Post author

      Hal itu karena sistem BIOS pada laptop Mas Irfan yang berbeda versi, silakan coba dengan opsi EUFI terlebih dahulu..

      Reply
    1. Endras Budianto Post author

      Silakan mas Ahmadi membuat file installasi nya terlebih dulu, bisa dengan Universal-USB-Installer, ataupun dengan rufus, atau dengan aplikasi lainnya jika memungkinkan. Proses nya seperti biasa, silakan masuk BIOS dengan aturan First Boot nya diarahkan ke USB Installasi yang telah dibuat tadi. Jalankan proses seperti semestinya, selamat mencoba.

      Reply
  3. M Ikbal

    Thor saya install win 7 di laptop hp, tapi setelah install gak ada satupun driver yg trinstall, saya jadi bingung pake wifi gak bisa nyolokin flashdisk juga gak bisa, solusinya gmna ya. apa ada pengaturan di bios biar flashdisknya kedeteksi.

    Reply
    1. Endras Budianto Post author

      Kami coba bantu solusi ya mas Ikbal. Kami juga pernah mengalami hal serupa tersebut, maka kesimpulan yang kami dapatkan adalah laptop hp tersebut tidak lagi men-support untuk versi Windows dibawah 8.1, yaitu termasuk Windows 7 ke bawah. Silakan lakukan instalasi menggunakan Windows versi 10, agar lebih User friendly. Selamat bereksplorasi…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *