SMADAV.. RINGAN, TAPI LUAR BIASA

By | February 23, 2016

smadavAnti Virus Lokal Indonesia ini telah menunjukkan kiprah dan peran sertanya dalam dunia keamanan komputer hingga saat ini, bahkan bisa juga sampai keluar negeri. Bentuknya yang elegan dan ringan, tapi luar biasa (bukan kacangan…) telah berhasil mendeteksi dan mengkarantina ribuan varian virus, baik yang lama ataupun yang baru. jutaan orang telah menaruh kepercayaan terhadap kemampuan Smadav dalam mengintegrasikan sistem terhadap serangan virus-virus yang dapat mengganggu kinerja komputer, dalam hal ini kenyamanan pengguna adalah prioritas. Smadav menyediakan support yang bersifat free dan juga pro, semua terserah Anda untuk menentukan pilihan layanan, yang mana kemampuan kedua layanan tersebut sama hebatnya, hanya kalau pro tersedia layanan tambahan.

Berikut ini adalah 4 fungsi utama Smadav bila Anda masih ingin mengenal lebih jauh :

1) Proteksi tambahan untuk komputer Anda, 100% kompatibel dengan antivirus lainnya!

Sebagian besar antivirus tidak bisa di-install bersama antivirus lainnya, itu karena antivirus tersebut didesain untuk proteksi utama pada komputer Anda. Berbeda dengan Smadav, Smadav adalah tipe antivirus yang di-desain sebagai proteksi tambahan, sehingga 100% kompatibel dan dapat berjalan dengan baik walaupun sudah ada antivirus lain di komputer Anda, dalam hal ini Smadav berfungsi sebagai lapisan pertahanan kedua. Smadav mempunyai caranya sendiri (behavior, heuristic, dan whitelisting) dalam mendeteksi dan membersihkan virus sehingga akan lebih meningkatkan keamanan di komputer tersebut. Karena penggunaan resource Smadav yang sangat kecil, Smadav tidak akan menambah berat kinerja komputer Anda dalam penggunaannya. Jadi, dengan perpaduan proteksi antara Smadav dan antivirus yang sudah ter-install di komputer Anda akan semakin memperkuat pertahanan komputer Anda dari infeksi virus.

2) Best USB Antivirus (Proteksi Total USB Flashdisk)

USB Flashdisk adalah salah satu media penyebaran virus terbesar di Indonesia. Smadav mempunyai teknologi khusus untuk pencegahan total virus yang menyebar via USB Flashdisk. Misi Smadav adalah 100% tidak ada lagi infeksi virus dari flashdisk. Smadav mempunyai cukup banyak signature virus yang menginfeksi flashdisk, dan mempunyai kemampuan khusus untuk mendeteksi virus baru di flashdisk walaupun belum ada di database Smadav. Tidak hanya pencegahan, Smadav juga mampu membersihkan virus yang menginfeksi dan mengembalikan file yang disembunyikan virus di USB Flashdisk tersebut

3) Best for offline use (tidak perlu update terlalu sering)

Smadav sangat baik digunakan untuk komputer yang jarang atau bahkan tidak terkoneksi ke internet. Smadav tidak perlu melakukan update sesering antivirus lainnya yang biasanya melakukan update per minggu bahkan per hari. Smadav biasanya melakukan update hanya sebulan sekali (monthly). Smadav tidak terlalu tergantung pada signature/database virusnya, tapi lebih bergantung kepada teknik deteksi behavior, heuristic, dan whitelisting.

4) Cleaner dan tools untuk membersihkan virus

Smadav juga mampu membersihkan virus yang sudah menginfeksi komputer dan memperbaiki registry yang diubah oleh virus tersebut. Antivirus lainnya biasanya tidak melakukan pembersihan registry sehingga komputer belum kembali normal setelah dibersihkan antivirus tersebut. Banyak tools pendukung yang disertakan di Smadav sebagai senjata untuk melakukan pembersihan virus. Catatan : Tidak semua tipe virus bisa dibersihkan Smadav, Smadav saat ini masih belum mampu membersihkan tipe virus penginfeksi program atau tipe rootkit (misalnya : virus Ramnit, Sality, Alman, Virut, dll.) karena jenis virus ini sudah merusak sebagian besar file program Anda. Fokus kami saat ini adalah pembersihan tuntas untuk tipe virus selain dua tipe tersebut (misalnya : virus WormShortcut, Serviks, MSO, Brontok, dll.)

Versi rilis terbaru adalah Smadav 2016 Rev. 10.5, yaitu dengan penambahan database 640 virus baru, Scan flashdisk lebih cepat dan efektif, Perubahan desain tampilan, dan penyempurnaan untuk penggunaan di Windows 10.

Untuk mengupdate versi rilis terbaru Smadav, maka untuk pengguna Smadav Free, Anda harus men-download ulang file Smadav 2016 Revisi terbaru kemudian membuka program Smadav tersebut di komputer Anda dan tidak perlu koneksi internet lagi, nanti akan ada konfirmasi bahwa Smadav akan di-update. Smadav versi Free tidak mempunyai fitur update otomatis, untuk mendapatkan update otomatis lewat internet Anda harus menggunakan Smadav versi Pro. Jika menggunakan Smadav Pro, Anda tidak perlu lagi memikirkan update Smadav karena Smadav yang ada di komputer Anda akan otomatis terupdate jika terkoneksi ke internet. Smadav akan terus direvisi dalam periode biasanya sebulan sekali.

Review di atas adalah sekelumit fakta mengenai Smadav (Anti virus local Indonesia), semoga dapat meningkatkan kinerja komputer Anda, dan mengurangi gejala tidak menyenangkan karena adanya virus.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *