Transfer Data dengan Bluetooth

By | July 2, 2018

Pernahkah Anda merasa kerepotan untuk mengambil data atau arsip dari ponsel Android untuk dapat digunakan pada komputer laptop ?, hal itu bisa karena Anda kelupaan membawa kabel data atau kehabisan kuota internet. Tentunya akan sangat berarti nilai sebuah kabel data tersebut pada saat benar-benar Anda butuhkan.

Tidak perlu pusing, karena Anda masih memiliki langkah terakhir untuk mengatasinya, yaitu dengan memfungsikan perangkat Bluetooth pada ponsel Android Anda.  Langkah konfigurasinya tidaklah sulit, pada kesempatan kali ini TUKARPIKIRAN.NET ingin berbagi mengenai bagaimana langkah mudah konfigurasi Bluetooth untuk transfer data, silakan simak berikut ini :

Langkah awal :

Pada tutorial kali ini TUKARPIKIRAN.NET menggunakan sistem operasi Windows 10 Pro, bagi Anda yang menggunakan Windows 7 silakan menyesuaikan dengan pengaturan yang ada. Silakan cek terlebih dahulu pada bagian Settings, yang berada pada bagian Windows Button.

Kemudian silakan sorot dan klik bagian Device Manager, hal ini untuk mengetahui apakah perangkat komputer laptop Anda sudah ter – install driver Bluetooth atau belum, silakan simak ilustrasi berikut :

Pada bagian yang sudah dikotak merah menunjukkan bahwasanya pada komputer laptop sudah ter-install driver Bluetooth dengan model “Qualcomm Atheros”.

Langkah kedua :

Mengaktifkan perangkat Bluetooth pada komputer laptop menjadi langkah selanjutnya. Berikut ilustrasi yang dapat ditampilkan :

Setelah perangkat Bluetooth sudah Anda aktifkan, disisi tersebut masih belum terlihat adanya perangkat lain yang terdeteksi (terkoneksi), hal tersebut dikarenakan perangkat bluetooth baru terkonfigurasi atau belum pernah terhubung dengan perangkat Bluetooth yang lain, semisal komputer lain, Android maupun Blackberry atau perangkat yang memungkinkan lainnya.

 Langkah ketiga :

Pada langkah ini silakan Anda berganti dengan perangkat ponsel yang dimaksudkan, sorot pada bagian pengaturan perangkat bluetooth. Pada tutorial kali ini jenis ponsel yang digunakan adalah berbasis Android, sehingga untuk basic lainnya silakan untuk disesuaikan.

Sorot bagian layanan konfigurasi jaringan yaitu “Settings”, kemudian pilih menu “Bluetooth” (dalam hal ini perangkat masih dalam kondisi off. Setelah masuk dalam menu Bluetooth tersebut, silakan segera untuk mengaktifkan dengan memilih option on (geser tombol sampai berwarna biru), warna bisa menyesuaikan sesuai perangkat Anda masing-masing.

Untuk selanjutnya silakan menengok konfigurasi dari sisi komputer laptop dahulu.

Pada bagian tersebut diatas, perangkat Bluetooth pada komputer laptop sudah mendeteksi adanya perangkat Bluetooth lain yang diaktifkan, yaitu pada perangkat ponsel Android sebelumnya. Silakan sorot dan klik pada perangkat tersebut, sehingga akan muncul tombol “Pair”.

Silakan klik tombol “Pair”, sehingga akan muncul kolom notifikasi yang memberitahukan passcodes untuk memvalidasi perangkat yang terdeteksi.

Selanjutnya silakan untuk memilih opsi “Yes”.

Secara bersamaan pada ponsel Android Anda juga akan muncul notifikasi passcodes  yang berisi pernyataan apakah perangkat ponsel akan dihubungkan dengan perangkat komputer laptop?,  jika ya yang menjadi pilihan Anda, maka silakan tekan tombol “Pair” yang ada disebelah kanan bawah pada kolom notifikasi tersebut.

Setelah kedua perangkat saling menyetujui kolom notifikasi passcodes, maka barulah kedua jenis piranti tersebut (komputer laptop dan ponsel Android) terhubung melalui perangkat Bluetooth.

Langkah keempat :

Setelah serangkaian konfigurasi Anda selesaikan, maka sekarang saatnya untuk sesi pembuktian atau implementasi. Kali ini sebagai studi kasus, data akan ditransfer dari ponsel Android ke komputer laptop. Silakan simak ilustrasi berikut ini :

  1. Siapkan data yang ingin ditransfer ke komputer laptop
  2. Aktifkan interface layanan “Receive a file” dari icon Bluetooth Devices, disebelah kanan bawah

Catatan : “Apabila belum ada file yang ditransfer, maka kolom “Bluetooth File Transfer” masih kosong, belum terdapat aktifitas terima data dan validasinya.”. Hal penting lainnya silakan aktifkan selalu halaman “Bluetooth File Transfer” sebelum data file Anda transferkan.

  1. Silakan transfer file data yang telah Anda siapkan sebelumnya, silakan centang daftar data file yang diperlukan, kemudian pilih menu “Send” (Silakan pilih metode menggunakan Bluetooth). Setelah itu silakan pilih dan klik nama komputer laptop yang digunakan untuk tujuan transfer data file tersebut (dalam sesi ini didapatkan nama “DESKTOP_JNOMG8F”). Berikut ilustrasinya :

  1. Berikut ini aktifitas yang terjadi pada halaman “Bluetooth File Transfer” :

  1. Dari ilustrasi gambar diatas, lokasi transfer data file ada di “C:\Users\data_users\Documents”, maka silakan cek data pada lokasi yang telah Anda tentukan tersebut.

Demikian artikel yang TUKARPIKIRAN.NET dapat sajikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Saran dan masukan yang bersifat membangun dapat Anda tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *